Nokia E6
"Smartphone QWERTY Berlayar Sentuh dari Nokia"
Ditulis oleh Indra Rosalia pada 26 Jun 2011 (1162 days ago)
Nilai Editor: 7.5
Komentar Editor:
Kamera dan layarnya bagus, namun web browsernya lambat.

Perkenalan
Ponsel ini bisa dibilang adalah penerus E72 sebagai generasi ponsel batangan Nokia berkeyboard QWERTY. Ponsel yang dibanderol sekitar Rp. 3000.000 ini berfitur kamera 8MP, layar sentuh kapasitif 2.46 inci beresolusi VGA, GPS, USB On-The-Go, WiFi, dan baterai berkapasitas 1.500 mAh. Nokia E6 ini sudah memakai OS Symbian^3 PR 2.0 Anna dengan peningkatan dari segi keamanan kelas enterprise dengan enkrispi hardware, beberapa fitur baru pada email, perubahan pada UI, dan versi baru dari aplikasi map Nokia (sebelumnya dikenal dengan nama Ovi Maps)



Paket Penjualan
Berikut adalah isi dari dus Nokia E6-00:

  • Baterai Li-ion 1500 mAH
  • Kartu Garansi
  • User Manual
  • Kabel data
  • Kabel USB on the Go
  • Kabel Charger Nokia
  • Sarung Kulit


Desain dan Bodi
Ponsel ini berkesan ekslusif, dengan list biru gelap yang mengelilingi ponsel, dan casing belakang penutup baterai yang terbuat dari stainless steel. Karena pemakaian stainless steel, ponsel ini tergolong cukup berat, yakni 133 gram. Untuk bagian depan Ada kamera depan, layar selebar 2.46 inci. Lalu dibawah layar ada banyak tombol, hang on, Home, Calender, D-pad 5 arah, Messaging, Contact dan Hang off. Tombol-tombol ini berkesan seperti tombol sentuh, padahal hanya tombol biasa. Keyboard QWERTY yang menyertai ponsel ini sangat empuk, meskipun keyboardnya berukuran tidak terlalu besar dan menyatu, namun mudah digunakan Di sekeliling ponsel ada tombol volume, lock, dua port charger (Nokia dan micro USB), tombol power, port audio 3.5mm dan clot micro SD.



Layar
Dengan resolusi tinggi VGA (640x480) layar Nokia E6 sangat bagus jika dibandingkan pendahulunya Nokia E72 yang ukuran layar hampir sama tapi resolusi hanya seperempatnya (320x240). Warna yang dihasilkan bagus dan jernih, sudut penglihatan juga cukup bagus, hanya di sudut ekstrim saja layar terlihat gelap. Untuk sensitivitas, karena sudah menggunakan tipe kapasitif maka layar sentuhnya responsif dan mudah digunakan. Jadi, meskipun ini adalah ponsel QWERTY, namun masalah layar tetap diperhatikan oleh Nokia.


Antar Muka
Karena menggunakan layar sentuh maka E6 cukup berbeda antar mukanya dibanding E72. Misalkan di homescreen ada 4 layar Home, masing-masing menggunakan wallpaper yang berbeda-beda. Homescreen bisa ditambahkan sampai lima buah. Transisi layar sangat mulus dan bagus dengan efek fading saat berganti wallpaper. Widget bisa ditambahkan namun jumlahnya terbatas. Dalam keadaan di homescreen bar notifikasi ada di bagian kanan atas.


Menu utama khas Nokia dengan ikon-ikon tersusun 4 kolom dan 3 baris. Anda bisa menambahkan folder dan mengatur susunan menu sesuka hati. Menu utama ini dapat ditampilkan dalam format list. Pengaturan-pengaturan lainnya adalah ukuran font, themes, dan screen saver. Untuk melihat aplikasi yang sedang berjalan anda dapat menekan tombol Home selama beberapa saat. Jika ada aplikasi yang berjalan di background maka akan ada tanda di ikon aplikasi yang bersangkutan. Disini bar notifikasi ada di tengah bawah.





Phonebook
Phonebook tidak terbatas karena menggunakan memori ponsel. Sedangkan untuk detil kontak, ada email, image, ringtone, video call, internet telephone, company, job title, sinkronisasi, birthday, note, web address, Facebook dan masih banyak lagi.



Messaging
Editor SMS dan MMS tergabung menjadi satu editor bersama. Untuk mengubah SMS menjadi MMS anda tinggal memasukan konten multimedia saja(foto, rekaman suara, rekaman video). SMS dapat dilihat dalam mode percakapan.


Email bisa memakai OVI mail, yahoo, Gmail, Hotmail, dan lain-lain, dengan pengaturan yang sangat mudah, hanya memasukkan akun dan password saja.



Kamera
Kamera E6 beresolusi tinggi, 8 Megapiksel yang dilengkapi dengan dual LED Flash. Sayangnya autofokus tidak melengkapi ponsel ini, demikian juga dengan Macro Mode. Kamera ponsel ini dilengkapi dengan GPS untuk menyimpan lokasi pemotretan. Fitur-fitur yang ada antara lain: Scene Mode, Face Detection, Grid, Colour Tone, White balance, exposure, ISO, Contrast, Sharpness.
Hasil kamera cukup bagus, dengan hasil file berkisar antara 700kB sampai 2MB. Untuk pemotretan dalam ruangan, adanya LED flash cukup membantu. Kalau di luar ruangan, tentu hasilnya akan lebih baik lagi. Namun disayangkan fokusnya masih memakai fixed focus, tidak ada autofokus, manual fokus maupun makro mode.


Perekam Video
Untuk perekaman video tak kalah dengan kamera, bisa merekam sampai resolusi HD (1280x720p) dengan fitur-fitur: Scene mode, white balance, colour tone, exposure, video stabilization dan penyimpanan lokasi melalui GPS. Hasil rekaman video sangat bagus dan jernih, dengan framerate 25 frame per detik, dan bitrate 10000-15000 kbps. Rekaman 20 detik menghasilkan file sebesar 25MB, cukup banyak menghabiskan memori.





Pemutar Musik
Pemutar musik Nokia E6 berpenampilan menarik dengan cover flow. Pembagian kategori yaitu artis dan album, playlist, genres dan podcast. Berbagai pilihan ekualiser standar melengkapi pemutar musik seperti bass booster, classical, jazz, pop, rock. Selain itu ada balance stereo kiri/kanan dan stereo widening. Kualitas suara dari loudspeaker cukup keras, dan tidak terlalu pecah. Selain pemutar musik, Radio FM juga melengkapi ponsel ini. Radio FM hanya dapat dinikmati dengan menambahkan headset 3.5mm. Saat pertama kali, semua frekuensi yang dapat ditangkap langsung di scan dan disimpan.


Galeri foto
Galeri Foto dan Galeri Video tergabung menjadi sebuah galeri bersama. Tampilannya secara thumbnail. Foto dapat anda zoom-in/out dengan menggunakan tombol volume dan menggunakan pinch to zoom. Kinerjanya tidak terlalu cepat, dalam membuka foto berkualitas tinggi ada proses rendering. Foto dapat anda kirimkan menggunakan MMS, Email, dan Bluetooth. Sudah ada program editing, disini anda bisa melakukan rotate, crop, resice dan lain-lain.



Pemutar Video
Ponsel ini tentu bisa memutar video mp4 resolusi HD. Terlihat dari video bawaan yang memutar 720p dengan bitrate tinggi, 8000kbps. Untuk format lainnya selain mp4, divx dan xvid bisa diputar meskipun subtitle .srt tidak terbaca. File mkv juga tak terbaca namun ini sudah cukup. Tampilan video cukup bagus, mengingat layar E6 beresolusi tinggi, namun rasanya ukurannya cukup kecil untuk penikmat video sejati. Namun tak masalah karena esensi ponsel ini adalah ponsel bisnis / messaging. Tidak ada efek macam-macam selain pengaturan aspek rasio dari video.


Konektivitas
Ponsel ini berjalan pada jaringan HSDPA, GSM, GPRS, EDGE. Lalu konektivitas lokal adalah a-GPS, bluetooth 3.0, WiFi (802,11 b/g/n). Lalu ponsel ini bisa melakukan USB on the Go, dengan kabel yang sudah disertakan dalam paket pembelian, jadi anda hanya perlu mencolokkan flash disk saja. Kami mencobanya dan memang bisa terbaca, hanya saja cukup lambat dibandingkan pembacaan memory card, namun tentu sudah cukup untuk gadget sekelas smartphone.


Web Browser

Ketika dicoba membuka situs TeknoUp versi desktop, kinerjanya lambat dan lag, meskipun dalam melakukan loading dan rendering seluruh konten tergolong cepat. Tab yang bisa dibuka maksimal adalah 3 buah. Video flash dari Youtube yang di-embedd ke situs ini dapat dimainkan meskipun agak berat. Untuk zooming, pinch and zoom bisa dilakukan. Pengaturan-pengaturan standar seperti history, cache, cookies, javascript tentu ada di browser ini. Ketika menyentuh back, maka berkas histori dari situs yang anda buka sebelumnya tersedia, jadi tidak terbatas pada situs sebelumnya saja.




Aplikasi Bawaan
OVI Music
Aplikasi untuk mengunduh lagu secara resmi dari ponsel Nokia anda.


Shazam
Aplikasi untuk mengidentifikasi musik, seperti Track ID pada ponsel Sony Ericsson.


Store
Tempat untuk mengunduh berbagai aplikasi untuk ponsel Symbian anda.


OVI Maps
Ovi maps yang digunakan adalah versi 3.06. Terdapat beberapa tampilan maps seperti satelite, terain, dan 3D maps.


QuickOffice
Melihat, mengedit dan membuat file Microsoft Office dengan ponsel anda. Sekarang sudah mendukung charts Excel 2007 dan file manager serta file Zip.

Facebook
Untuk jejaring sosial, ponsel ini mempunyai aplikasi bawaan Facebook, Renren, Twitter. Aplikasi Facebooknya cukup bagus, namun tidak ada push notifikasi dan chat. Widget Facebook tersedia untuk ditaruh di homescreen.



Aplikasi Pihak Ketiga

WhatsApp
Karena ponsel ini tidak memiliki aplikasi IM bawaan, maka kami menginstal aplikasi ini yang bisa diunduh langsung secara gratis di OVI strore. Push notification berjalan dnegan lancar. Untuk tampilan menurut kami tidak sebaik WhatsApp di iOS atau Android.



Daya Tahan Baterai

Dengan baterai Lithium ion 1500 mAH dan layar yang tidak terlalu besar, untuk online lebih dari seharian sudah lebih dari cukup untuk pemakaian normal, kecuali jika anda chatting terus menerus.

Kesimpulan
Sebagai ponsel QWERTY 3 juta-an, pesaing Nokia E6 adalah BlackBerry Onyx series, Motorola Charm dan Galaxy Pro. Dibanding kompetitornya, keunggulan E6 adalah layar dan kamera. Namun untuk segi multimedia dan aplikasi jelas Android lebih bagus. Sedangkan Blackberry memiliki keunggulan aplikasi BBM untuk penggemar setianya.

Kelebihan:

  • Layar beresolusi tinggi VGA
  • Kamera 8MP dengan LED flash
  • Perekaman video HD
  • Tampilan antar muka Symbian Anna lebih menarik
  • Bisa memutar divx dan xvid


Kekurangan:

  • kamera tanpa autofokus
  • kinerja web browser lambat
  • aplikasi pihak ketiga kurang banyak dan kurang menarik



1. FansDroid ... (LuphU_Droid-iOS)
<body style="background-color:#00FF00;">
 via TeknoUp mobile
2. FansDroid ... (LuphU_Droid-iOS)
KEREN
 via TeknoUp mobile
3. FansDroid ... (LuphU_Droid-iOS)
 via TeknoUp mobile
4. FansDroid ... (LuphU_Droid-iOS)
KEREN
 via TeknoUp mobile
5. FansDroid ... (LuphU_Droid-iOS)
K E R E N
 via TeknoUp mobile
6. labil (labil)
termasuk hp qwerty idamana ni.
kapan ya
bisa beli.
7. Maulana Anwar (maulanaanwar)
modelny kurang greget, saya tertarik dgan X7
 via TeknoUp mobile
8. agus (donidamara)
lihat iklannya tuh...saat BB dah kehabisan batre,
E6 masih jalan teruuss... Dari pengalaman pakai
seri E, gak omong kosong tuh iklan...mudah2n
kontak chat n email bisa link ke phonebook, itu
kelemahan besar symbian... Aku pengguna BB, tp
soal batre...alamak,.bikin senewen... Biar hp
kedua bisa jadi aku pakai BB or android...hp utama
tetap nokia...the last standing battery..
 via TeknoUp mobile
9. agus (donidamara)
lihat iklannya tuh...saat BB dah kehabisan batre,
E6 masih jalan teruuss... Dari pengalaman pakai
seri E, gak omong kosong tuh iklan...mudah2n
kontak chat n email bisa link ke phonebook, itu
kelemahan besar symbian... Aku pengguna BB, tp
soal batre...alamak,.bikin senewen... Biar hp
kedua bisa jadi aku pakai BB or android...hp utama
tetap nokia...the last standing battery..
 via TeknoUp mobile
10. agus (donidamara)
lihat iklannya tuh...saat BB dah kehabisan batre,
E6 masih jalan teruuss... Dari pengalaman pakai
seri E, gak omong kosong tuh iklan...mudah2n
kontak chat n email bisa link ke phonebook, itu
kelemahan besar symbian... Aku pengguna BB, tp
soal batre...alamak,.bikin senewen... Biar hp
kedua bisa jadi aku pakai BB or android...hp utama
tetap nokia...the last standing battery..
 via TeknoUp mobile


Beri Komentar:
Silakan login untuk memposting komentar.

Review Terkait

Review Favorit Bulan Ini

"Tipis Bodi Tebal Konektivitas"
16327 view(s)   28 comment(s)
"Untuk Selfie yang Lebih Baik"
13032 view(s)   5 comment(s)
"Pertarungan Berdarah Dua Korea"
7208 view(s)   17 comment(s)
"Akan Datang"
4697 view(s)   0 comment(s)
Connection by Hypernet