Nokia Lumia 620
"Capable yet Affordable Windows Phone 8"
Ditulis oleh Edwin pada 15 Apr 2013 (558 days ago)
Nilai Editor: 9.1
Komentar Editor:
Lumia 620 merupakan ponsel Windows Phone 8 terjangkau dari Nokia saat ini. Ponsel ini sangat pas menjadi pilihan pengguna yang ingin mencoba handset dengan OS WP dengan performa dan spesifikasi mumpuni

Inilah Nokia Lumia dengan Windows Phone 8 terjangkau saat ini yaitu Lumia 620. Ponsel kelas menegah ini memiliki pilihan warna dan desain yang menarik serta spesifikasi yang tidak bisa diremehkan. Nokia memang mengatakan akan memasarkan handset Windows Phone 8 ke segala tingkatan pasar. Terbukti dengan dimulainya kelas menegah melalui ponsel ini, setelah kelas atas dengan Lumia 820 dan 920. Dibanderol dengan harga 2,6 jutaan apakah sesuai dengan performa yang dimilikinya? Baca review kami dibawah ini.

Spesifikasi Utama

  • Quadband GSM 850 / 900 / 1800 / 1900
  • Quadband HSDPA 850 / 900 / 1900 / 2100
  • Layar sentuh kapasitif TFT 16 juta warna 3.8-inci (480x800 piksel) ClearBlack display
  • Memori internal 8 GB, RAM 512 MB
  • Kamera Belakang 5 MP (2592x1936 piksel) autofokus, LED flash
  • Kamera Depan VGA
  • Windows Phone 8
  • CPU Dual-core 1 GHz Krait Qualcomm Snapdragon S4
  • GPU Adreno 305
  • Baterai Lithium-Ion 1300 mAh

Paket Penjualan

  • Handset Lumia 620
  • Kepala charger
  • Kabel data
  • Headset
  • Manual
  • Kartu garansi


Desain dan Bodi
Sesuai dengan ciri khas Windows Phone yang muda dan penuh warna, begitu juga dengan desain dan pilihan warna Lumia 620. Nokia menyediakan 5 pilihan warna seperti hijau, putih, pink, hitam seperti test unit kami, dan oranye. Dari desain juga sebenarnya cover belakang ini bisa diganti-ganti, sayangnya dalam paket penjualan tidak disertakan cover ekstra. Lumia 620 berdimensi 115.4 x 61.1 x 11 mm dengan bobot 127 gram, membuatnya mudah dibawa karena ukurannya yang compact (sama dengan iPhone 4) dan nyaman juga dalam genggaman, karena selain tidak berat bagian belakang ponsel juga melengkung sudut-sudutnya. Lumia 620 menggunakan material plastik untuk seluruh bodi. Bagian cover belakang memiliki tekstur yang berbeda tergantung warna. Seperti warna hitam memiliki tekstur doff dan kesat sehingga mantap ketika digenggam, berbeda dengan misal warna hijau yang glossy sehingga selain mudah baret, licin juga ketika digenggam.



Bagian muka terisi dengan kamera sekunder, sensor cahaya dan proximity, earpiece, layar 3.8-inci, tiga buah tombol fungsi WP8 (back, home, search). Bagian belakang terisi dengan kamera utama, flash, dan speaker berbentuk lingkaran. Untuk kartu microSIM dan kartu microSD berada di dalam cover belakang.







Sisi kiri ponsel terisi dengan tombol volume, lock/power, dan tombol kamera, sedangkan sisi kanan polos tidak terdapat apa-apa. Sisi atas terdapat port headset 3.5mm dan mic, sedangkan sisi bawah terdapat port microUSB dan mic kedua.




Seperti yang sudah disebutkan Lumia 620 memilki layar beresolusi WVGA (480x800 piksel) berukuran 3.8-inci dengan kerapatan 246 ppi. Bisa ditebak, tampilan layar terlihat bagus, tajam, warna menonjol, terlebih Nokia membenamkan teknologi ClearBlack yang membuat warna hitam menjadi pekat. Untuk tampilan dibawah sinar matahari layar Lumia 620 juga mumpuni terlebih terdapat pilihan pengaturan khusus layar untuk dibawah sinar matahari di setting.

Antamuka
Tidak seperti Android dimana manufaktur dapat mengkustomisasi tampilan antarmuka secara bebas, Windows Phone dibuat seragam oleh Microsoft disemua manufaktur. Oleh sebab itu Lumia 620 ini memiliki tampilan serupa seperti handset Windows Phone 8 lain. Dari lockscreen akan ditampilkan informasi waktu, baterai, sinyal, dan notifikasi, tanpa adanya jalan pintas ke menu tertentu. Dari lockscreen anda bisa langsung masuk ke menu kamera hanya dengan menahan tombol terdedikasi.


Menggeser lockscreen keatas akan memunculkan halaman utama khas WP yaitu live tiles yang dapat diatur ukuran, warna, dan posisinya. Geser ke kanan anda akan dibawa ke daftar semua aplikasi yang terinstall di ponsel, dimana disusun secara alfabetis dan tidak dapat diubah posisinya. Jika anda sudah banyak menginstall aplikasi, pastinya daftar aplikasi di halaman ini akan semakin panjang kebawah. Untuk mempermudah disediakan fitur search berupa tombol bergambar kaca pembesar di bagian kiri atas.


Menahan tombol back akan memunculkan task manager. Repotnya di WP jika ingin menutup aplikasi di background anda harus membukanya terlebih dahulu aplikasi tersebut baru anda dapat menutup dengan menekan tombol back. Menahan tombol home akan meluncurkan fitur perintah suara yang dapat digunakan di beberapa fungsi seperti membuat panggilan, mencari sesuatu, mengirim SMS, dan lainnya. Fitur yang satu ini memang masih jauh dibawah Siri atau Google Now, tapi setidaknya sudah dapat melakukan perintah dasar.




Nokia Lumia 620 Review Gallery

People dan Messaging
Kelebihan WP salah satunya integrasi yang baik dengan berbagai layanan jejaring sosial dan perpesanan. Hal itu terbukti di menu People, dimana disini anda dapat menemukan daftar contact secara lengkap, dan aktivitas dari contact-contact tersebut di berbagai jejaring sosial yang mereka gunakan. Bahkan dari sini anda bisa melihat album-album foto dari Facebook contact tersebut contohnya. Selain itu anda juga dapat memantau timeline Twitter atau newsfeed Facebook disini.




Messaging juga menggabungkan pesan SMS dan instan ke dalam satu menu. Untuk tab SMS akan ditampilkan thread percakapan yang sudah atau sedang anda lakukan. Saat membuat pesan baru tampilannya sederhana dan intuitif. Ketika anda melampirkan konten multimedia otomatis format pesan akan berubah menjadi MMS. Malas mengetik? Tenang disini terdapat fitur diktasi sehingga hanya suara yang dibutuhkan untuk menuis isi pesan. Tab pesan instan akan menggabungkan daftar contact di layanan perpesanan instan yang sudah anda masukkan. Sehingga sangat praktis bagi anda yang tidak mau harus keluar masuk aplikasi untuk mengirim pesan ke berbagai layanan berbeda.




Kamera
Kamera beresolusi 5MP (2592x1936 piksel) menjadi kamera utama di Lumia 620. Kamera ini dilengkapi kemampuan autofokus dan bantuan LED flash. Untuk kamera sekunder Lumia 620 hanya dibekali kamera beresolusi VGA saja. Seperti handset WP lain, tidak banyak pengaturan yang diberikan ke antarmuka kamera. Terlihat hanya terdapat pilihan switch antara kamera depan/belakang, flash, lensa, serta pengaturan scene, ISO, exposure, white balance, aspect ratio, dan focus assist light. Tidak terdapat pengaturan resolusi sehingga anda harus menggunakan resolusi penuh yaitu 5MP.



Salah satu kelebihan handset WP Nokia adalah Nokia menambahkan beberapa lensa khusus yang unik dan menarik ke menu kamera seperti Cinemagraph (hasil foto akan memiliki objek-objek bergerak), Panorama, dan Smartshot (mengatur salah satu dari beberapa muka objek di foto agar menjadi sempurna).


Hasil dari kamera untuk pengambilan gambar dalam ruangan terlihat baik warna cenderung tetap natural, detail dengan kemampuan mengambil foto dengan kondisi rendah cahaya, meskipun terdapat noise. Untuk membantu anda dapat menggunakan LED flash.



Untuk luar ruangan juga baik hasil terlihat cukup tajam, warna yang natural tidak pucat. Hasil macro juga bagus, tingkat kedetilan tinggi.



Nokia Lumia 620 Review Gallery

Perekaman Video
Antarmuka perekaman video juga terlihat simpel, terlihat hanya terdapat switch ke kamera depan/belakang, penggunaan LED flash, lensa, serta pengaturan white balance, continuous focus, dan video mode (720/WVGA). Hasil perekaman akan disimpan dalam format MP4.




Multimedia
Untuk konten foto terdapat menu tersendiri yaitu Photos. Menu ini berisi empat buah halaman utama yaitu folder, favorites, what s new (foto-foto terbaru dari layanan yang terintegrasi), dan apps. Layaknya Photo Stream di iOS, di WP anda juga dapat mengambil gambar dan otomatis mengunggahnya ke layanan Sky Drive. Ada juga menu edit untuk melakukan perombakan dasar seperti rotate, crop, dan fix.




Konten musik baik yang ada di memori internal maupun eksternal akan muncul di menu Music + Video. Koleksi musik yang adaakan dibagi kedalam beberapa tab seperti artist, albums, songs, playlists, dan genres. Tampilan pemutar musik minimalis, dengan tombol kontrol standar. Sayangnya anda tidak dapat melakukan drag di slide waktu durasi sehingga jika ingin mendengarkan bagian tengah lagu anda harus sabar menahan tombol next hingga sesuai ke durasi yang diinginkan. Di menu ini anda tidak akan menemukan pengaturan keluaran suara, melainkan di setting. Nokia menyediakan fitur Dolby Mobile dan pengaturan equalizer baik manual atau preset untuk menyesuaikan karakter keluaran suara kesukaan pengguna dengan menggunakan headset. Hasilnya pun terdengar bagus meskipun tidak ada karakter yang menonjol tapi keluaran suara terdengar seimbang/pas. Untuk via speaker ponsel, keluaran suara terdengar kencang dan lantang.





Antarmuka video memang sederhana sekali, kami hanya menemukan tombol aspek rasio selain tombol standar previous, play/pause, next. Berbeda dengan pemutar musik, di pemutar video anda dapat melakukan drag slider durasi untuk pindah ke bagian tertentu secara cepat. Tercatat format video MP4, M4V, AVI, WMV, dan MOV dapat diputar bahkan hingga resolusi FullHD 1080p.



Browser
Terdapat browser Internet Explorer dalam kondisi default. Dengan browser ini anda dapat melakukan multitab hingga 6 tab sekaligus. Saat kami mencoba buka membuka situs TeknoUp halaman dapat dibuka dengan cepat, dapat terload dengan baik. Sayangnya browser ini tidak mendukung konten flash sehingga anda tidak dapat memutar konten video di situs YouTube versi desktop di halaman web langsung, karena otomatis anda akan dibawa ke pemutar video. Resolusi layar terhitung cukup baik untuk menampilkan teks di situs versi desktop, masih dapat terbaca dalam posisi zoom out.




Untuk skor tes HTML 5, Internet Explorer di Lumia 620 mendapat skor 320 dengan 6 poin bonus. Sedangkan untuk Sunspider mendapat skor 1446.9m/s.



Konektivitas
Lumia 620 berjalan di jaringan quadband GSM 850 / 900 / 1800 / 1900 dan quadband HSDPA 850 / 900 / 1900 / 2100. Konektivitas lokal terdapat WiFi 802. 11 a/b/g/n dualband, Bluetooth v3.0, NFC, A-GPS GLONASS, microUSB v2.0. Lumia 620 mengambil salah satu kelebihan WP8 yaitu dukungan akan kartu memori microSD hingga 64GB.

Benchmarking

AnTuTu Benchmark: 7041 poin


Baterai
Mungkin poin inilah yang membuat calon pembeli ragu memiliki ponsel ini. Lumia 620 hanya dibekali baterai berjenis Lithium Ion berkapasitas 1300 mAh saja. Seperti yang diketahui smartphone sekarang ini dikenal haus akan daya baterai terlebih dengan desain layar full touch resolusi cukup tinggi, prosesor dual-core, dan akses internet yang aktif di Lumia 620. Jadi meskipun di klaim dapat stand-by hingga 330 jam dan talk time hingga 9 jam, prakteknya tidak selama itu. Dengan penggunaan normal dan paket internet aktif kami dapat mengatakan baterai di Lumia 620 mampu bertahan seharian +-8 jam saja. Untungnya Lumia 620 tidak menggunakan desain unibodi dan baterai dapat dicopot jadi anda bisa mengakalinya dengan menggunakan baterai cadangan. Satu lagi, Lumia 620 tidak mendukung fitur wireless charging seperti Lumia 820 dan 920.

Kesimpulan
Lumia 620 merupakan handset dengan OS WP 8 paling terjangkau saat ini, meskipun tidak lama lagi karena Nokia sudah mengumumkan Lumia 520 yang ditawarkan dengan harga lebih terjangkau. Tidak hanya paling terjangkau saat ini, Lumia 620 juga memiliki performa dan spesifikasi yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Handset ini memiliki performa yang seimbang di semua bidang, jadi sangat pas untuk pengguna yang ingin mencoba smartphone OS WP 8 dengan performa baik tanpa memperdulikan fitur unggulan.

HTC 8S mungkin saingan terdekat Lumia 620. Kedua ponsel ini memiliki spesifikasi yang serupa seperti kamera, prosesor, resolusi layar. Dalam beberapa poin Nokia Lumia 620 memiliki keunggulan, seperti memori internal 8GB dibanding 8S hanya 4GB, NFC, dan kamera sekunder. Sayangnya Lumia 620 kalah telak di bidang kapasitas baterai, karena HTC 8S dibekali baterai berkapasitas 1700 mAh sedangkan Lumia 620 hanya 1300 mAh.

Kelebihan

  • Spesifikasi mumpuni dengan harga tidak tinggi
  • Layar berkualitas
  • Cover belakang dapat dengan mudah diganti

Kekurangan

  • Baterai minim



1. Arjuna Chandra (jacksonchandra)
Untuk pengamathp yang lebay : kamu tahu sendiri
ya. Kalau mungkin kamu bilang kalau blackberry itu
bagus, salah besar ! Orang di luar negeri terutama
negeri Korea nggan menggunakan blackberry. Coba
kamu ke sana terus pamer dan dukung blackberry.
Pasti kamu malu di sana karena diketawain.
Wkwkwkwkwk... Salah besar jika kamu mengatakan
kamu malu bawa android,ios, dan wp. Sebaliknya !!!
Malahan kalau bawa ios kelihatan lebih canggih
daripada blankberry abal-abal !
2. Arjuna Chandra (jacksonchandra)
Untuk pengamathp yang lebay : kamu tahu sendiri
ya. Kalau mungkin kamu bilang kalau blackberry itu
bagus, salah besar ! Orang di luar negeri terutama
negeri Korea nggan menggunakan blackberry. Coba
kamu ke sana terus pamer dan dukung blackberry.
Pasti kamu malu di sana karena diketawain.
Wkwkwkwkwk... Salah besar jika kamu mengatakan
kamu malu bawa android,ios, dan wp. Sebaliknya !!!
Malahan kalau bawa ios kelihatan lebih canggih
daripada blankberry abal-abal !
3. om sky (02X)
<HTML xmlns:xt="http://www.xtgem.com/xt"
xmlns:xta="http://www.xtgem.com/xta"><FONT
COLOR="#FF0000">Entertextintheboxtoturnitintorainb
ows.</HTML>
 via TeknoUp mobile
4. Aji Saputra Raka ... (Ajisaputrars)
Gan numpang sharing blog ane, yang pengen
referensi lebih banyak mengenai Lumia 620 bisa
mampir ke blog ane yaa.../> http://ajisaputrars.blogspot.com/2013/03/review
-nokia-lumia-620.html
5. arend (arendmogadi)
Sbg user andro. Lumia gw akuin bikin ngeri.
Potential new leader.
 via TeknoUp mobile
6. sinaga (dou_mbojo)
kok jadi ajang tawuran ? klo kalian produsen hp
boleh lah bacot sana bacot sini.. ini juga status
masih sebagai konsumen malah ngehina2 produk
laen... emang udah pada bisa buat handphone
sendiri apa? go to hell para haters.
7. Miralem Pjanic (pjanic15)
review lumia 520 dunk min...
 via TeknoUp mobile
8. windowsfreak (windowsfreak)
gue ga tau musti koprol apa ketawa liat komennya
@Android S. masalah UI kan udah dibilang sama
Microsoft, itu udah jadi identitas nya windows 8
desktop dan windows phone ( gini nih orang sotoy
yg ga tau namanya "Live Tile") gue kasih tau yah
Live Tile itu ikon hidup yg diberi animasi berisi
informasi yg selalu diupdate setiap saat apabila
terjadi pembaruan. kan ga lucu tuh kalo Live tile
bentuk segi tiga atau jajar genjang, kalo lo
pernah sekolah pasti tau deh bentuk buku atau
Koran gitu kan.

masalah ringtone
hanya terjadi di WP 7.5 setelah diupdate ke 7.8
ada Ringtone maker.

app terbatas
..???? yaiyalah karena Microsoft mementingkan
kelayakan app untuk user, ga bisa sembarangan UI
nya aja mesti beda. kan ga mau kalo ada konten
porno atau malware. dan ini OS yang Muda dan masih
tumbuh dan berkembang.

Minim fitur?
masa sih...? fitur apa aja yg minim..?
/> tru multitasking..? aduh2 kalo ga punya wp ga
usah sotoy deh. pasti ini quote dr fanpage sendiri
deh.

ga bias kirim video..? are you
sure...? sekali lagi jangan sotoy kalo belum
punya.

Notif center..? buakakakakak
kalo gue sih males bgt tiap ada sms atau email ga
penting tau2 nongol dpn layar, ntah dr operator
atau apa, DISINI LIVE TILE YG BEKERJA YA, LIve
Tile sbg pengganti notif center.

Bug
di aplikasi ? ah kalo dibandingin ama Androshit
kan skala 1:10, kecil banget kemungkinan ada bug
di WP.


Other file..? lho
bukannya ini udah biasa ya di Symbian juga ada
deh, tinggal option delete ga usah pake nangis
mewek2.

wallpaper ? ya emang
wallpaper cuman di lock screen doang, problem.?
jangan bilang lo selera nya kampungan deh keramean
ama wallpaper.

Komunitas..? sekali
lagi jangan sotoy ya, sebagian besar komunitas
Nokia ataupun WP banyak lho.
/> folder..? gue Tanya fungsinya folder buat
apasih..? cuman mengkategorikan file2 aja kan,
kalo dengan Live Tile udah rapih ngapain pake
folder, hayoooo pasti mau ngumpetin film dehhhh,
ahahahahaha

kalau masalah region gue
setuju sama @Android S,

layar Freez,
random reboot? seumur hidup wp gue belum pernah
ngalamin tuh, yg lo bhs android apa wp nih kalo
freez..?

Kalo masalah yg lain2 itu
karena Windows Phone OS yg masih muda ( tolong
bedakan dengan beta / uji coba ), sudah sampai
hari ini aja merupakan pertumbuhan wp yg baik. :)
9. agung lsmana (agung_lsmana)
hidup lumia hidup nokia yes ............. utk
lumia
 via TeknoUp Android Application
10. Hilmiputrapradana (philmip)
Ada yang tau dimana yg jualan case lumia 620
 via TeknoUp mobile


Beri Komentar:
Silakan login untuk memposting komentar.

Review Terkait

Review Favorit Bulan Ini

"Spesifikasi Menengah dengan Harga Bawah"
25206 view(s)   23 comment(s)
"Selfie to the Max"
22410 view(s)   30 comment(s)
"Melunak dalam Keangkuhan"
11269 view(s)   22 comment(s)
"Dual Flash Dual Kamera"
9550 view(s)   2 comment(s)
"Hardcase Premium Minimalis Berkualitas Tinggi"
1386 view(s)   0 comment(s)
Connection by Hypernet