Lenovo P700i
"Smartphone Dual Sim Dual Core Di Bawah Dua Juta"
Ditulis oleh Indra Rosalia pada 3 Dec 2012 (604 days ago)
Nilai Editor: 9.0
Komentar Editor:
Smartphone dual core berperforma bagus di bawah dua juta

Akhir-akhir ini Lenovo menggebrak pasar smartphone di Indonesia, dengan jajaran smartphone yang memiliki spek tinggi jika dibanding pesaing dari pabrikan besar untuk rentang harga yang mirip. Sebut saja Lenovo K860, S880, A60+ dan P700i. Yang disebutkan terakhir adalah smartphone Android 4.0 ICS dengan prosesor dual core, tepatnya dual core 1GHz Cortex A9 dengan GPU PowerVR SGX531. Fitur-fitur lainnya juga cukup impresif, sebut saja: kamera 5MP dengan autofokus dan perekam video 720p, kamera depan VGA, Layar LCD IPS 4 inci dengan resolusi WVGA (800x480 piksel), storage 2GB dengan slot micro SD, dan diperkuat batere berkapasitas besar di kelasnya, 2500mAh. Ponsel ini dibanderol Rp. 1999.000. Apakah harga tersebut benar-benar sebanding dengan fitur yang ditawarkan?



.

.

Paket Penjualan

  • Kartu garansi
  • Charger
  • Kabel data
  • Headset standar
  • Petunjuk Penggunaan


.

.

Desain dan Bodi
Hal yang terasa pertama kali saat memegang ponsel ini adalah berat. Tidak heran, sebab beratnya mencapai 162 gram, dengan ketebalan 12,8mm, cukup tebal dan berat di kelas smartphone 4 inci. Namun hal ini bisa ditolerir, karena Lenovo P700 menggendong baterai berkapasitas besar, 2500 mAh, seukuran dengan baterai Samsung Galaxy Note I. Yang mungkin lebih mengganggu bagi sebagian orang adalah kamera yang agak menjorok ke depan, sehingga waktu ponsel diletakkan di bidang datar posisi bagian atas menjadi agak naik. Alhasil kamera rentan tergores.

Untuk feel menggenggam sendiri kurang lebih sama dengan ponsel kelas Rp 2 juta ke bawah lainnya. Bagian depan dengan layar glossy, yang dibingkai bahan plastik doff biru gelap. Sementara bagian belakang plastik bertekstur, yang menjaga agar ponsel lebih ngegrip dalam genggaman. Cover belakang ini bisa dibuka, sehingga Anda bisa mengganti baterai. Ponsel ini meski kelihatan hitam namun sebetulnya warnanya adalah biru yang sangat gelap.





.

Untuk tombol-tombol, berbeda dengan dua ponsel 5 inci S880 dan K860 yang full layar sentuh tanpa tombol di bawah layar, P700 menggunakan 4 tombol sentuh kapasitif di bawah layar yakni menu, Home, back dan Recent Apps. Port charger micro USB beserta port audio 3.5 mm dan tombol lockscreen/power ada di bagian atas. Sayangnya tombol lockscreen ini agak keras dan berukuran terlalu kecil sehingga sulit dipencet. Tombol volume ada di bagian kanan ponsel, dan secara mengejutkan ponsel ini memiliki tombol kamera. Sungguh sesuatu, di saat kamera ponsel makin bagus, namun vendor-vendor smartphone seakan sudah melupakan tombol kamera, padahal tombol ini sangat berguna dalam memotret objek.




Lenovo P700i Review Gallery

.

.

Layar
Menggunakan LCD IPS 4 inci beresolusi WVGA (800x480 piksel) layar Lenovo P700 cukup nyaman dilihat. Viewing anglenya bagus, dengan tingkat kecerahan dan kontras yang baik. Untuk tingkat warna hitam tidak begitu bagus, namun untuk warna putih cukup cemerlang dan natural. Cukup sebanding dengan layar Lenovo K860, dengan ukuran dan resolusi yang lebih kecil saja. Pastinya layar P700 lebih bagus daripada layar 5 inci yang digunakan Lenovo S880, dengan tingkat kontras, tingkat kecerahan dan viewing angle yang jauh diatas ponsel tersebut.


.

.

Antar Muka
Antarmuka dari Lenovo P700 mirip sekali dengan Lenovo k860, yang disebut IdeaDesktop, menjanjikan modifikasi dan kostumisasi antar muka yang cukup variatif. Untuk lockscreen standar ICS, transparan agak gelap dengan dua opsi, slide ke kanan untuk unlock ponsel, slide ke kiri untuk akses instan ke aplikasi kamera. Sementara bar notifikasi memiliki 13 buah toggle untuk pengaturan cepat, akses pintas ke menu setting dan tentunya notifikasi.



.

Homescreennya terdiri dari 5 halaman yang bisa diperbanyak sampai 9 halaman. Anda bisa menambahkan aplikasi, widget, akses pintas, folder dan wallpaper. Ada 5 akses pintas permanen yakni Phone, Contact, Menu, Message dan Browser, Anda bisa menggantinya dengan akses pintas yang lain atau menjadikannya sebagai folder. Susunan ikon aplikasi pada menu utama bisa diubah sesuka Anda, selain itu bisa diubah berdasarkan abjad. Ikon aplikasi tersusun dalam format 4 kolom dan 5 baris. Menu utama terbagi dua yakni Apps dan Widget yang tidak saling berkesinambungan.



Lenovo P700i Review Gallery

.

Seperti yang disebutkan diatas, ponsel ini memiliki personalisasi tampilan yang cukup variatif. Ada opsi untuk memilih Theme namun masih terbatas pada 3 model. Yang cukup unik adalah pengaturan ikon. Anda bisa mengubah bentuk ikon dengan 31 jenis ikon yang bisa dipilih, lalu ukuran, warna teks dan gaya teks pada ikon juga bisa diubah-ubah. Ada juga opsi untuk memilih berbagai efek seperti transisi homescreen, animasi saat masuk dan keluar aplikasi. Anda bisa menyimpan berbagai personalisasi yang Anda lakukan dalam sebuah profil di menu Scene.



Lenovo P700i Review Gallery

.

.

Input teks, Kontak dan Messaging
Untuk metode saat input teks ada 3 jenis yakni Android keyboard dan Google Voice typing. Fitur-fiturnya standar saja seperti auto-capitalization, vibrate dan suara untuk feedback, auto-koreksi dan sebagainya.

Lenovo P700i Review Gallery

.

Untuk menu Kontak tidak ada yang spesial, terdapat grup dan favorit untuk kemudahan pengelompokkan teman-teman Anda. Seperti perangkat Android lainnya contact dapat anda sinkronisasikan dengan akun GMail, Facebook, Twitter dan lain-lainnya. Untuk kontak baru, beberapa field tambahan yang bisa dipilih adalah ringtone, IM, Email, Postal, Organization, Notes, Nickname, Website dan Internet Call.

Lenovo P700i Review Gallery

.

Messaging di P700 adalah SMS, MMS Email dan Instant Messaging. SMS tertampil dalam threaded mode layaknya chatting. Sementara email Anda bisa menggunakan Gmail yang memiliki banyak fitur serupa dengan versi desktop. Selain itu juga bisa menggunakan email client lainnya, menggunakan aplikasi email. Sementara untuk Instant Messaging yang tersedia adalah Google Talk dan Google+ Messenger, selain itu tentu saja Anda bisa menambahkan aplikasi pihak ketiga dari Google PlayStore seperti Line, WhatsApp, YM dan sebagainya.

Lenovo P700i Review Gallery

.

.

Kamera dan Perekam Video
Menggunakan kamera 5 megapiksel dengan autofokus, sayangnya Lenovo tidak membekali P700 dengan LED flash. Tampilan kameranya standar Android 4.0, dengan fitur-fitur seperti berikut: HDR, White Balance, Color effect, Scene Mode, Exposure, self timer, pengaturan tingkat kecerahan, ketajaman, saturasi, resolusi, AE meter, anti flicker, GPS tagging dan modus panorama. Untuk mengambil fokus bisa menyentuh layar atau menekan tombol kamera sampai setengah.




.

Hasil foto menghasilkan warna yang bagus untuk outdoor. Namun detil-detilnya terasa kurang, apalagi untuk hasil dalam ruangan. Hasil dalam ruangan tingkat noise-nya cukup mengganggu, apalagi P700 tidak memiliki LED flash. Lihat foto-foto dibawah dan klik untuk perbesar.

makro indoor:

IMG_20121129_160335

.

indoor:

IMG_20121129_160438

.

outdoor:

IMG_20121130_104725

IMG_20121130_104721

IMG_20121130_104555

IMG_20121130_104538

.

Untuk perekaman video mencapai resolusi HD 1280x720 piksel. Fitur-fiturnya antara lain: white balance, color effect, time-lapse, pengaturan kualitas video, tingkat kecerahan, tingkat ketajaman, hue, saturasi, kontras, night mode, durasi video (maksimal 60 menit), anti flicker dan GPS tagging. Fokus bisa dilakukan dengan continous autofocus yang bisa dinon aktifkan. Ada mode spesial efek pada wajah, memanfaatkan fitur face detection untuk mengubah wajah Anda menjadi lucu, fitur yang merupakan bawaan ICS. Tekan tombol kamera agak lama saat merekam video untuk menghentikan perekaman video sementara (pause).




.

Hasil perekaman video adalah format 3GP dengan resolusi 720p yang memiliki bitrate 12500kbps dengan framerate 30 frame per detik, menghasilkan file sebesar 90MB untuk tiap menit perekaman video. Namun untuk detil gambar terlihat kurang baik untuk ukuran 720p. Apabila Anda menggerakkan kamera terus menerus, video terlihat patah-patah. Silakan tonton video berikut:

.

.

Galeri Foto
Seperti K860, galeri P700 juga menggunakan standar galeri yang digunakan ponsel Android 4.0. Foto-foto yang ada bisa dibagi per album dan per waktu pengambilan foto. Foto bisa dibagikan melalui Facebook, Picasa serta email, bluetooth dan jejaring sosial yang Anda instal. Foto juga bisa di-rotate, di-crop dan diedit menggunakan editor foto bawaan Android.

Lenovo P700i Review Gallery

.

.

Pemutar Video
Pemutar video K860 cukup mengecewakan karena dukungan file yang bisa diputar sangat minim. Bagaimana dengan P700? Ternyata tidak juga. Video avi, mkv, mov dan mp4 berhasil diputar. Namun untuk resolusi 720p ponsel ini terlihat kesulitan, videonya patah-patah, kecuali format mp4 lag yang terasa tidak terlalu parah. File .srt tidak bisa ditampilkan, jadi solusinya Anda harus menginstal aplikasi pemutar video pihak ketiga seperti MX player dari PlayStore.



.

.

Pemutar Musik dan Radio FM
Pemutar musik dibagi menjadi 4 kategori utama seperti Artist, Albums, Songs dan Playlists. Anda bisa menambahkan file lirik pada lagu. Ada fitur sound effect bawaan ICS yakni Bass Boost dan 3D effect, selain itu juga ada pengaturan ekualiser dan ekualiser template seperti pop, rock, jazz, dance dan sebagainya. Output suara yang dihasilkan loudspeaker cukup kencang, namun suara yang keluar sangat didominasi trebel dan agak cempreng. Pemutar musik memiliki fitur FM transmitter, sehingga Anda bisa ''melempar'' lagu yang Anda putar ke penerima radio terdekat dengan mencocokkan frekuensi kedua perangkat. Radio FM bisa didengarkan tanpa menggunakan headset, merupakan fitur yang cukup langka.

Lenovo P700i Review Gallery

Lenovo P700i Review Gallery

.

.

Konektivitas

  • dual GSM 900/1800/1900, HSDPA 2100
  • port micro USB
  • slot micro SD
  • WiFi 802.11 b/g/n
  • Bluetooth
  • GPS dengan dukungan a-GPS

.

.

Web browser
Browser pada Lenovo P700 bisa membuka sampai 20 tab sekaligus, tapi saat akan membuka tab ke 21 browser seperti crash sehingga semua tab tertutup dengan sendirinya. Performanya saat membuka web TeknoUp.com versi desktop cukup bagus dan tidak lag saat scrolling. Fitur-fitur yang ada di dalamnya antara lain bookmark, find word, search, pengaturan tingkat kecerahan, share page, ping tool dan fitur-fitur pengaturan cache, cookie, password dan sebagainya.


Lenovo P700i Review Gallery

.

.

Hasil Benchmark
Quadrant Standart: 2705 poin


.

AnTuTu: 6260 poin


.

Nenamark2: 23,4 frame per detik


.

Multitouch Tester: maksimal 5 sentuhan


.

Sunspider: 2256ms


.

.

Daya Tahan Batere
Sebagai ponsel dengan fitur yang berkategori sedang, Lenovo P700 diberikan baterai berkapasitas besar. Tidak heran kalau daya tahannya cukup bagus, dalam waktu dari jam 12 siang sampai jam 5 sore dengan penggunaan standar seperti sesekali memotret, mendengarkan lagu dan video, menarik email masuk, internet melalui WiFI, batere hanya berkurang sekitar 20-30 persen. Artinya, untuk penggunaan saat jam kerja, jika pagi hari baterai full 100 persen saat pulang kerja batere masih ada sisa banyak kira-kira 40-60 persen jika penggunaannya normal.

.

Kesimpulan
Dengan harga Rp 1999.000 apa yang ditawarkan oleh Lenovo P700 cukup bersaing. Performanya tergolong bagus, pastinya jauh melebihi performa Lenovo S880. Untuk pesaingnya di rentang harga Rp. 2 juta ada Sony Xperia U namun ponsel tersebut memiliki kelemahan besar yakni storage yang kecil ditambah tidak ada slot micro SD. Jika dibandingkan Lenovo S880 yang dibanderol dengan harga setara pun bisa dibilang P700 cuma kalah ukuran layar saja. Sayangnya sama seperti K860, Lenovo P700 juga tidak dilengkapi kompas magnetik.


Kelebihan

  • performa bagus
  • baterai removable, berkapasitas besar dan tahan lama
  • Layar yang berkualitas
  • antar muka yang memiliki banyak personalisasi tampilan

Kekurangan

  • agak berat dan tebal
  • tombol lockscreen terlalu kecil dan kurang nyaman
  • tidak memiliki kompas
  • tidak ada LED flash



1. faisal ramadhani (icul)


2. Kecelakaan yg menyebabkan ni HH
berenang d bak mandi selama krg lbh 10menit..
terus touchscreen error, ane bw k center lenovo
didiagnosis bakal abis min. 2jt.an.. (njir, sama
aj beli baru).. akhirnya gak jd dibenerin, cm ane
keringin, sambil dipake meski kondisi agak suram,
terus ane ikhlas.. selang berapa bulan(gak smpe
3bln) HH normal mal mal like new.. miracle was
happened.. hehe.. base frm truth story..
 via TeknoUp mobile
2. faisal ramadhani (icul)
Nilai 9.0 saya rasa mmg pantas, mengingat baterai
super, enak digenggam, body blkg gak gampang
kegores, kamera blkg juga udh bisa bwt foto makro
standar, di tempat remang foto lebih cerah jika
dibanding experia m atau l saya lupa, asal
internal gak kepenuhan jrg nge.lag, harga murah dg
spek yg dibawa.. ps:

1. Baterai
awet sekali, ni ane beli second udh 1th performa
baterai dan HH msh sgt ciamik.

2.
Kecelakaan yg menyebabkan ni HH berenang d bak
mandi selama krg lbh 10menit.. terus touchsreen
eror, mw

 via TeknoUp mobile
3. paijo (p4ijo)
Ini benar2 dual on (standby)? Soalnya baca review
di sebelah katanya tidak dual standby.
Http://bit.ly/Y3NCvg
 via TeknoUp mobile
4. Hena (hena)
menunggu review lenovo p770,,
5. joesto (joesto)
Dear CS teknoup

Mau sekedar tanya/> apakah perbedaan signifikan dr kedua device
tersebut
selain keunggulan S560 yg terdapat
pada sisi DolbySpeaker nya
apakah pada sisi
layar/interface s560 kalah dibanding p700i?/> utk pemutar vidionya pun serupa, juga hasil
rekaman vidio yg didapat
apakah benar p700i
bisa merekan dengan format selain 3gp dan mp4?/> lalu apakah pada p700i jaringan 2100nya berlaku
pada ke2 sim?
kan rasanya aneh membunuh
p700i dengan s560
harga lbh murah dengan
keunggulan speaker
6. Troy (Monsterinc)
Mantap, wah lenovo lama-lama bisa jadi ancaman
besar bagi vendor besar global nih
 via TeknoUp mobile
7. Yudi Yanuar (yudi_yanuar)
mbak teknoladies review donk lenovo p700i vs SE
Experia Ray
8. Bie Woong Park (mjv)
luamyan sih cuma minus flash yg bikin illfeel *imo
9. Yudi Yanuar (yudi_yanuar)
mas TEKNOUP...
lenovo p700i vs SE Experia
Ray.. lebih bagus mana?
yg recomend dibeli
antara 2 HH itu yang mana...
10. andry (as)
lenovo = rising star 2013.
spek lumayan,
kualitas cukup baik, tapi dengan harga
terjangkau.
 via TeknoUp mobile


Beri Komentar:
Silakan login untuk memposting komentar.

Review Terkait

Review Favorit Bulan Ini

"High to the Max with Octa-core"
27249 view(s)   23 comment(s)
"Si Mata Besar nan Tampilan Bening"
20017 view(s)   49 comment(s)
"5emakin Mengerti Anda"
17112 view(s)   38 comment(s)
"Tablet Entry Level dengan Stamina Tinggi"
12344 view(s)   6 comment(s)
Connection by Hypernet