BlackBerry Curve 9380 Orlando
"Seri Curve Dengan Layar Sentuh"
Ditulis oleh Edwin pada 16 Apr 2012 (922 days ago)
Nilai Editor: 8.8
Komentar Editor:
Bagi anda yang ingin mencoba pengalaman baru melakukan aktivitas BBM di layar sentuh, BlackBerry Curve 9380 dapat menjadi pilihan, melihat harga yang cukup terjangkau dan sistem operasi terbaru yang diusungnya.

Setelah kehadiran BlackBerry Orlando 9380 sebagai handset ber OS 7 dari seri Curve, kini Indonesia kedatangan handset dari seri Curve ber OS 7 berikutnya yang memiliki desain layar sentuh, yaitu BlackBerry Curve 9380 - Orlando. Dengan bentuk yang mirip dengan BlackBerry Apollo namun keberadaan keyboard QWERTY digantikan dengan layar sentuh, serta spesifikasi yang tidak jauh berbeda, kira-kira seberapa layak kah handset ini untuk anda miliki? Silahkan baca review kami dibawah ini.

Spesifikasi Utama BlackBerry Curve 9380

  • Quad Band GSM 850 / 900 / 1800 / 1900
  • HSDPA 850 / 1900 / 2100
  • Layar sentuh kapasitif TFT 3.2 inci (360x 480 piksel) ~188 ppi
  • Prosesor 806 MHz
  • BlackBerry OS 7
  • Memori internal 512 MB, RAM 512 MB
  • Kamera 5 MP (2592x1944 piksel) LED Flash
  • Baterai Lithium-Ion 1230 mAh

Isi Paket Penjualan :

  • Handset Curve 9380
  • Headset
  • Kabel Data
  • Kepala Charger
  • Batere 1230 mAh
  • MicroSD 2GB
  • Kartu garansi dan buku-buku


Desain dan Bodi
BlackBerry Curve 9380 ini memiliki bentuk yang bisa dibilang sama dengan BlackBerry 9360, hanya berbeda di bagian depan yang diisi dengan bidang layar sentuh. Berdimesi 109 x 60 x 11.2 mm dan memiliki berat sekitar 98 gram, menjadikan handset ini ringan dan tipis sehingga mudah untuk dibawa.



Bagian atas muka terdapat earpiece dan lampu indikator LED lalu terdapat layar sentuh berukuran 3.2 inci dengan resolusi 360 x 480 piksel, dan juga kehadiran trackpad, 4 tombol standar fungsi BlackBerry. Pada bagian belakang terdapat kamera dan LED Flash di bagian atas dan speaker dibagian bawah. Sama seperti Curve 9360, bagian penutup baterai memiliki logo BlackBerry dan terbuat dari plastik glossy sehingga mudah kotor dengan bercak-bercak jari. Backdoor BlackBerry Curve 9380 ini memiliki konektor NFC di bagian dalam.

Perbandingan dengan BlackBerry Torch 9860



Pada sisi kiri hanya terdapat lubang micro USB. Pada sisi kanan terdapat tombol volume, tombol mute (terletak diantara tombol volume), dan tombol kamera (dapat diubah fungsinya). Bagian atas terdapat lubang headset 3.5mm dan tombol lock. Bagian bawah terlihat polos saja. Kami menemukan rongga yang cukup besar di bagian bawah tombol fungsi, sehingga debu dan kotoran dapat dengan mudah masuk ke dalam handset ini.


BlackBerry Curve 9380 Orlando Review Gallery



Antar Muka
BlackBerry Curve 9380 menggunakan BlackBerry OS 7, yang merupakan OS terbaru untuk BlackBerry saat ini. Kualitas layar yang ditampilkan cukup terang dan jernih untuk memanjakan mata anda. Namun karena resolusi layar yang tidak terlalu besar, maka gambar ikon terlihat agak kotak-kotak, kurang halus. Fitur haptic feedback juga absen di handset ini, sehingga menurut kami pengalaman pemilihan di layar terasa kurang mantab.



Antar muka OS 7 terbagi menjadi beberapa tab yang dapat di geser ke kiri maupun ke kanan, yaitu:
• All: berisi semua aplikasi yang ada di BlackBerry anda
• Favorites: berisi aplikasi-aplikasi yang sudah anda tandai sebagai favorit
• Media: menampilkan isi dari folder Media seperti Music, Pictures, Videos, Video Camera, Podcast, Music Store
• Downloads: berisi aplikasi yang anda sudah unduh
• Frequent: berisi aplikasi-aplikasi yang sering anda gunakan

Semua ikon aplikasi yang ada dapat anda ubah-ubah posisinya sesuai dengan keinginan anda. Anda dapat juga mengganti wallpaper yang berfungsi juga sebagai background tab menu.

Jalan pintas menuju pilihan konektivitas, alarm, option dan status masih sama dapat diakses dengan mengklik pada bagian status bar. Profile, halaman notifikasi dan universal search juga masih ada di OS 7 ini.

BlackBerry Curve 9380 Orlando Review Gallery



Input Teks

Untuk input teks, Curve 9380 menggunakan keyboard virtual yang dapat dipilih susunannya seperti Full QWERTY, Sure Type, dan Multi-Tap. Tingkat sensitivitas keyboard terbilang baik, kami tidak memiliki masalah saat proses pengetikan. Untuk menu-menu tertentu kita dapat memunculkan atau menghilangkan tampilan keyboard.




Namun untuk tombol fisik fungsi BlackBerry (call, menu, back, hang up) terasa agak keras ditekan dan cukup disayangkan mengapa tidak menggunakan tombol kapasitif saja. Karena untuk anda yang biasa memegang handset layar sentuh (terutama Android) anda akan merasa canggung ketika ingin menekan tombol fungsi tersebut setelah menggunakan layar sentuh.

Contacts
Menu contact di BlackBerry terlihat sama seperti di smartphone BlackBerry lainnya. Tampil simpel dan tersusun berdasarkan abjad nama. Field-field yang ada juga cukup beragam untuk informasi kontak lebih detailnya. Anda juga dapat mensinkronisasikan contact dengan Facebook atau BBM sehingga jika informasi tambahan seperti foto, tempat bekerja, dll akan otomatis terupdate di daftar contact anda.





Messaging
Fitur Messaging ini menjadi salah satu fitur unggulan di handset BlackBerry. Sehingga untuk kinerjanya tidak dapat diragukan lagi. Terutama seperti push email dari berbagai penyedia layanan dapat tersampaikan dengan cepat dan tepat.


Aplikasi messenger terkenal yang bernama BlackBerry Messenger juga secara pasti hadir di handset ini. Aplikasi ini merupakan salah satu senjata utama milik BlackBerry yang membuat pengguna susah untuk pindah kelain hati. Seperti yang diketahui, BBM bersifat tertutup, hanya dapat diundang melalui pin, penghantaran yang cepat dan akurat (tergantung kondisi koneksi), kemampuan pengiriman gambar, suara, lokasi, dan lainnya. Terlebih saat ini BBM dapat terkoneksi dengan aplikasi-aplikasi yang sudah mendukung, sehingga kegiatan messaging menjadi lebih menarik dan menyenangkan.


Berikutnya PIN message, anda dapat mengirim pesan ke alamat PIN yang dituju. Fungsinya mirip dengan email hanya alamatnya saja yang menggunakan PIN.

Fitur SMS juga tidak terlupakan. Tampil simpel dengan format thread seperti chatting. Dimana koneksi internet sedang tidak dapat diandalkan, fitur SMS inilah yang menjadi penolong anda.






Kamera
Seperti di Curve 9360, BlackBerry Curve 9380 ini juga memiliki kamera beresolusi 5 MP dengan LED flash, dan masih sama tanpa autofokus. Kamera ini memiliki jenis fokus EdoF ( Extended depth of Field ) atau Full Focus. Sehingga hasilnya bagus untuk pengambilan gambar dengan jarak jauh/keseluruhan. Berbeda dengan Auto Focus yang bertumpu pada satu titik. Namun tetap, untuk pengambilan gambar jarak dekat dan teks fokus EdoF ini hasilnya kurang baik.


Menu kamera ini memiliki fitur seperti Geotagging, LED Flash, dan Scene Modes yang dapat anda pilih.


Pilihan menu Scene Modes seperti:
• Auto
• Face Detection
• Potrait
• Sports
• Landscape
• Party
• Close-Up
• Snow
• Beach
• Night
• Text




Hasil kamera BlackBerry Curve 9380 di kondisi dalam ruang terlihat cukup baik, meski masih terdapat sedikit noise di bagian yang gelap. Berikut hasilnya untuk kondisi dalam ruangan:


Untuk pemotretan luar ruangan warna yang ditampilkan cukup baik dan detail. Berikut hasilnya untuk kondisi luar ruang:


BlackBerry Curve 9380 Orlando Review Gallery

Video Recorder
Blackberry Curve 9380 hanya mampu merekam video hingga resolusi VGA (640x480) saja. Terdapat beberapa fitur seperti video light, image stabilization, scene mode (auto, potrait, landscape, closeup, beach). Hasil rekaman video disimpan dengan format 3GP.



Hasil rekaman video BlackBerry 9380:



Gallery
Tampilan gambar di menu Gallery BlackBerry Curve 9380 berdasarkan folder. Anda dapat melakukan sorting gambar berdasarkan waktu pengambilan. Tampilan juga dapat diatur menjadi tersusun secara Grid atau List.



Untuk melihat foto sebelum atau berikutnya anda hanya tinggal menyapu layar ke kiri atau ke kanan dapat juga menggunakan trackpad. Seperti handset layar sentuh saat ini, anda dapat melakukan proses zooming dengan double tap atau pinch to zoom. Proses rendering saat zooming berjalan cukup cepat. Terdapat pula fitur slide show dengan efek pan and zoom atau slide.





Music
Tampilan music khas BlackBerry yaitu dengan tampilan album art besar yang dapat di geser untuk memilih album-album yang ada secara cepat. Anda dapat menjelajahi koleksi lagu anda berdasarkan semua lagu, penyanyi, album, genre, atau playlist. Terdapat pula pilihan Audio Boost, Appereance, Equalizer dan lainnya. Terdapat pula menu Amazon MP3 Music Store, untuk membeli lagu secara langsung. Kualitas speaker BlackBerry Curve 9380 ini sangat baik, suara terdengar jernih dan kencang.






Pemutar Video
Seperti pada handset BlackBerry lainnya, pemutar video ini tampil sederhana, tidak banyak fitur. Dengan kualitas yang baik dan ukuran layar yang cukup luas, video yang tertampil menarik mata untuk melihatnya. Player di Curve 9380 ini dapat memutar video dalam format mp4, .m4a, .3gp, .avi, .asf.





Browser
Browser di BlackBerry Curve 9380 terbilang mumpuni. Saat kami coba membuka website TeknoUp.com versi full, loading terasa cepat dan proses rendering juga baik. Walaupun dalam posisi zoom out, namun beberapa tulisan masih dapat dibaca.

Untuk kemampuan multitab kami telah mencoba hingga 30 tab dan tetap masih bisa menambah tab baru, namun mulai terasa lag.


BlackBerry Curve 9380 Orlando Review Gallery

Untuk pengujian browser via html5test.com, browser milik Curve 9380 ini memiliki hasil yang sama dengan milik Bold 9900 yaitu mendapatkan 266 poin dengan 3 bonus poin.


Browser di Curve 9380 juga dapat memutar video YouTube di versi desktop dengan lancar walaupun dengan waktu tunggu yang cukup lama.




Konektivitas
BlackBerry Curve 9380 berjalan dijaringan GSM 850 / 900 / 1800 / 1900 ; HSDPA 850 / 1900 / 2100. Untuk konektivitas lokal terdapat GPS, NFC, WLAN Wi-Fi 802.11 b/g/n, Bluetooth v2.1 with A2DP, microUSB v2.0, microSD hingga 32GB.

Aplikasi Bawaan
• Amazon MP3 Music Store
• BrickBreaker
• Word Mole
• Wikitude
• Documents To Go
• Blackberry Protect
• Facebook
• Twitter
• Windows Live Messenger
• Yahoo Messenger
• Google Talk
• Social Feeds
• Youtube

Daya Tahan Baterai
BlackBerry Curve 9380 ditenagai dengan baterai Li-Ion berjenis JM1 (Seperti di BlackBerry 9900, 9860, 9790) berkapasitas 1230 mAh. Dengan resolusi layar sentuh yang tidak terlalu besar, mungkin baterai di Curve 9380 cukup menemani anda seharian dalam penggunaan normal dan tingkat brightness sedang. Tapi sekali lagi, daya tahan baterai banyak bergantung pada cara pemakaian pengguna dan kondisi jaringan dari operator.




Kesimpulan
Sebagai handset layar sentuh pertama di seri Curve, BlackBerry 9380 ini menawarkan pengalaman layar sentuh baru ke pengguna di kelas entry level. Dengan memiliki bentuk yang serupa dengan BlackBerry 9360, handset ini terlihat stylish dan nyaman untuk dibawa karena tipis dan ringan namun tetap mantab di genggam. Handset ini juga memiliki fitur NFC yang absen kehadirannya di handset layar sentuh BlackBerry 9860.

Kelebihan

  • Handset layar sentuh pertama di seri Curve
  • Desain tipis, ringan, mantab di genggam
  • BlackBerry OS 7


Kekurangan

  • Kamera tidak autofokus
  • Tombol fungsi (call, menu, back, end call) berbentuk fisik dan keras
  • Penutup baterai yang rentan patah



1. Nurahman (nurahman11)
@bany coba dibawa ke klinik tongfang, pasti sembuh
deh
 via TeknoUp Android Application
2. bany (bee01)
Salam kenal buat semuanya,
Mohon petunjuk
buat saya dari agan2 yg udh berpengalaman,/> Saya berasal dari Palembang, saya baru memakai
BB Jenis Orlando, sejak saya menggunakan jenis ini
sampai sekarang Foto Profil saya di BBM tidak
tampil di teman2, saya sudah mencoba untuk
memperbaikinya dengan membawanya ke BB Center, BB
saya di upgrade system / OS-nya dan Aplikasi
BBM-nya pun sudah diperbaharui, tetapi tetep juga
Foto Profil Saya tidak tampil di teman2. Saya
mohon kepada agan2 sekalian atas solusinya..
terima kasih.
 via TeknoUp mobile
3. ronie (ronieflag)
low punya duit mah mding beli android. cz bb cuma
jaringan sosial z g menantang cepet bosen.
 via TeknoUp mobile
4. Jeremy (Jeremy)
Great! Harganya gak mahal2 amat lg.
5. ariel benzema (arielbenzema)
ga minat.
klo d ksih jg aku jual lg.
 via TeknoUp mobile
6. ferre kun (ferrekun)
meskipun kemahalan tapi pgn juga..sayangnya udah
terbiasa touchscreennya storm jadi berasa aneh pas
nyoba mencet2 orlando.. jg lebih suka monza
(walopun bentuknya ga beda2 jauh amat) :p
7. WHO AM I (hcway)
Bnr2 Kereeeen............................ sayang
rilisnya dah telat,
kira2.............................5 taon.
8. Liew (Liew)
lebih merekomendasikan BB monza/monaco.
tapi
bb orlando punya keistimewaan dengan adanya fitur
radio FM setelah di upgrade ke os 7.1
9. hayleywilli (williAND)
Gak layak. Jelek abis.
 via TeknoUp mobile
10. Jelly Bean (fullmocha)
gw ga bilang HP ini keren karena keren itu
relatif. kere itu nasif. wkwkwk


Beri Komentar:
Silakan login untuk memposting komentar.

Review Terkait

Review Favorit Bulan Ini

"Spesifikasi Menengah dengan Harga Bawah"
24736 view(s)   23 comment(s)
"Selfie to the Max"
22108 view(s)   30 comment(s)
"Melunak dalam Keangkuhan"
10421 view(s)   22 comment(s)
"Si Klasik yang Masih Dicari"
9993 view(s)   5 comment(s)
"Dual Flash Dual Kamera"
9249 view(s)   2 comment(s)
"Hardcase Premium Minimalis Berkualitas Tinggi"
732 view(s)   0 comment(s)
Connection by Hypernet