Samsung Galaxy Note 8.0 GT-N5100
"Tablet Profesional Ukuran Menengah"
Ditulis oleh Indra Rosalia pada 1 Apr 2013 (484 days ago)
Nilai Editor: 9.1
Komentar Editor:
Penantang terkuat Apple iPad Mini

Setelah sekian lama berkutat di tablet 10 inci, Apple akhirnya ikut-ikutan vendor Android dengan membuat tablet kecil iPad Mini, dengan layar 7.9 inci. Sebagai pesaing terbesarnya serta sebagai salah satu pelopor tablet ukuran 7 inci, tentu Samsung tidak mau kalah. Mereka memperkuat jajaran tablet kecilnya dengan merilis Galaxy Note 8.0. Seperti namanya, tablet ini dibekali layar 8 inci dengan resolusi 1280x800 piksel (kerapatan 189 ppi) dengan OS Android 4.1 Jelly Bean, processor Exynos 4 Quad ARM Cortex-A9 berkecepatan 1.6 GHz dengan GPU Mali400, dukungan RAM sebesar 2GB dan memori internal 16/32GB dengan slot kartu microSD. Serta tidak ketinggalan sebuah ciri khas dari seri Note, yakni stylus S-Pen dan kemampuan untuk menggambar atau menulis seperti layaknya di kertas. Perkiraannya, tablet ini akan diluncurkan pertengahan April mendatang dengan harga sekitar Rp. 5,5 juta untuk versi 3G. Tunggu review selengkapnya hanya di TeknoUp.com.
.
Desain dan Bodi
Untuk desain, Note 8 inci ini mengambil pakem yang berbeda dari kakaknya, Note 10.1. Jika Note 10.1 cenderung lebih serius dengan bodi kotak, maka Note 8.0 mengambil desain melengkung-lengkung ala Samsung Galaxy SIII. Malahan, pada dasarnya tablet 8 inci ini merupakan sebuah Samsung Galaxy SIII raksasa. Tapi bedanya, frame samping ketika tablet dalam posisi portrait tetap tebal. Bezel yang mengelilingi tablet ini cukup membuat kesan premium dan ekslusif muncul, namun ketika menyentuhnya, terasa bahwa secara keseluruhan tablet ini terbuat dari plastik.




.
Bagian belakang tablet ini cukup menarik, ada pola-pola yang muncul secara halus, pola-pola holografik seperti pada LG Nexus 4, namun tidak terlalu mencolok seperti ponsel besutan Google itu. Secara keseluruhan tablet ini ergonominya cukup bagus, genggaman tangan benar-benar pas, dengan bodi melengkung tablet. Digenggam satu tangan bukan masalah besar untuk tablet ini, dengan portabilitas yang jelas lebih tinggi daripada kakak 10 incinya. Mengenai berat dengan berat 338 gram tablet ini terasa sangat ringan, apalagi Note 8.0 terasa sangat tipis dengan ketebalan hanya 8mm. Oh ya, tablet ini bagian cover belakangnya tidak bisa dibuka, jadi penggantian batere harus membongkar tablet.



.
Bagian depan tablet ini ada layar, diatasnya ada kamera depan serta sensor cahaya dan proksimitas. Terdapat juga earpiece, menandakan tablet ini bisa digunakan untuk teleponan. Di bawah layar persis SGS III, ada tombol fisik Home yang diapit tombol sentuh Menu dan Back. Port micro SD dan karti SIM ada di sebelah kiri, sementara di sebelah kanan ada tombol lock/power dan tombol pengaturan volume. Jack audio 3.5 mm ada di bagian atas tablet, sementara port micro USB dan dua loudspeaker ada di bagian bawah. Memang memungkinkan efek stereo, namun posisinya kurang pas, seharusnya posisinya di atas dan di bawah tablet, agar ada sensasi stereo saat menonton video dalam posisi landscape. Charger sudah menggunakan micro USB, tidak lagi port konektor pin seperti Galaxy Tab atau Note 10.1.

Samsung Galaxy Note 8.0 GT-N5100 Review Gallery



.
Layar
Untuk masalah layar, terus terang meskipun resolusi Note 8.0 lebih unggul dibanding iPad Mini (1280x800 vs 1024x768), kualitas layar Note 8.0 masih di bawah pesaingnya itu. Bukan berarti layar Note 8.0 jelek, hanya saja terlihat standar dan tidak punchy seperti tablet Apple, dalam hal tingkat kontras, kecerahan dan viewing angle. Warna putihnya terasa agak kurang cemerlang, sementara untuk warna hitam bagus. Pastinya, kualitas layar PLS-nya setingkat lebih tinggi dari Galaxy Tab 2 (baik versi 7 maupun 10.1 inci) dan setara dengan Galaxy Note 10.1. Ada beberapa mode layar seperti Dynamic, Standard dan Movie.


.


.
.
Antar Muka
Note 8.0 menggunakan Android 4.1.2 Jelly Bean, sehingga performa terbantu dengan adanya Project Butter. Secara keseluruhan memang performa tablet ini bagus, meski tentunya tergantung penggunaan Anda, namun prosesor quadcore dan RAM 2GB yang diusungnya sudah sangat mumpuni untuk kebutuhan harian Anda. Selain itu, tentunya tablet ini menggunakan antarmuka TouchWiz, yang memiliki efek-efek Nature seperti pada SGS III dan ponsel-ponsel Android dari Samsung akhir-akhir ini. Misalkan pada lockscreen, yang ada efek sapuan air. Jika Anda menggunakan stylus S Pen untuk meng-unlock layar, ada efek sapuan tinta yang menarik, warnanya bisa diubah di menu Settings-Personal-Lock Screen. Ada mode lain seperti Face Unlock, Face and Voice unlock, Pattern, PIN, Password. Di Lock Screen Anda bisa mengkustomisasi dengan menambahkan akses pintas, ticker, jam , cuaca dan sebagainya.


Samsung Galaxy Note 8.0 GT-N5100 Review Gallery


.

Di bagian homescreen yang terdiri dari 5 halaman, Anda dapat menambahkan dua halaman tambahan, widget, application shortcut, wallpaper, folder dan page dengan menahan layar selama beberapa detik. Ukuran widget tertentu bisa diubah-ubah. Bar notifikasi juga ada di taskbar tidak lagi muncul di bagian bawah, namun kini ada di atas, seperti ponsel Android. Di bar notifikasi ada akses pintas (quick toggle) untuk WiFi, GPS, Reading Mode, Profil suara, Rotasi layar serta masih banyak lagi yang tersedia di Settings-Display-Notification Panel. Juga ada akses untuk mengubah tingkat kecerahan layar. Jika Anda menggunakan auto sekalipun, Anda masih bisa mengubah tingkat kecerahan layar sebanyak 10 tingkatan.


Samsung Galaxy Note 8.0 GT-N5100 Review Gallery



.
Halaman drawer aplikasi menampilkan apps dalam bentuk 5x6. Terbagi tiga yaitu Apps dan Widget serta Downloaded Apps. Tampilannya bisa diubah susunannya, bisa juga berdasarkan alfabetis. Aplikasi tertentu bisa Anda sembunyikan dari drawer apps.


Samsung Galaxy Note 8.0 GT-N5100 Review Gallery


.
Ada banyak pengaturan untuk antar muka pada tablet teranyar Samsung ini. Di antaranya, Anda bisa menggunakan Easy Mode, untuk pengalaman penggunaan Home Screen yang lebih mudah bagi yang pertama kali menggunakan tablet. Ada fitur Reading Mode untuk mengoptimalisasikan penggunaan tablet untuk membaca, namun hanya berlaku untuk apps tertentu seperti Google Books dan Readers Hub. Lalu ada Smart Stay, layar tetap hidup selama mata Anda melihat ke layar. Ada juga pengaturan jenis dan ukuran huruf, tingkat klaritas pada teks dan lain-lainnya.

Samsung Galaxy Note 8.0 GT-N5100 Review Gallery


.
.


.
.
Input Teks, Kontak dan Messaging
Merasa layout keyboard tak sesuai dengan tangan Anda? Cubit saja area keyboard, maka akan ada opsi 3 mode layout: standar, floating dan split. Untuk keyboard dan metode input yang digunakan hanya ada Google voice typing dan Samsung Keyboard dengan fitur-fitur seperti input bahasa, prediksi teks, auto capitalization dan lain-lain. Selain itu sebagai alternatif ada juga handwriting recognition dengan memanfaatkan S Pen. Pengaturan handwriting mode antara lain recognition time, ketebalan pen, warna, tipe pengenalan tulisan dan guide untuk Anda yang pertama kali menggunakan metode ini.


.
Menu Kontak terbagi menjadi 3 bagian yakni grup, favorit dan all contacts. Seperti perangkat Android lainnya, kontak dapat anda sinkronisasikan dengan akun Gmail, ChatOn, Facebook, Twitter dan lain-lain, namun Anda harus terlebih dulu menginstal aplikasi jejaring sosial tersebut. Tablet 8 inci ini bisa Anda gunakan untuk bertelepon selayaknya sebuah ponsel, namun tentunya siap-siap saja, Anda akan terlihat aneh.
.
Untuk messaging yang tersedia adalah SMS, MMS, email melalui Gmail dan akun lainnya, serta Instant Messenger berupa ChatOn, Google+ Messenger dan Google Talk. Tentu saja Anda dapat menginstal berbagai email client maupun aplikasi IM dari pihak ketiga.

Samsung Galaxy Note 8.0 GT-N5100 Review Gallery


.
.
Kamera dan Perekam Video
Samsung menyematkan kamera beresolusi 5MP dan kamera depan 1,3MP untuk tablet 8 inci ini. Meskipun merupakan tablet, fitur-fitur pada kamera utama sangat banyak diantaranya: Mode pemotretan (Single, panorama, share shot, buddy photo share, smile shot dan cartoon), timer, efek, tingkat kecerahan, Scene (portrait, sport, indoor dan sebagainya), resolusi, white balance, ISO, metering dan voice control. Yang terakhir memungkinkan Anda memotret dengan menggunakan perintah suara seperti Smile, Cheese, Capture dan Shoot. Untuk mode fokus, Anda bisa melakukan fokus dengan menyentuh objek pada layar. Tombol volume bisa Anda gunakan untuk zoom, namun fungsinya bisa diubah untuk tombol memotret. 5 buah akses pintas pada antarmuka kamera bisa diganti-ganti sesuai yang Anda butuhkan.

Samsung Galaxy Note 8.0 GT-N5100 Review Gallery


.
Hasil kamera
GAMBAR
.
.
Perekaman video hanya diberikan resolusi maksimal 1280x720 piksel saja, fitur-fiturnya antara lain: GPS, timer, efek, tingkat eksposur, resolusi, white balance dan kualitas video. Tombol volume bisa Anda gunakan untuk zoom, namun fungsinya bisa diubah untuk tombol memotret. 5 buah akses pintas pada antarmuka kamera bisa diganti-ganti sesuai yang Anda butuhkan. Waktu merekam Anda bisa menyentuh objek pada layar untuk mengubah-ubah titik fokus.

Samsung Galaxy Note 8.0 GT-N5100 Review Gallery


.
Hasil perekaman video


.
.
Galeri Foto
Foto dapat dikelompokkan berdasarkan album, orang (tag), Group, Favorite serta lokasi dan waktu. Tergabung dengan video, galeri foto tampilannya bagus. Folder di sebelah kanan, lalu sisanya thumbnail dari foto-foto dan video yang ada. Ukuran thumbnail bisa diperbesar atau sebaliknya dengan mencubit layar. Juga ada tampilan mode spiral yang menarik. Foto dapat Anda masukkan ke list Starred, di-share, dijadikan slideshow, tag wajah, ditambahkan frame, diberikan note dengan coretan Anda, crop, di-print, di-rename dan melakukan edit sederhana. Anda bisa langsung menambahkan folder baru pada galeri. Detil-detil gambar seperti model kamera, panjang fokal, ISO, eksposure dan data-data EXIF lainnya bisa dibaca.

Samsung Galaxy Note 8.0 GT-N5100 Review Gallery


.
.
Pemutar Video
Galaxy Note 8.0 memiliki sebuah aplikasi pemutar video terintegrasi. Video bisa Anda lihat berdasarkan thumbnail, list, folder, selain itu Anda bisa memanfaatkan WiFi untuk melihat video dari perangkat yang posisinya dekat. Seperti perangkat Samsung lainnya, kapabilitas dari pemutar video bawaan sudah cukup mumpuni. Mulai dari beragam codec yang bisa diputar, sampai fitur-fitur pelengkap. Format video yang tercatat bisa kami putar antara lain: .mkv (1080p, 2GB untuk 2 jam film), .mp4, .wmv, .avi. Meskipun perekam video hanya mampu merekam maksimal 720p, namun untuk pemutar video format-format yang kami tulis bisa mendukung sampai 1080p, tanpa patah-patah. Apalagi layar tablet ini memiliki ketajaman layar lebih baik dibanding tablet kebanyakan, sehingga menonton video HD lebih memuaskan mata. Fitur-fitur yang ada ketika memutar video antara lain: Sound Alive (normal, voice, Movie dan Virtual 7.1 channel), auto off, tone warna (normal, warm, cold) menambahkan weather tag, tag teman, dan share. Subtitle format .srt terbaca dengan lancar, dengan beberapa pengaturan seperti sinkronisasi, ukuran huruf, bahasa dan pilihan subtitle. Tentu tidak ketinggalan fungsi Pop Up Play yang memungkinkan Anda bisa memutar video sambil melakukan hal lainnya pada tablet. Ketika dalam keadaan mode Pop Up Play, Anda dapat melakukan zoom-in zoom-out dengan melakukan cubitan pada video.



Samsung Galaxy Note 8.0 GT-N5100 Review Gallery



.
.
Pemutar Musik
Pemutar musik bawaan pada Note 8.0 ada dua buah, yakni pemutar musik dari Google dan pemutar musik bawaan Samsung. Untuk pemutar musik bawaan Samsung, tampilannya setipe dengan galeri foto dan video dengan latar belakang putih dan layar yang terbagi dua antara kategori dan lagu-lagu di dalamnya. Pengaturan suara menggunakan SoundAlive, dengan berbagai pilihan ekualiser seperti pop, rock, dance, jazz dan sebagainya, serta tentunya ekualiser custom buatan Anda sendiri. Kualitas suara stereo loudspeaker bagus, renyah dan kencang, meski tentunya bagus dalam taraf perangkat mobile seperti smartphone dan tablet.


Samsung Galaxy Note 8.0 GT-N5100 Review Gallery


.
.
Konektivitas

  • GSM 850 / 900 / 1800 / 1900, GPRS dan EDGE kelas 12
  • HSDPA 850 / 900 / 1900 / 2100 dengan HSDPA maksimal 21 Mbps; HSUPA, 5.76 Mbps
  • Bluetooth 4.0
  • Wi-Fi 802.11 a/b/g/n, dual-band, Wi-Fi hotspot
  • Port infrared (sebagai remote TV)
  • USB 2.0 dengan port model micro USB
  • slot kartu micro SD (maks. 64GB)
  • aGPS

.
.
Browser
Untuk menjelajahi web ada dua opsi yakni Chrome dan browser bawaan. Untuk browser bawaan bisa membuka maksimal 16 buah tab. Fitur-fiturnya antara lain Incognito, share halaman, Find, Desktop view, save for offline, print dan pengaturan-pengaturan seperti auto fill, pengaturan privasi dan keamanan, aksesibilitas dan lain-lainnya. Juga fitur dan opsi lain seperti cache, cookie, history, autofit, javascript encoding dan lain-lain. Untuk aksesibilitas banyak opsi yang bisa dipilih seperti skala teks, zoom, ukuran font terkecil yang ditampilkan, serta melakukan invert warna. Performa browser bagus, biarpun Anda membuka situs yang dipenuhi banyak konten. Apalagi, Browser bawaan tablet ini mendukung fitur multi windows dari Samsung, sehingga memungkinkan untuk menjelajahi web sambil melihat-lihat foto atau video di galeri misalnya.
Hasil Tes SunSpider: 1021.2 ms



.
Hasil tes HTML5: 434 poin



.


Samsung Galaxy Note 8.0 GT-N5100 Review Gallery


.
.
Fitur Multi Windows
Samsung tidak menyia-nyiakan spek kelas atas pada Note 8.0, dengan menyertakan fitur Multi Windows. Fitur ini berjalan cukup lancar, dengan beberapa aplikasi yang mendukungnya seperti galeri foto, pemutar video, browser, Note dan sebagainya. Caranya cukup mudah, dengan menahan tombol Back selama beberapa detik, maka di sebelah kiri layar akan muncul aplikasi-aplikasi yang siap untuk dijalankan berbarengan. Lalu, pilih salah satu ikon aplikasi, tarik ke bagian layar yang diinginkan. Ukuran bagian layar yang digunakan sebuah apps bisa Anda tarik untuk lebih besar atau sebaliknya. Performanya mulus, meskipun Anda memutar video Full HD dari pemutar video bawaan berbarengan dengan memutar video HD pada aplikasi Youtube sekalipun. Pastinya, fitur ini akan sangat berguna sebagai fitur penambah produktivitas, dan menjadi nilai plus bagi Note 8.0. Jelasnya, silakan lihat video di bawah ini:


Samsung Galaxy Note 8.0 GT-N5100 Review Gallery


.


.
.
S Pen
Note 8.0 dibekali dengan Stylus S Pen. Meskipun ukurannya tetap lebih kecil dibandingkan kebanyakan pulpen, namun tentunya lebih nyaman digunakan daripada S Pen pada Note 2 misalnya. Kini tombol sentuh Menu dan Back di bawah layar bisa Anda gunakan dengan S-Pen. Saat digunakan di atas layar pun gripnya berbeda, pada S Pen baru terasa lebih nge-grip dibandingkan dengan S Pen lama. Untuk melakukan screenshot Anda bisa menekan tombol di sisi S Pen lalu menahan stylus di layar selama beberapa detik. Hasil screenshot langsung dibawa ke menu Edit pada Gallery. S-Pen juga mendukung 3 fitur berikut, yakni: Air View (melakukan preview pada konten atau menu tanpa harus menyentuh S-Pen ke layar, berlaku di S-Note, email, video, galeri foto dan S-Planner), Easy Clip (melakukan outline pada layar dan kemudian meng-crop bagian tersebut untuk kemudian di-edit atau di-share), dan Quick Command (dengan cepat mengaktifkan perintah tertentu menggunakan gesture dengan S-Pen). Contoh Quick Command yang bisa dilakukan (Semua gesture dilakukan dengan menahan tombol pada S-Pen):

  • membuat goresan berbentuk ^ pada layar akan membuka menu (sama fungsinya dengan tombol menu)
  • membuat goresan berbentuk < untuk kembali ke menu sebelumnya
  • sambil menyeret teks untuk melakukan Text Selection
  • membuat goresan ke arah atas layar untuk melakukan quick comand, selanjutnya membuat lambang-lambang berikut: ? (melakukan internet search), @ (email), ! (maps), # (melakukan panggilan) dan ~ (membuat pesan SMS), lalu diikuti kata kunci. Misalkan tulis: ! Mall Taman Anggrek, maka Anda akan dibawa ke Maps yang menunjukkan lokasi Mall Taman Anggrek.
  • bisa untuk melakukan image crop langsung pada layar, jadi Anda crop saja layar sesuka Anda, hasil crop tersebut bisa di-share melalui email, diedit menggunakan S Note, atau akan tersimpan di clipboard dan scrapbook.




.
S-Note
Ada 5 jenis input pada S-Note yakni Pen, Kuas, Kuas Kaligrafi, Pensil dan Stabilo. Selain itu ada pilihan tingkat ketebalan dan warna yang sangat banyak. Anda juga bisa menambahkan gambar baik dari galeri, kamera, clip art, clipboard, Idea Sketch, Text box, Shape maupun map. Jika terjadi kesalahan ketika menulis atau menggambar, ada fitur eraser dan undo (serta redo). Background dapat Anda ganti dengan warna putih, memo bergaris-garis, kertas matematik, serta partitur nada. Gambar dapat Anda ekspor ke Gallery maupun di-share via SocialHub, AllShare, Picasa, Facebook dan sebagainya.


Samsung Galaxy Note 8.0 GT-N5100 Review Gallery


.
Banyak fitur-fitur yang tersedia, misalnya Idea sketch (dalam mode ini, misalkan Anda menulis Dog, maka akan muncul gambar anjing, namun tentunya idea sketch yang tersedia terbatas). Ada juga fitur Productivity Tools, dengan masing-masing Formula Match (secara otomatis mengenali rumus-rumus matematika yang Anda tulis di layar), Shape Match (mengenali bentuk geometri yang Anda gambar dan merapikannya) dan Handwriting to Text. Anda dapat merekam saat-saat Anda menggunakan S-Note. Untuk mencegah tangan Anda ikut menyentuh layar, Anda bisa membuat agar di area S-Note layar sentuh tablet ini hanya mengenali S-Pen saja.


Samsung Galaxy Note 8.0 GT-N5100 Review Gallery

.


.
.
Hasil Benchmark:
AnTuTu: 16869 poin



.
Quadrant Standard: 6774 poin



.
NenaMark 2: 59.7 frame per detik



.
Multitouch Tester: maksimal 10 sentuhan sekaligus



.
.
Daya Tahan Batere
Dilengkapi dengan batere 4600 mAh, tidak ada yang spesial dengan daya tahan dari Samsung Galaxy Note 8.0. Digunakan dalam mode WiFi Only, dalam waktu 1 jam 28 menit kami mencoba hampir semua fitur untuk menghasilkan screenshot di review ini. Kondisi layar memakai tingkat kecerahan sekitar 40 persen dengan layar hampir tidak pernah mati, hasilnya batere berkurang dari 58 persen ke 41 persen alias berkurang 17 persen dalam waktu hampir 1,5 jam. Jika waktu tersebut digunakan untuk browsing seluruhnya, tentu persentasi pengurangan batere akan lebih besar lagi.
.
Kesimpulan
Seperti pendahulunya, Galaxy Note 8.0 mengedepankan produktivitas lebih unggul dibanding tablet-tablet sejenis. Performanya pun untuk ukuran tablet Android sudah termasuk kelas atas. Digunakan untuk fun, seperti video, gaming, musik, tablet ini pun masih bisa memuaskan kebanyakan penggunanya. Jadi untuk Anda yang ingin mencari tablet berukuran menengah dengan kemampuan All-Round, tablet inilah jawabannya. Sayangnya seperti perangkat Samsung pada umumnya, desain dan feel hardware yang diperoleh dari tablet yang dibanderol Rp. 5,5 juta ini masih relatif kurang bagus, apalagi jika dibandingkan dengan Apple iPad.
.
Kelebihan:

  • S-Pen dan S-Note
  • Multiscreen Mode dan Pop Up Video
  • Codec video yang cukup lengkap
  • Performa bagus
  • Loudspeaker stereo yang bertenaga dan berkualitas
  • slot micro SD
  • Port Micro USB

.
Kekurangan:

  • Bodi plastik
  • Kualitas layar biasa saja
  • Perekaman video hanya 720p



1. Jufri Ijang (jufri.ijang)
ok tapi casingnya ga bagus... punyaku baru sebulan
bezel perak yg mengelilinginya retak sendiriiiii
 via TeknoUp Android Application
2. Jufri Ijang (jufri.ijang)
ok tapi casingnya ga bagus... punyaku baru sebulan
bezel perak yg mengelilinginya retak sendiriiiii
 via TeknoUp Android Application
3. Jufri Ijang (jufri.ijang)
ok tapi casingnya ga bagus... punyaku baru sebulan
bezel perak yg mengelilinginya retak sendiriiiii
 via TeknoUp Android Application
4. Jufri Ijang (jufri.ijang)
ok tapi casingnya ga bagus... punyaku baru sebulan
bezel perak yg mengelilinginya retak sendiriiiii
 via TeknoUp Android Application
5. Jufri Ijang (jufri.ijang)
ok tapi casingnya ga bagus... punyaku baru sebulan
bezel perak yg mengelilinginya retak sendiriiiii
 via TeknoUp Android Application
6. Jufri Ijang (jufri.ijang)
ok tapi casingnya ga bagus... punyaku baru sebulan
bezel perak yg mengelilinginya retak sendiriiiii
 via TeknoUp Android Application
7. Jufri Ijang (jufri.ijang)
ok tapi casingnya ga bagus... punyaku baru sebulan
bezel perak yg mengelilinginya retak sendiriiiii
 via TeknoUp Android Application
8. gunhere1 (gunhere)
s-note nya pintar skali, ap q cari ada dsini,
ngetik kombinasi diagram n gbr bgt mudah. Cepat,
Rapi n Akurat...multiwindowny jg membantu bgt,
kesimpulanku: mengetik tercepat bkn dg handwriting
ato keyboard, tp dg s-pen+s-note.
 via TeknoUp mobile
9. Sharaku (Nukieuuu)
Buasnya Galaxy S4 Ditaklukkan Ponsel China/> Trisno Heriyanto - detikInet
Galaxy S4
(mashable)
Jakarta - Samsung Galaxy S4 boleh
jadi punya spesifikasi luar biasa dengan prosesor
8 inti. Tapi ternyata itu belum cukup mengalahkan
ponsel dual core dari China.

Ya, di
atas kertas memang spesiikasi Galaxy S4 terlihat
begitu menyeramkan. Bagaimana tidak? Chipset
Exynos 5 Octa 5410 yang diusungnya memiliki dua
prosesor, satu Quad-core 1.6 GHz Cortex-A15 dan
satunya lagi quad-core 1.2 GHz Cortex-A7. Pengolah
grafisnya pun tak kalah canggih, yakni PowerVR SGX
544MP3.

Tapi spesifikasi yang tinggi
itu belum cukup untuk menaklukkan Lenovo IdeaPhone
K900. Padahal produk racikan produsen China ini
hanya memiliki prosesor Intel Atom Clover Trail+
dual-core 2 Ghz yang ditopang memori RAM 2 GB.
Namun dengan teknologi Hyper-threading, prosesor
yang digunakan seolah-olah memiliki 4 inti
(quadcore).

Seperti dikutip
detikINET dari Phone Arena, Jumat (5/4/2013), saat
diuji dengan aplikasi Antutu skor Lenovo IdeaPhone
K900 ternyata berhasil mengungguli Galaxy S4,
Nexus 4 dan Galaxy Note II.

Perbedaan
skor yang dihasilkan memang tidak terpaut jauh.
Lenovo IdeaPhone K900 berhasil meraih 25827,
sementara Galaxy S4 berada sedikit di bawahnya.
Berikut
 via TeknoUp Android Application
10. rolanda (V_citra)
Kekurangan Galaxy Note 8.0 GT-N5100/> Penempatan speaker berada di
bawah.
Padahal, penempatan
speaker di bagian depan
samping
seperti Galaxy Note 10.1/> seharusnya lebih baik
Tidak memiliki
kesan premium
seperti kompetitornya yaitu
iPad
Mini
Tidak adanya FM radio dan/> dukungan NFC
Kualitas kamera dan video/> dipertanyakan
Layar cenderung sulit
dilihat di
bawah sinar matahari
 via TeknoUp mobile


Beri Komentar:
Silakan login untuk memposting komentar.

Review Terkait

Review Favorit Bulan Ini

"High to the Max with Octa-core"
26997 view(s)   23 comment(s)
"Si Mata Besar nan Tampilan Bening"
19851 view(s)   49 comment(s)
"5emakin Mengerti Anda"
16912 view(s)   38 comment(s)
"Tablet Entry Level dengan Stamina Tinggi"
12156 view(s)   6 comment(s)
Connection by Hypernet