Nokia Lumia 710
"Windows Phone Untuk Pemula"
Ditulis oleh Indra Rosalia pada 16 Apr 2012 (928 days ago)
Nilai Editor: 8.8
Komentar Editor:
Jika Anda ingin sekadar mencoba sistem operasi WP, Lumia 710 merupakan sebuah pilihan tepat. Namun dukungan aplikasi yang masih sedikit dan kelemahan bawaan dari OS WP sendiri masih bisa menjadi pengganjal.

Hanya beberapa tahun silam Nokia beserta Symbian OS menjadi raja smartphone sebagai OS mobile paling populer di dunia. Namun semenjak kemunculan iPhone, Nokia seperti telat mengantisipasi bakal meledaknya smartphone dari Apple itu. Apalagi ditambah dengan bermunculannya perangkat-perangkat Android, yang tersedia dalam rentang harga rendah sampai tinggi. Kemudian mulai akhir tahun lalu Nokia berpaling ke OS baru-nya Microsoft, Windows Phone dengan dirilisnya Lumia 800 dan Lumia 710. Banyak yang bilang ini adalah awal kebangkitan raksasa Finlandia ini. Sekarang, kami berkesempatan untuk me-review Lumia 710, yang diposisikan di bawah Lumia 800. Dengan harga di bawah Rp 3 juta, smartphone ini menawarkan fitur yang lumayan dan di fitur tertentu tidak berbeda jauh dengan Lumia 800 yang ditawarkan dengan harga Rp. 5 juta. Fitur-fitur utamanya antara lain OS WP 7.5 Mango, prosesor Snapdragon MSM8255 1,4GHz, GPU Adreno 205, RAM 512MB, internal storage 8GB, layar WVGA 3,7 inci Clear Black, HSDPA, WiFi b/g/n, kamera 5MP dengan perekaman video 720p.


Paket Penjualan
- Quick Guide dan Kartu garansi
- Kabel data micro USB dan Charger micro USB
- Handsfree jenis in-ear
- Batere 1300 mAh




Desain dan Bodi
Lumia 710 memang terlihat biasa dibanding Lumia 800 yang sangat khas. Di setiap sudut membentuk curve, inilah yang membuatnya sangat berbeda dengan Lumia 800. Unit yang kami dapat berwarna hitam dengan bagian depan adalah bahan hitam glossy dan bagian belakang bahan karet doff. Perpaduan bahan karet dan permukaan bagian belakang yang melengkung membuat ponsel ini terasa nyaman saat digenggam. Tiga tombol fisik hadir di bawah ponsel, yakni back, tombol Windows dan Search.




Soal tipis dan ringan, Lumia 710 bukan smartphone yang demikian. Ketebalannya 12,5 mm, lebih tebal dari Lumia 800 yang 12,1 mm, namun untuk berat masih mendingan karena Lumia 710 hanya 125 gram, dibanding Lumia 800 yang 142 gram. Unit Lumia 710 kami yang berwarna hitam terlihat kurang menarik, jadi untuk Anda yang ingin ponsel yang eye-catching bisa membeli warna lain yang tersedia misalkan putih dan cyan.
Nokia Lumia 710 Review Gallery




Layar
Layar Lumia 710 memang hanya LCD TFT, namun jangan meremehkan Clear Black Display, meskipun tingkat kepekatannya masih dibawah AMOLED pada Lumia 800, namun dibanding LCD TFT lain layarnya termasuk jernih. Tingkat kepekatan yang tinggi ini membuat layar Lumia 710 terasa adem. Kekurangannya adalah saat menampilkan warna putih hasilnya terlihat kekuningan, dan hal ini terasa cukup mencolok jika Anda bandingkan dengan perangkat lain dengan layar AMOLED / IPS. Untuk sudut penglihatan cukup bagus, asalkan tidak miring sekali.




Antar Muka
Sebagaimana perangkat Windows Phone, antar muka Lumia 710 sama saja dengan yang lain, yakni Metro UI, dengan tampilan simpel dan sederhana namun menarik dan berkelas, mulai dari tipe huruf yang digunakan, penempatan ikon, efek saat layar disapu, masuk ke submenu, dan lain-lain.


Untuk membuka ponsel ini dari lockscreen, caranya adalah menyapukan layar ke atas, disertai efek yang menarik dan terlihat hidup. Kita akan terbawa ke Start yang menampilkan beberapa akses pintas berbentuk persegi/Tile dalam susunan vertikal ke bawah, dengan posisi semau Anda, cara mengubahnya cukup mirip dengan iOS atau Android, dengan menahan tile dan geser ke posisi yang Anda inginkan. Tile disini adalah LiveTile dan menampilkan informasi-informasi yang masuk contohnya Tile "People" terus menampilkan foto-foto berbeda dari kawan Facebook Anda. Lalu "Hotmail" menampilkan berapa buah email yang belum Anda buka.

Nokia Lumia 710 Review Gallery


Jika fitur yang Anda inginkan tidak ada di LiveTile, Anda cukup ke menu utama dengan menekan tanda panah di sebelah kanan atas atau menyapu layar ke sebelahkiri. Lalu menahan ikon yang ingin dimasukkan ke bagian Start dan pilih Pin to Start. Untuk berpindah aplikasi, ada task switcher yang bisa diaktifkan dengan menahan tombol back selama beberapa detik.

Nokia Lumia 710 Review Gallery


Jika Anda merasa bosan dengan antar muka ponsel ini, Anda bisa mengganti theme ponsel ini sesuai dengan mood Anda. Ada dua pilihan yakni Background/latar belakang dan Accent color/warna utama. Background memiliki 2 jenis pilihan yakni dark dan light. Sementara warna utama yang bisa Anda pilih cukup variatif, mulai dari lime, pink, mango, blue, red, green dan Nokia blue ada disini, jadi pintar-pintarnya Anda memilih background dan accent color yang pas saja. Antar muka dari Windows Phone Mango ini benar-benar smooth dan mulus, jarang sekali terjadi lag atau sejenisnya.
Nokia Lumia 710 Review Gallery





Input Teks
Tersedia berbagai macam pilihan bahasa untuk keyboard, namun untuk mode pengetikan hanya ada mode QWERTY saja. Keyboard disertai dengan akses untuk emotikon-emotikon seperti :), :D, <3 dan sejenisnya, namun tidak berbentuk gambar seperti pada BlackBerry. Untuk fitur-fitur pada pengetikan, ada sugesti kata, auto-correct, dan auto-kapital untuk huruf pertama awal kalimat. Pengetikan cukup mudah dilakukan, keyboard dan apa yang tertampil di layar sangat responsif, namun ukuran keyboard tidak terlalu besar mengingat layarnya hanya 3,7 inci, jadi mungkin Anda yang jarinya besar akan kesulitan mengetik dalam mode portrait.
Nokia Lumia 710 Review Gallery



People
Seperti smartphone modern lainnya kontak pada Windows Phone terpadu dengan akun jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter serta Windows Live, Outlook, Google dan LinkedIn. Kontak yang disebut dengan "People" ini terbagi menjadi dua yakni All dan What's New. Untuk menambahkan kontak ada beberapa field yang bisa diisi yakni nama, email, ringtone, foto, alamat, tanggal ultah dan lain-lain. Kontak otomatis terhubung dengan akun Windows Live.
Nokia Lumia 710 Review Gallery


All menumpukkan semua kawan Anda di phonebook dan jejaring sosial. Di-sini selain melihat profil kawan Anda dan melihat histori kontak maupun SMS dengan mereka, Anda juga dapat menulis di wall mereka dan melihat apa saja yang mereka post di akun Facebook dan Twitter mereka. What's New adalah timeline Twitter dan News Feed Facebook yang dipadukan, Anda bisa langsung Like atau memberi komentar di post teman Anda di Facebook ataupun me-reply dan Retweet kicauan teman Anda di Twitter.
Nokia Lumia 710 Review Gallery


Untuk akun Anda sendiri, disini ada Profile (untuk post status dan check in), What's New (stream apa saja yang kita posting) dan Notification, baik itu dari Facebook maupun Twitter. Jadi intinya People di Windows Phone ini mirip dengan TimeScape di Sony Ericsson Xperia maupun People di ponsel-ponsel Android dari HTC, namun lebih kompleks dan lebih terintegrasi.
Nokia Lumia 710 Review Gallery



Messaging
Di messaging tidak hanya standar SMS saja namun juga terpadu dengan Windows Live Messenger ditambah dengan Facebook Chat, Anda bisa melihat siapa saja yang online. Selain itu, semuanya terpadu di submenu Threads. Secara umum SMS dan chat ini mudah digunakan meskipun mungkin Anda akan bingung mana yang Facebook Chat, mana yang SMS. Perbedaannya ada di kolom untuk menginput teks, disana terlihat apakah Anda mengirim SMS, chat FB atau chat Windows Live.
Nokia Lumia 710 Review Gallery


Namanya juga Windows Phone tentu ponsel ini dapat menangani email Windows Live dengan baik. Email tiba dengan cepat secara push, Anda bisa memilah-milah folder. Selain Windows Live Anda dapat menambahkan Outlook, Nokia Mail, Yahoo, Google dan lain-lain.
Nokia Lumia 710 Review Gallery



Kamera
Kamera 5 megapiksel yang dimiliki Lumia 710 memiliki pengaturan yang cukup banyak yakni Scenes, White Balance, Exposure Value, ISO, Metering Mode, Effects, Contrast, Saturation, Focus Mode, Resolution, Flicker Reduction dan Flash. Pengaturan-pengaturan ini semuanya kecuali flash menggunakan kata-kata, bukan ikon sehingga kamera Lumia 710 tergolong mudah digunakan. Fitur touch to shot tersedia, demikian juga tombol kamera, meski ukurannya kecil.
Nokia Lumia 710 Review Gallery

Nokia Lumia 710 Review Gallery



Hasil Kamera

hasil rekaman video 5 megapikselnya cukup bagus, menghasilkan warna yang nendang serta detil yang cukup. Untuk dalam ruangan ada noise yang kelihatan namun tidak terlalu mengganggu. Silakan dilihat di foto-foto berikut:

indoor tanpa flash
WP_000032

indoor dengan flash

WP_000030

indoor makro

WP_000029

outdoor makro

WP_000026

outdoor

WP_000020


Perekam Video
Untuk perekam video hasilnya adalah video HD 720p. Ada dua pilihan resolusi yang tersedia yakni 720P dan VGA (640x480 piksel). Fitur-fitur lainnya adalah Scenes, White Balance, Exposure Value, Effects, Contrast, Saturation, Auto focus dan Flicker Reduction serta Flash. Saat Mode autofokus diaktifkan, memang autofokusnya bersifat kontinyu, namun agak lambat. Ada solusinya yakni menekan tombol kamera sampai setengah saja (seperti ketika mengatur autofokus ketika memotret).
Nokia Lumia 710 Review Gallery



Hasil perekaman video

Hasil rekaman video mulus dan lancar, dengan ukuran file cukup besar, 30 detik perekaman video menghasilkan file sebesar 51,9MB. Bitrate-nya 14000 kbps dengan framerate 28 frame per detik.



Pictures
Galeri foto tampil atraktif dan seperti halnya People, tergabung dengan Facebook dan Twitter; foto-foto yang diunggah kawan Anda tampil juga di What's New. Background dari Pictures menampilkan gambar yang Anda miliki secara acak. Foto-foto dapat Anda lihat berdasarkan album, tanggal dan People.
Gambar yang ada dapat langsung Anda Share melalui MMS, Hotmail, Facebook, Twitter, Skydrive dan akun lainnya. Selain itu dapat ditambahkan ke Favorite dan digunakan sebagai wallpaper, serta di auto fix.
Nokia Lumia 710 Review Gallery

Nokia Lumia 710 Review Gallery




Music+Videos
Lagu-lagu dan video di Windows Phone digabungkan, melalui sinkronisasi melalui Zune yang merupakan satu-satunya cara untuk memasukkan kedua konten tersebut. Music+Videos terdiri dari Zune (music, video, podcast dan radio), History, New, dan Applications, yang memiliki aplikasi TuneIn Radio di dalamnya.
Nokia Lumia 710 Review Gallery


Pemutar musik membagi lagu-lagu menjadi beberapa kategori standar seperti Album, Songs, Playlist, Genres, Artists. Seperti WP 7 sendiri, pemutar musik tampilannya sederhana dan simpel. Tidak ada sound effect maupun equaliser. Keluaran suara via loudspeaker saat volume tertinggi lantang dan keras meskipun dipenuhi treble seperti loudspeaker ponsel pada umumnya.
Nokia Lumia 710 Review Gallery


Untuk pemutar video agak mengecewakan. Karena mesti menggunakan Zune untuk memasukkan video. Memang Apple iPhone 4 atau 4S pun harus menggunakan iTunes, hanya saja untuk memasukkan video .mp4 beresolusi maksimal 720p Anda tidak perlu meng-konvert, hanya masukkan ke iTunes dan sinkronisasi. Di Windows Phone, video mp4 saja harus dikonvert terlebih dulu ke format yang diterima Windows Phone. Ini akan membuat proses memasukkan video tambah lama, terlebih lagi jika komputer Anda tergolong lambat dalam mengkonvert video. Lebih buruk lagi, meski sudah dikonvert, namun ketika diputar di pemutar video bawaan video terlihat kurang mulus, frameratenya terasa kurang jika Anda bandingkan dengan perangkat Android ataupun iOS yang mampu memutar video .mp4 resolusi 720p.
Nokia Lumia 710 Review Gallery



Radio
Untuk menggunakan radio Anda harus mencolokkan earphone atau headphone yang berfungsi sebagai antena radio.
Nokia Lumia 710 Review Gallery



Konektivitas
WiFi Hotspot belum tersedia di WP Mango di Lumia 710, namun adanya update Mango akan membuat fitur tethering itu ada di ponsel ini. Lumia 710 berjalan pada jaringan Quadband 850/1800/1900/2100 dan HSDPA. Lalu konektivitas lokal adalah a-GPS, bluetooth 2.1, WiFi (802,11 b/g/n). Untuk charging dan koneksi ke PC, Lumia 710 mempiliki port micro USB.
Nokia Lumia 710 Review Gallery




Web browsing
Browser di Windows Phone sama dengan browser bawaan Windows 7 yakni Internet Explorer. Fitur-fiturnya antara lain Favourite, share ke jejaring sosial dan email, cookies dan opsi untuk membuka tipe website apakah mobile atau situs full. Anda juga bisa menaruh link yang sedang Anda buka di Start. Pencarian standar tentu menggunakan Bing, dengan hasil pencarian yang tampil unik.
Nokia Lumia 710 Review Gallery


Performa browser saat membuka situs TeknoUp versi full yang dihiasi banyak konten sangat lancar, tidak ada lag yang terjadi. Ketika melakukan zoom dengan cubitan, respon sangat cepat dan rendering yang dilakukan pun selesai seketika. Tab yang tersedia hanya 6 saja, jika Anda menambahkan tab lagi memang bisa dilakukan, namun tab yang paling awal hilang. Saat membuka Youtube, video tidak di-streaming langsung di browser, melainkan membuka sebuah aplikasi sendiri
Nokia Lumia 710 Review Gallery

Nokia Lumia 710 Review Gallery




Aplikasi Bawaan
MarketPlace
Aplikasi ini adalah toko aplikasi bagi smartphone Windows Phone. Terbagi menjadi berbagai macam kategori seperti entertainment, music, video, tool, productivity, games, social dan lain-lain. Anda bisa melihat aplikasi apa saja yang sedang top. Saat memilih aplikasi, Anda dapat melihat detil-detil, rating, review dan screenshot. Namun masalah region masih menjadi kendala. Kami mencoba mengunduh TweetCaster dan Facebook (keduanya gratis) namun ada pesan penolakan yang menyatakan aplikasi tersebut tidak tersedia untuk region Anda.
Nokia Lumia 710 Review Gallery




TuneIn Radio
Aplikasi ini menambahkan fungsionalitas FM Tuner didalam ponsel sehingga pengguna WP7 dapat menikmati siaran radio secara langsung melalui ponselnya, melalui streaming Aplikasi ini memiliki lebih dari 50.000 pilihan channel (termasuk radio AM/FM, podcast, dan internet) yang mengudara di 140 Negara dan disiarkan dalam lebih dari 100 bahasa yang berbeda. Mudahnya lagi, pengguna tidak perlu mengingat nomor frekuensi radio untuk menikmati siaran meski berada di negara lain sekalipun. Aplikasi ini mampu menggunakan GPS ponsel serta konektifitas WiFi untuk menemukan siaran lokal apa saja yang sedang mengudara saat itu.
Nokia Lumia 710 Review Gallery



Movreak
Aplikasi yang memudahkan Anda untuk melihat film apa saja yang sedang diputar di bioskop terdekat, serta review dari pengguna untuk film yang bersangkutan.
Nokia Lumia 710 Review Gallery



Nokia Maps dan Nokia Drive
Di aplikasi ini Anda dapat melihat posisi berdasarkan 3 mode, map, satelit dan transportasi publik. Ketika melakukan zooming, performanya cepat dan lancar. Namun Anda membutuhkan Internet untuk mengoperasikan aplikasi ini dengan baik. Sedangkan pada Nokia Drive Anda bisa mengunduh peta, disini peta Indonesia ukurannya hanya 170 MB dan tentunya gratis. Sayangnya untuk Bahasa Indonesia panduan arah yang ada hanya suara pria saja.
Nokia Lumia 710 Review Gallery

Nokia Lumia 710 Review Gallery




Aplikasi Pihak Ketiga
WhatsApp
Aplikasi chatting yang cukup populer ini tersedia gratis di Marketplace, dengan fitur yang kurang lebih sama dengan versi Android dan iOS, hanya beda tampilan saja, menjadi tampilan khas Windows Phone.

Nokia Lumia 710 Review Gallery



Daya Tahan Baterai
Banyaknya aplikasi yang membutuhkan koneksi internet seperti People, Me, Picture dan lain-lain membuat daya tahan batere Lumia 710 tidak begitu bagus. Dari posisi 100 persen, Lumia 710 yang kami review hanya bertahan dari jam 9 pagi sampai jam 4 sore saja sebelum minta diisi kembali. Penggunaan Internet memakai WiFi, terhubung dengan Facebook, Twitter dan WhatsApp.


Kesimpulan

Jika Anda menginginkan sebuah Windows Phone untuk sekadar mencoba sistem operasi buatan Microsoft ini, Lumia 710 merupakan sebuah pilihan tepat karena fitur-fiturnya tidak berbeda jauh dengan Lumia 800. Namun jika Anda menginginkan layar yang lebih bagus dan desain yang lebih eye-catching, Anda bisa membeli Lumia 800. Kelemahan-kelemahan ponsel ini sendiri kebanyakan adalah kelemahan dasar OS Windows Phone sendiri, suatu hal wajar mengingat OS ini masih tergolong baru dibanding iOS dan Android.

Kelebihan

  • Layar tergolong bagus untuk ukuran LCD TFT
  • Antarmuka simpel dan elegan
  • Performa bagus
  • Nokia Maps dan Nokia Drive dengan peta gratis
  • Sangat terintegrasi dengan Facebook dan Twitter

Kekurangan

  • Daya tahan batere kurang bagus
  • Storage hanya 8GB dan tidak ada slot ekspansi apapun
  • Sangat tergantung pada Zune untuk urusan multimedia
  • Video playback tidak mulus
  • APlikasi belum sebanyak OS kompetitor



1. wahyu (wbsantoso)
Dulu ngidam banget sama ni hape... Tapi gak
kesampean...

akhirnya sekarang malah
beli yg Lumia 520... Lebih mantep malah, meskipun
lebih murah. Hahahahaaaa
 via TeknoUp mobile
2. utari (utari_jepara)
bingung deeeeeeeh
3. Rinaldy (rinaldy26)
Coba baca dulu review ini -->
http://rinaldy7.blogspot.com/2012/04/review-dan-ul
asan-lengkap-nokia-lumia.html
 via TeknoUp mobile
4. ADESHOOBY (ADESHOOBY)
@ary: layarnya dibandingin lumia 800 ato belle
phone(700/701) lumia 710 layarnya kuning n butek,
ane bandingin sendiri(wajar layarnya LCD tft
biasa) tp perform gak beda jauh ma lumia 800. Tp 3
tombol nya ringkih, jelek, aku kira itu capasitif,
ternyata bukan :-(
 via TeknoUp mobile
5. ary (enjoy_aja)
mantep bner nih hp... G nyesel deh belinya, slain
hrganya trjangkau, fitur yg d twarkan jg mnarik ;)
 via TeknoUp mobile
6. Ghie Sugiono (ghie_sugiono)
tunggu aja sampe harganya turun, :D
 via TeknoUp mobile
7. ADESHOOBY (ADESHOOBY)
kalo 710 yg ane coba dpet nilai 8.8, gmna dng
800yg menutut ane 2.5x lebih bagus dr hardware, n
performn nya??
 via TeknoUp mobile
8. Light (L-Kira)
abal abal dr mana, ente ga ngerti make wp kali,
masa dibandingin sama os jadul LOL
9. Gea (gea)
wah abal-abal nih hp. masih mending sembeyen X7-00
pny ane -.-"
10. Light (L-Kira)
wp bagus nih metro ui nya gw suka, cuma
aplikasinya kurang banyak -___-


Beri Komentar:
Silakan login untuk memposting komentar.

Review Terkait

Review Favorit Bulan Ini

"Spesifikasi Menengah dengan Harga Bawah"
28629 view(s)   23 comment(s)
"Selfie to the Max"
24370 view(s)   30 comment(s)
"Melunak dalam Keangkuhan"
15109 view(s)   24 comment(s)
"Dual Flash Dual Kamera"
11758 view(s)   2 comment(s)
"Hardcase Premium Minimalis Berkualitas Tinggi"
3393 view(s)   0 comment(s)
Connection by Hypernet