Samsung GT-S5360 Galaxy Y
"Smartphone Mungil Berdesain Elegan Untuk Young Generation"
Ditulis oleh Edwin pada 16 Apr 2012 (980 days ago)
Nilai Editor: 9.0
Komentar Editor:
Ponsel Android yang mumpuni dikelasnya dengan harga yang terjangkau serta desain yang elegan.

Setelah terkenalnya Galaxy Mini sebagai smartphone Android low-end milik Samsung, kini Samsung mencoba merilis smartphone low-end lain yang tidak bisa diremehkan, yaitu Galaxy Y. Huruf Y disini merupakan singkatan dari Young , dimana smartphone ini ditargetkan untuk pengguna entry level.

Namun dalam segi layar smartphone ini memiliki ukuran 3 inci, lebih kecil dari pendahulunya Galaxy Mini yang memiliki ukuran 3.14 inci. Kamera pun hanya 2 MP mengalami penurunan dari Galaxy Mini yang memiliki kamera berukuran 3.15 MP. Namun selain penurunan, ada juga kenaikkan spesifikasinya seperti prosesor yang lebih besar menjadi 832 MHz dan bobot yang lebih ringan dari Galaxy Mini menjadi 97.5 gram saja. Smartphone ini dibandrol sekitar 1juta - 1.5 juta rupiah.

Walaupun ditujukan untuk entry level, tapi smartphone ini sudah dipersenjatai dengan spesifikasi yang cukup tinggi. Berikut spesifikasi resmi dari Galaxy Y:
• GSM / EDGE / UMTS (3G) / HSDPA
• Android Gingerbread 2.3.5
• Prosesor 832 MHz
• Layar kapasitif 3.0 inci beresolusi 320X240 piksel
• Kamera 2MP
• RAM 256MB, 164MB storage
• WiFi 802.11 b/g/n, Bluetooth v3.0, A-GPS

Desain dan Bodi

Desain dari Galaxy Y ini simpel dan sangat mirip dengan Galaxy Ace dalam ukuran yang lebih kecil. Galaxy Y memiliki dimensi 104 x 58 x 11.5 mm. Seluruh bodi smartphone ini terbuat dari plastik, namun dengan adanya balutan krom di sekeliling bodi memberi kesan elegan, sehingga tidak terlihat murahan. Bagian belakang bermotif sehingga tidak meninggalkan bercak jari. Pada bagian depan layar di kelilingi dengan frame hitam. Sayangnya slot memori microSD tidak hot-swap, sehingga anda harus membuka back cover untuk akses memory card.

Pada bagian muka atas terdapat earpiece dan proximity sensor untuk mematikan layar. Bagian bawah ada tiga tombol, tombol tengah/home merupakan tombol fisik sedangkan dua tombol lainnya (menu, back) merupakan tombol kapasitif. Pada bagian atas terdapat port headset 3.5 mm dan port micro USB. Pada bagian kiri terdapat lubang untuk strap dan tombol volume. Bagian bawah hanya terisi lubang mic. Pada bagian kanan hanya terdapat tombol power/lock. Pada bagian belakang terdapat speaker dan kamera.




Kualitas layar yang digunakan Samsung Galaxy Y ini tidak berbeda dengan Galaxy Mini. Sehingga membuat kurang nyaman jika dilihat jika berlama-lama.

Samsung GT-S5360 Galaxy Y Review Gallery



Antar Muka

Galaxy Y ini sudah tertanam Android Gingerbread terbaru versi 2.3.5 dengan TouchWiz 3.0 seperti handphone keluaran Samsung lainnya. Tampilan TouchWiz menjadi salah satu standar wajib di setiap smartphone Samsung.




Home screen mampu memuat hingga 7 halaman, yang dapat ditambahkan item-item seperti widget, shortcut, dan folder. Galaxy Y ini juga bisa dipasangkan Live Wallpaper.







Menu tampil dengan deretan ikon 3 x 4 dengan latar belakang transparan hitam. Ikon-ikon yang ada dapat diubah posisinya sesuai keinginan. Jumlah halaman pada menu dapat bertambah sesuai dengan banyaknya ikon yang ada.



Samsung GT-S5360 Galaxy Y Review Gallery

Bar notifikasi khas Android juga hadir untuk memberi informasi dan mengaktifkan beberapa option konektivitas. Seperti biasa yang anda butuhkan untuk menampilkan layar notifikasi hanya dengan sapuan jari dari atas ke bawah.



Input Text

Terdapat tiga metode input default, yaitu DioPen Chinese, Samsung keypad, dan Swipe. Untuk Samsung keypad terdapat empat tipe untuk posisi potrait, yaitu Qwerty keypad, 3x4 Keypad, Handwritting box 1, dan Handwritting box 2. Untuk posisi landscape terdapat full QWERTY keyboard.



Samsung GT-S5360 Galaxy Y Review Gallery

Walaupun memiliki layar hanya 3 inci namun untuk melakukan pengetikan kami tidak mengalami kesulitan. Bagi anda yang meilliki jari yang besar bisa menggunakan keyboard dalam posisi landscape.



Contacts
Untuk urusan contact, Samsung Galaxy Y ini sudah dapat mengintegrasikan akun Gmail, Facebook, Twitter, Microsoft Exchange, dan Samsung Account. Anda tidak dibatasi untuk memasukkan jumlah contact. Anda dapat melakukan Swipe di contact ke arah kiri untuk menelpon dan ke arah kanan untuk SMS, suatu cara yang praktis bukan?


Tiap contact memiliki empat tab, yaitu Info, History, Activities, dan Media.



Messanging
Galaxy Y dapat mengirim pesan seperti SMS, MMS, Email, dan IM. Untuk menulis MMS anda hanya tinggal masukkan media (gambar, video, audio, dll) saat menulis pesan.

Untuk masalah email, Galaxy Y ini sudah dilengkapi dengan email milik Google yaitu Gmail. Tampilannya sederhana seperti bawaan handphone Android lainnya. Anda dapat pula memasukkan akun email lain secara manual.




Untuk instant messaging terdapat Gtalk sebagai aplikasi IM bawaan. Jika anda ingin menggunakan aplikasi IM lain, langsung saja ke Android Market untuk mengunduhnya.



Camera
Samsung penerus Galaxy Mini ini dilengkapi dengan kamera beresolusi 2 MP fixed focus saja, tanpa flash. Ya, seperti yang sudah ditulis diatas, Galaxy Y mengalami penurunan resolusi kamera dibanding Galaxy Mini. Fitur-fitur yang si sematkan adalah shooting mode, scene mode, brightness, timer, resolusi, white balance, efek, metering, kualitas, guidelines, review, GPS, shutter sound, reset. Anda harus memasukkan kartu memori untuk dapat menggunakan fitur kamera.



Samsung GT-S5360 Galaxy Y Review Gallery

Hasil kamera untuk indoor terlihat noise yang agak mengganggu, dan warna terlihat kurang cerah. Untuk hasil outdoor gambar terlihat baik dan cukup detail, walau warna masih terlihat kurang cerah.
Samsung GT-S5360 Galaxy Y Review Gallery



Perekam Video

Untu perekam video, kamera di Galaxy Y ini mampu merekam hingga resolusi QVGA 320x240 15fps. Fitur yang ada seperti recording mode, brightness, timer, resolusi, white balance, efek, kualitas video, guidelines, review, reset.



Samsung GT-S5360 Galaxy Y Review Gallery



Dibawah ini merupakan hasil video dari Galaxy Y:



Gallery
Menu gallery tampil layaknya device Android lain. Tampil dengan efek 3D jika kita menggerakkan device ke kiri atau ke kanan. Gallery menampilkan gambar dan video. Performa untuk membuka gambar dan video terbilang cukup, karena kami mengalami sedikit lag ketika masuk ke dalam gallery.


Untuk melakukan zooming dapat dilakukan dengan tiga cara yaitu, pinch and zoom, tap dua kali di layar, dan tombol zoom.
Samsung GT-S5360 Galaxy Y Review Gallery



Pemutar Video

Dalam unit yang kami tes, kami tidak menemukan ikon video di menu. Jadi kesimpulan kami video dapat diputar melalui gallery. Pemutar video Galaxy Y ini mampu memutar file MP4, namun untuk 720p tidak dapat diputar. Kami menjajal file video berformat Avi dan WMV juga tidak dapat diputar.



Samsung GT-S5360 Galaxy Y Review Gallery


Pemutar Musik

Pemutar musik di Galaxy Y tampil khas Android, dan support tata suara chanel 5.1. Dengan tata suara ini keluaran suara akan memiliki efek 3D. Pastinya fitur ini akan terasa jika anda menggunakan headset. Untuk olahan keluaran suara, tersedia pengaturan EQ berbagai tipe. Kualitas speaker terbilang bagus, walau terasa kurang bertenaga di volume maksimum.




Lagu-lagu yang ada di device akan otomatis terbagi menjadi empat kelompok, yaitu artist, albums, songs, dan playlist. Tampilan lagu yang sedang dimainkan mirip dengan tampilan yang ada di iOS. Tertampil pula album art dari lagu yang sedang diputar. Jika lagu tersebut tidak memiliki album art maka gambar bunga akan menjadi penggantinya. Pemutar musik juga baru berfungsi ketika anda memasukkan kartu memori.
Samsung GT-S5360 Galaxy Y Review Gallery

Radio FM
Untuk mendengarkan radio anda diharuskan mencolokkan headset dahulu yang berfungsi sebagai antena. Keluaran radio dapat didengarkan melalui headset maupun loudspeaker. Radio di Galaxy Y juga dapat menampilkan informasi dari siaran yang di tangkap, tapi untuk fitur ini tergantung juga dengan kemampuan channel radio yang sedang didengarkan.


Samsung GT-S5360 Galaxy Y Review Gallery


Aplikasi Bawaan

Pada Samsung Galaxy Y yang kami tes, kami hanya menemukan aplikasi Quickoffice sebagai aplikasi diluar standar Android yang sudah terinstal. Versi Quickoffice yang terinstal merupakan versi gratis, jadi anda tidak dapat membuat file baru.



Konektivitas

Samsung Galaxy Y berjalan pada jaringan Quad Band GSM/GPRS/EDGE 850/900/1800/1900 MHz dan HSDPA 900/2100 MHz (7.2Mbps). Untuk konektivitas lokal terdapat WiFi 802.11 b/g/n dan Bluetooth v3.0. Anda juga dapat menggunakan fitur WiFi Tethering pada Galaxy Y. Terdapat pula GPS untuk menghubungkan Galaxy Y dengan satelit.

Untuk menghubungkan ke PC atau sekedar charging, tersedia port microUSB. Slot microSD terletak di dalam back cover dan dapat menampung kapasitas hingga 32GB.



Browser
Kinerja browser terbilang baik dapat menampilkan halaman-halaman web dengan baik walau hanya di layar yang berukuran 3 inci. Namun untuk membaca secara jelas, anda harus melakukan pinch zooming, karena keterbatasan resolusi jadi jika dalam posisi zoom out, text akan terlihat buram.

Browser support multitab hingga empat tab secara bersamaan.

Browser di smartphone ini masih belum mendapat dukungan flash, sehingga anda tidak dapat memutar video di Youtube versi desktop.


Samsung GT-S5360 Galaxy Y Review Gallery



Benchmark
Quadrant Standart: diatas 1000 poin
Neocore 3D: 42.0 FPS
Multitouch Test: maksimal 2 sentuhan
AnTuTu: 1744 poin

Samsung GT-S5360 Galaxy Y Review Gallery



Daya Tahan Baterai

Smartphone Galaxy Y ini memiliki kapasitas baterai sebesar 1200mAh. Baterai ini dikatakan sanggup bertahan hingga 5 jam untuk Talk Time di jaringan 3G dan 350 jam untuk Stand-by di jaringan 3G. Berdasarkan unit yang kami tes, baterai dapat dibilang mumpuni untuk menyokong kegiatan anda.

Kesimpulan

Sebagai penerus generasi Galaxy di kelas low-end, Galaxy Y ini patut diancungi jempol karena dengan harga yang dibandrol hanya sekitar 1 juta – 1.5 juta, anda sudah mendapatkan device Android versi 2.3.5 dan berprosesor 832MHz. Cukup menggiurkan bukan?

Kelebihan

• Prosesor besar untuk kelasnya
• Performa yang baik
• Desain yang elegan
• Harga yang terjangkau
• Bentuk kecil dan compact

Kekurangan
• Kualitas layar yang kurang baik
• Slot memori tidak hotswap
• Penurunan resolusi kamera dari generasi sebelumnya




1. Gea (gea)
buset ni hp ancur kaya gini dikasi poin 9,0??
koplak!!
 via TeknoUp mobile
2. Viixawi16 (viixawi16)
Motorola fire xt yang full touchscreen itu
reviewnya kapan?
Motorola fire xt bagus
nggak ? Lebih bagus mana sama young?
 via TeknoUp mobile
3. tito indra (telkampret)
hp abal2...
 via TeknoUp mobile
4. android_user (bb_iphone_gaguna)
parahhh ancurrrr
 via TeknoUp mobile
5. Mango (D_S)
ni hp udah lama muncul di pasaran ko TUP br review
sih, payah nih TUP, ane dah liat punya teman, aduh
gak bngt deh lyr kotak2 gitu.
 via TeknoUp mobile
6. srn (ura)
Pantasx ne hp kasih nilai editor 4,99999 ja.
 via TeknoUp mobile
7. srn (ura)
Galaxy y ane blm ada1 bln dah rusak, mngkin karna
hp murah kualitasx jg murahan ya?
 via TeknoUp mobile
8. Fruits (tedhy87)
mau beli ini hp bwat ultah sodara kyknya cucok..
9. bolangborneo (bolangborneo)
oiya,sekalian mau nanya nih, aq rencana mau beli
Galaxy W,cuman kalo liat comment2 di gsm arena kok
cendderung negatif ya,yang batre boros lah,hape
panas lah(mungkin krn procesor gede kali ya),mohon
pencerahannya dari user & expert2 sekalian, /> fyi, saya baru mau nyobain android nih,tapi
kalo bisa yang ada front camera nya & front camera
ini bisa di pake skype, juga kalo bisa yang
batrenya awet,soalnya baca2 di internet katanya
batre android boros,mohon bimbingannya
10. bolangborneo (bolangborneo)
Kenapa ya akhir2 ini review teknoup tidak
sekomplit review2 terdahulu,misal review tentang
galaxy Y tidak se komplit review galaxy Gio


Beri Komentar:
Silakan login untuk memposting komentar.

Review Terkait

Review Terbaru

"Case multi-fungsi memberikan perlindungan ekstra pada iPhone 6 Anda"
1114 view(s)   0 comment(s)
"Case Ajaib untuk iPhone Anda dari Nodus"
919 view(s)   1 comment(s)
818 view(s)   0 comment(s)
"Lakukan Pengisian Daya Tanpa Kabel"
817 view(s)   0 comment(s)
Connection by Hypernet