Lenovo K900
"Desain Premium Bertenaga Atom"
Ditulis oleh Indra Rosalia pada 2 Jul 2013 (428 days ago)
Nilai Editor: 9.3
Komentar Editor:
Smartphone jagoan dengan fitur setara pesaing yang lebih mahal 2 tingkat di atasnya.

Tanggal 25 Juni lalu, Lenovo meluncurkan beberapa smartphone Android andalannya. Salah satunya Lenovo K900 yang merupakan flagship smartphone Android dari vendor asal China itu. Lenovo K900 menggunakan Android Jelly Bean berlayar IPS 5,5 inch Full HD 1080p dengan prosesor Intel Atom Z2580 Clover Trail+ dual-core 2GHz dan GPU PowerVR SGX 544MP2 serta RAM 2GB, storage 16GB. Sementara di sisi kamera, Lenovo IdeaPhone K900 menggunakan kamera dengan sensor dari Sony yang beresolusi 13MP dan bukaan lensa f/1.8. Smartphone unibodi dengan material stainless steel ini berketebalan 6.9 mm dan berat 162 gram, ditenagai oleh batere Li-ion berkapasitas 2500 mAh. Lenovo membanderol K900 seharga Rp. 4999.000, mulai tersedia sekitar pertengahan Juli. Bagaimana performa dari smartphone Intel Inside ini?

.

.

Paket Penjualan

  • Dus
  • Kepala charger 2.0 A
  • kabel micro USB
  • earphone model in-ear
  • Kartu Garansi

.

.

Impresi Desain dan Material

Sebetulnya dengan layar 5,5 inci, Lenovo K900 sudah pantas disebut phablet. Namun memang semakin lama tren layar smartphone semakin membesar, bahkan baru-baru ini ada Sony Xperia Z Ultra dengan lebar layar 6,44 inci. Ukuran layar K900 sama dengan LG Optimus G Pro, namun ukuran keduanya memiliki perbedaan signifikan. K900 jauh lebih ramping dari G Pro (6.9 mm vs 9.4 mm), namun lebih panjang dan lebar (157 x 78 mm vs 150.2 x 76.1 mm) sementara beratnya mencapai 162 gram, lebih ringan 10 gram dibanding G Pro.




.

Smartphone dari China ini terasa sangat premium, terutama di sudut-sudutnya dan bagian belakang. Tidak heran, karena bahan bodi belakangnya terbuat dari stainless. Ditambah lagi logo Lenovo, Intel Inside, menambah kecantikkan ponsel berprosesor Intel ini. Namun tentunya dengan desain premium yang super tipis ini ada yang dikorbankan yakni ergonomi. Seperti Motorola RAZR, lekukan ponsel ini agak mengganjal tangan ketika digenggam. Ditambah lagi bahan stainless dibelakangnya agak licin. Yang terparah mungkin masalah panas, smartphone ini terasa sangat panas di bagian belakangnya ketika memainkan game HD seperti Real Racing 3.



.

Finisihing ponsel ini sangat sempurna, setiap sudut dan petak ponsel sampai tombol-tombolnya mencerminkan kesan premium. Di bagian depan, layar 5,5 inci Full HD ditemani logo Lenovo, kamera depan dan sensor proksimitas serta cahaya, sementara di bawahnya ada tombol sensitif sentuhan untuk Menu, Home dan Back. Di sisi kiri ada tombol pengatur volume. Sisi kanan ada tombol lock/power dan slot kartu micro SIM yang menggunakan sistem tray seperti pada iPhone, sementara di bagian bawah ada port micro USB dan jack audio 3,5mm. Di bagian belakang, kamera dengan dual LED flash ada di kiri atas, sementara loudspeaker di arah sebaliknya, kanan bawah. Kover batere tidak bisa dibuka sembarangan, karena dikunci dengan 4 buah mur berbentuk bintang.


Lenovo K900 Review Gallery

.

.

Layar

Karakteristik layar IPS 5,5 inci 1080p dari Lenovo K900 sangat mirip dengan LG Optimus G Pro. Kepadatan layar mencapai 400 piksel per inci, sehingga soal ketajaman tidak perlu dipertanyakan. Kualitasnya cukup bagus, dengan karakteristik warna agak warm dan natural, terutama untuk warna putih. Warna hitam pun terlihat bagus dan sangat gelap untuk ukuran layar non-AMOLED. Sudut pandang / viewing angle tidak sempurna, namun lebih baik daripada jajaran Sony Xperia. Dari kontras dan saturasi, meskipun tidak buruk tapi masih kalah ngejreng dibandingkan Super LCD pada HTC One. Pengaturan untuk layar tidak terlalu banyak, hanya ada pengaturan tingkat kecerahan saja, di menu Setting dan juga toggle di bar notifikasi yang memudahkan Anda mengatur tingkat kecerahan. Soal kekuatan layar, Lenovo mempersenjatai K900 dengan Gorilla Glass 2.


.

.

.

.

Antar Muka

Lenovo menerapkan antarmuka Android yang mengalami rombakan cukup banyak di K900, dinamakan Lenovo Launcher (versi 2.xx). Ikon, latar belakang warna, lock screen, fitur dan sebagainya terasa amat berbeda. Dimulai dari lockscreen yang menggunakan 4 akses pintas yang disusun seperti daun semanggi, ciri khas Lenovo. 4 akses pintas itu adalah Phone, Message, Kamera dan Unlock. Tidak ada pengaturan khusus atau personalisasi untuk lockscreen kecuali penggunaan unlock gaya lain seperti Pattern, PIN, password dan Face Unlock. Anda bisa mengaktifkan fitur shake to lock, dengan fitur ini cukup menggoyangkan ponsel untuk mengunci layar.


Lenovo K900 Review Gallery

.

Seperti di Lenovo K860, tampilan ikon-ikon pada Homescreen maupun drawer aplikasi bulat. Homescreen ada 5 buah, bisa diperbanyak sampai 9 buah. Anda bisa menambahkan aplikasi, widget, akses pintas, folder dan wallpaper. Cubit homescreen ke arah dalam untuk mengatur layar utama dan menghapus halaman home tertentu. Menahan tombol kapasitif Home di bawah layar akan membawa Anda ke aplikasi Google Now. Sementara menahan tombol kapasitif Menu akan membawa Anda ke Task Switcher.


Lenovo K900 Review Gallery


.
Pengaturan-pengaturan yang ada cukup variatif dan sangat lengkap kustomisasi yang bisa Anda gunakan, antara lain:

  • Theme: sayangnya hanya tersedia satu saja di unit yang kami review.
  • Effect: pengaturan efek transisi layar , animasi yang digunakan dan sebagainya.
  • Icon setting: pengaturan ikon app, baik jenis dan ukuran teks, ukuran ikon, dan tipe ikon yang digunakan. Ada tipe bulat, glossy dan sebagainya.


Lenovo K900 Review Gallery

.
Bar notifikasi memiliki berbagai pengaturan cepat (quick toggle) untuk Wifi, Bluetooth, Data, Airplane Mode dan Vibration. Selain itu bisa diperluas menjadi total 12 quick toggle. Menu utama tersusun menjadi beberapa halaman. Setiap halaman memiliki 4x5 ikon apps yang bisa disusun berdasarkan alfabet, waktu instal, dan tersering digunakan. Efek-efek transisi antar halaman bisa diganti-ganti, dari efek silinder, gelombang dan sebagainya.




.
Secara keseluruhan performa Lenovo K900 cukup cepat, namun terkadang transisi Home dan transisi lainnya agak tersendat (lag) meski tidak sering dan tidak mengganggu. Antarmukanya mungkin relatif kurang cantik, namun bisa dikustomisasi baik efek transisi maupun ikon-ikonnya.
.
.

.

.

Input Teks

Untuk metode saat input teks ada 3 jenis yakni Android keyboard, Google PinYin IME dan Google Voice typing. Fitur-fiturnya standar saja seperti auto-capitalization, vibrate dan suara untuk feedback, auto-koreksi dan sebagainya. Digunakan mengetik 2 tangan cukup mudah, namun dengan standar ukuran phablet berlayar 5,5 inci, untuk mengetik 1 tangan lain soal, agak sulit, apalagi bagian belakang ponsel agak licin.



.

.

Kontak dan Messaging

Menu Kontak sudah tidak standar Android seperti K860. Terdapat grup dan favorit untuk kemudahan pengelompokkan teman-teman Anda. Seperti perangkat Android lainnya contact dapat anda sinkronisasikan dengan akun GMail, Facebook, Twitter. Untuk kontak baru, beberapa field tambahan yang bisa dipilih adalah ringtone, IM, Email, Postal, Organization, Notes, Nickname, Website dan Internet Call. Ada fitur tambahan yakni Info Center, fitur ini memudahkan Anda mengatur kontak, speed dial, melakukan backup dan restore serta melakukan pengaturan SMS.


Lenovo K900 Review Gallery

.

Messaging tentu saja sudah memenuhi standar ponsel masa kini yakni kemampuan SMS, Email dan Instant Messaging. Untuk SMS mudah digunakan seperti juga ponsel Android lainnya, SMS tertampil dalam threaded mode layaknya chatting. Ada pengaturan quick text, notifikasi dan Reading Style, Anda bisa menggant wallpaper pada Thread SMS. Sementara email Anda bisa menggunakan Gmail yang memiliki banyak fitur serupa dengan versi desktop. Tentunya Anda juga bisa menggunakan email client lainnya, menggunakan aplikasi email. Sementara untuk Instant Messaging yang tersedia adalah Google+ Messenger, FB Messenger, Skype, serta tentunya bisa ditambahkan alternatif dari Google PlayStore seperti Line, WhatsApp, YM dan sebagainya.

Lenovo K900 Review Gallery

.

.

Kamera dan perekaman video

Seakan menegaskan kualitasnya, aplikasi kamera di K900 digelari Super Camera. Fitur-fitur kamera 13 megapiksel-nya memang sangat lengkap sampai-sampai pengaturannya terbagi 3, Basic, Advance dan Other:

  • Basic: switch kamera depan-belakang, flash, resolusi, Scene (Normal, night, portrait dsb), Effect adjust (pengaturan tingkat kecerahan, eksposur, kontras, saturasi dan ketajaman), kualitas foto, serta Guidelines (garis-garis untuk membantu mengatur komposisi).
  • Advance: pengaturan ISO, White balance, Stroscopic (auto, 50Hz, 60Hz) dan pengaktifan touch control shot.
  • Other Setting: lokasi GPS, bunyi kamera, animasi kamera dan mode fokus foto (auto atau continous).


Lenovo K900 Review Gallery

.

Selain pengaturan, ada banyak efek-efek tersedia di kamera K900. Efek-efek ini berfungsi secara live time, namun tentunya untuk beberapa efek, resolusi kamera dikurangi. Efek-efek ini tidak hanya banyak, namun juga masing-masing memiliki pengaturan tersendiri.

  • Lens Effect: Tilt shift, Blur, Kaleidoskop, Mirror, Backlight dan fisheye
  • Magic Effect: Glass, Thermal, Pencil, Starburst, Wave, comic
  • Color effect: LOMO, Rural Poster, popart, dsb.

Lenovo K900 Review Gallery

.

Pengaturan dan antar muka aplikasi Super Camera ini memang agak ribet, sampai-sampai ada yang bisa terlewat, seperti yang ada di ikon panah ke bawah, di sisi kanan atas layar. Ada Burst, Panorama, Night Portrait, HDR, dan Low light. Serta Extension yakni Eraser (menghapus objek bergerak), Group (memilih ekspresi terbaik tiap orang dalam foto kelompok), GIF (resolusi QVGA sampai 800x600, framerate berkisar antara 9-18 fps tergantung resolusi foto) dan Magic Gif (disini Anda bisa pilih area tertentu saja yang bergerak).

Lenovo K900 Review Gallery

.

.

Hasil kamera di luar ruangan bagus dan natural, namun untuk dalam ruangan noise yang ditimbulkan lumayan mengganggu. Kelemahan lainnya adalah fokus pada mode makro yang agak sulit dilakukan, padahal objeknya tidak terlalu dekat dengan lensa. Lampu flashnya cukup terang dan membantu dalam kondisi gelap. Untuk lebih jelasnya silakan lihat gambar di bawah, klik untuk perbesar. Jika Anda ingin mengunduh hasil foto dalam ukuran asli, klik link ini.

 photo 2013701200155_zps87a674b8.jpg

 photo 2013701200146_zpsde3987c8.jpg

 photo 2013701195901_zps29499204.jpg

 photo 2013627130012_zps7ad56008.jpg

 photo 2013701171452_zps06730ad8.jpg

 photo 2013701171515_zps9370f2bf.jpg

 photo 2013701171319_zps31a5a4e2.jpg

.

.

Pengaturannya tentu tidak sebanyak kamera, efek-efek yang ada juga tidak neko-neko yakni: flash, white balance, kualitas video storage, video stabilizer (EIS), dan Horizontal Line (untuk membantu Anda menegakkan posisi ponsel saat merekam video). Hasil perekaman video hadir dalam format 3gp, bitratenya pun kecil, hanya 12000 kbps, 24 frame per detik. Imbasnya, ukuran file memang tidak besar, 1 menit perekaman 1080p hanya 90MB, namun gambarnya tidak terlalu tajam. Sementara fitur video stabilizer cukup membantu mengatasi goyangan tangan Anda. Lebih lengkapnya simak video di bawah ini:

Lenovo K900 Review Gallery


.

.

.

.

Super Gallery

Galeri foto juga digelari Super Gallery. Tampilannya seperti terinspirasi dari Live Tile pada Windows Phone, dengan huruf-huruf berukuran besar untuk pengelompokkan foto berdasarkan waktu pengambilan gambar. Selain itu, pengelompokkan juga bisa berdasarkan Folder, dan portrait (dengan memanfaatkan face recognition) dan orientasi landscape. Ada fitur-fitur seperti filtering foto tertentu (berdasarkan ukuran resolusi foto), dan juga fitur-fitur yang ada di kamera seperti Puzzle (membuat foto kolase), GIF dan Super GIF. Foto bisa diunggah ke Google+ dan jejaring sosial lainnya, serta dikirim melalui Bluetooth, email dan lainnya. Fitur lainnya ialah slideshow, rotate, crop, dan edit sederhana dimana Anda bisa menambahkan efek seperti lomo, dual tone, efek Beauty dan sebagainya.


Lenovo K900 Review Gallery

.

.

Pemutar Video

Setelah sebelumnya agak mengecewakan di Lenovo K860, di mana format avi tidak terputar, sedangkan .mkv beresolusi 1080p tersendat-sendat, Lenovo menebusnya di K900. Video 1080p berbagai macam format seperti: .mp4, .avi, .mkv dan .wmv bisa diputar dengan lancar. Video yang tidak terputar adalah format iTunes (.mov) , dan format 60fps. Namun masih ada kelemahannya, pengaturannya sangat minim. Subtitle misalnya, tidak bisa ditampilkan. Hanya ada fitur pengaturan tingkat kecerahan layar serta fitur screen capture. Jadi untuk pecinta film yang hobi nonton di smartphone, sangat disarankan menginstal aplikasi pihak ketiga seperti MX Player, Mobo Player.

Lenovo K900 Review Gallery

.

.

Pemutar Musik

Meskipun aplikasi Galeri foto dan pemutar video sudah terkostumisasi oleh Lenovo, namun aplikasi pemutar musik masih bawaan Google yakni Google Play Music, seperti pada Lenovo K860. Ada beberapa kategori tersedia seperti Recent, Artists, Albums, Songs, Playlist, dan Genres. Anda bisa like dan dislike lagu-lagu yang ada ponsel ini. Tentu saja Anda juga bisa bikin Playlist sendiri. Ada beberapa efek suara yang bisa Anda pilih seperti ekualiser (flat, folk, rock, pop dan lain-lain) dan buatan Anda sendiri. Saat mengenakan headset Anda dapat mengatur efek ''Bass Boost'' dan efek 3D. Keluaran suara via headset cukup powerful, dengan bass yang lumayan nendang, namun outputnya lebih bagus ke arah treble. Keluaran suara via loudspeaker lumayan kencang, namun kualitasnya agak cempreng. Ada radio FM, namun seperti biasa memerlukan headset untuk dijadikan antena bantuan.

Lenovo K900 Review Gallery


.

.

.

.

Konektivitas

  • triband GSM, HSDPA 2100
  • Wi-Fi 802.11 b/g/n, DLNA, kemampuan Wi-Fi hotspot/tethering
  • Bluetooth dengan A2DP
  • port Micro SD sampai 32GB
  • port MicroUSB
  • GPS dengan dukungan A-GPS dan bantuan kompas elektrik (sebelumnya kompas tidak ada di K860)

.

.

Web Browser

Ada dua app penjelajah web di K900 yakni browser bawaan dan Google Chrome. Browser bawaan bisa membuka sampai 16 buah secara bersamaan. Dalam membuka situs full dengan banyak konten seperti TeknoUp kinerjanya cukup cepat dan smooth baik ketika scrolling, pinch and zoom dan lain-lainnya. Fitur-fitur yang ada di dalamnya antara lain bookmark, find word, search, pengaturan tingkat kecerahan, share page, ping tool dan fitur-fitur pengaturan cache, cookie, password dan sebagainya. Ada pengaturan agar layar selalu menyala saat membuka browser.

SunSpider: 926.4ms

HTML5.com: 313 poin (3 bonus poin)

Lenovo K900 Review Gallery

.

.

Benchmark

AnTuTu: 27622 poin


.

Quadrant Standard: 5975 poin


.

Nenamark 2: 60.1 fps


.

Multitouch Tester: maksimal 10 sentuhan


.

.

Daya Tahan Batere

  • Real Racing 3: bertahan 2 jam 7 menit
  • Browsing: bertahan 3 jam 50 menit
  • Memutar video HD 1080p: bertahan 4 jam 44 menit
  • Screenshot untuk keperluan review (hampir seluruh fitur dicoba): dalam waktu 40 menit berkurang 17%, kira-kira batere habis dalam waktu 3 jam 55 menit

.
Lenovo Power

Fitur ini memungkinkan Anda mengatur manajemen daya di Lenovo K900. Ada 4 pengaturan umum yakni:

  • Power: melihat estimasi waktu tersisa dari batere ponsel Anda
  • Usage: melihat penggunaan baterai baik dari software maupun hardware (layar, radio / jaringan telpon, WLAN dan CPU)
  • Charging: Melihat mode charging yang sedang dilakukan
  • Mode: mengatur beberapa mode penggunaan batere, seperti Alarm Mode, Call Mode, Online Mode dan Custom Mode.

Lenovo K900 Review Gallery

.

.

Kesimpulan

Seperti biasa, Lenovo menawarkan smartphone dengan harga yang cukup miring dibanding pesaingnya dengan spek yang kurang lebih setara. Seperti K860, ponsel ini bisa menjadi kuda hitam dibanding ponsel berlayar 1080p lainnya, seperti SGS 4, LG Optimus G Pro, HTC One dan Sony Xperia Z. Pesaing dengan harga dan spek yang cukup seimbang adalah dari pabrikan China lainnya, yakni OPPO Find 5, namun harganya lebih mahal 500 ribu, di samping itu nama Lenovo boleh dibilang lebih menjual. Performa K900 sendiri memang relatif di bawah smartphone top lainnya, meskipun tidak beda jauh. Untuk desain sendiri, Lenovo K900 sebagai penantang termurah di kategori 1080p saat ini terlihat sangat premium, namun meskipun material yang digunakan keren, adalah kelemahan terbesar smartphone dengan kover stainless steel ini, yakni sangat panas ketika jeroan ponsel harus bekerja berat. Daya tahan baterenya pun relatif kurang bagus, mengingat ukurannya sebenarnya lumayan besar, 2500mAh.

.

Kelebihan

  • Layar IPS full HD 5,5 inci
  • Antar muka memiliki banyak kustomisasi
  • Kamera memiliki bejibun fitur
  • Harga sangat kompetitif
  • Tampilan luar sangat premium

.

Kekurangan

  • Bodi belakang sangat panas ketika ponsel bekerja berat
  • Sudut-sudut kaku pada ponsel membuat genggaman tangan kurang nyaman
  • Storage tersisa hanya sekitar 10GB, tidak ada slot micro SD
  • Daya tahan batere kurang bagus



1. bar22 (bar22)
tolong dong admin teknoup tolong review lenovo
p770 .
itu kan ponsel cukup diburuh di
pasaran karna baterainya 3500mAh
 via TeknoUp Android Application
2. noval (_corner)
Please teknouuuup review Lenovo S820 sama Lenovo
P780 jugaaaa dua seri Smartphone itu saya rasa
menarik untuk dibahas mengingat prosesornya sudah
quadcore tp harganya cuma 3 jutaan dan sudah resmi
masuk Indoo!
3. noval (_corner)
Please teknouuuup review Lenovo S820 sama Lenovo
P780 jugaaaa dua seri Smartphone itu saya rasa
menarik untuk dibahas mengingat prosesornya sudah
quadcore tp harganya cuma 3 jutaan dan sudah resmi
masuk Indoo!
4. SteveReviewer (SteveReviewer)
Kalo main HD games kaya real racing 3, modern
combat 4, dan lain lain nge lag gk?
5. Adisaputra (adisptr93)
yang masuk Indonesia ga ada slot Micro SD nya sih
sayang banget , padahal ada beberapa negara yang
dapet slot micro SD sungguh disayangkan untuk
rencana mau upgrade PC jadi beli leno k900 nya
dibatalkan
6. rolanda (V_citra)
padahal bagus tp sayanggg bgt ga ada sd card
.....

panassnya jg over ...
 via TeknoUp Android Application
7. black-droid (black-droid)
Suatu kesalahan tidak dilengkapi micro SD/> Semoga jadi pelajaran buat lenovo :)
 via TeknoUp mobile
8. Arif Wahyudi (arifwah)
Desain premium dan elegan, Tp sayang gak ada
microSD slot, batere kecil, UInya kurang OK
(dibandingkan HTC dan Sony), dan fitur gak sekeren
Samsung (Smart Stay, Smart Scroll, Air View, Air
Gestures) :-(
 via TeknoUp Android Application
9. richard (rept)
kan bener ga ada slot micro sd nya.. tidak bagi gw
:)
10. meklamek (meklamek99)
hebat juga test mainin real racing 3 2 jam hehehe
pasti back covernya panas banget tuh nonstop. wah
gaada microsd nya ya :o sayang banget padahal
bodiudah bongsor loh...
 via TeknoUp Android Application


Beri Komentar:
Silakan login untuk memposting komentar.

Review Terkait

Review Favorit Bulan Ini

"Tipis Bodi Tebal Konektivitas"
18104 view(s)   31 comment(s)
"Untuk Selfie yang Lebih Baik"
13832 view(s)   6 comment(s)
"Pertarungan Berdarah Dua Korea"
9928 view(s)   22 comment(s)
"Tablet Murah All-Around"
8988 view(s)   2 comment(s)
Connection by Hypernet