LG Optimus L9
"Smartphone Stylish Berlayar Besar"
Ditulis oleh Indra Rosalia pada 22 Nov 2012 (650 days ago)
Nilai Editor: 8.6
Komentar Editor:
Smartphone stylish berlayar besar

Setelah meluncurkan trio fashion phone terjangkau L Series yakni Optimus L3, L5 dan L7, LG meluncurkan L9, yang dari nama serinya sudah terbaca jika ini adalah tipe tertinggi dari L Series. Fitur-fiturnya cukup menarik, antara lain: prosesor dual core 1GHz Cortex A9 dengan GPU PowerVR SGX540, RAM 1GB, Android 4.0 Ice Cream Sandwich, layar IPS 4,7 inci beresolusi qHD 960x540 piksel, kamera 5 megapiksel dengan autofokus dan LED flash, kamera depan VGA, batere 2150mAh, serta fitur-fitur khas LG seperti Quick Memo, Qtranslator dan My Style Keyboard. Smartphone yang satu ini akan dibanderol Rp. 3.399.000 dan dijadwalkan akan mulai dijual Sabtu, 24 November nanti.



.

Desain, Bodi dan Layar
Sebagai anggota tertinggi dari L-Series, tentu saja membawa desain yang serupa dengan seri sebelumnya, yang diwarisi dari LG Prada. Bentuknya persegi panjang dengan sudut siku-siku di tiap sudutnya. Di bagian samping ponsel ini dihiasi dua list metalik, untuk menambah kesan elegan. Namun dua list metalik yang mengapit bahan bergerigi ini membuat ponsel ini kurang nyaman digenggam, karena agak menonjol di genggaman tangan. Meski hadir dengan layar 4,7 inci dan baterai berkapasitas lumayan besar 2150mAh, LG Optimus L9 cukup ramping, 9.1mm dengan berat 125 gram.

.

Di bagian bawah layar ada tombol Home, yang diapit dua tombol kapasitif back dan menu. Tombol volume ada di sisi kiri, sedangkan tombol lock di sisi kanan dan jack audio 3,5 mm di bagian atas. Sementara bagian belakang adalah back cover berbahan plastik bergerigi yang bisa dibuka dengan mudah. Back covernya agak menyudut di bagian mendekati ujung sisi kanan dan kiri, untuk menyesuaikan dengan genggaman tangan. Di bagian cover belakang ini ada kamera 5MP, sebuah LED flash, logo LG dan loudspeaker.






LG Optimus L9 Review Gallery

.

Layar ponsel ini berjenis IPS, menjanjikan sudut pandang yang lebih bagus dari LCD dan reproduksi warna yang lebih natural dari tipe OLED. Untuk tingkat kecerahan terasa cukup terang dan bisa digunakan di luar ruangan dalam kondisi terik matahari yang menyilaukan. Anehnya tidak ada fitur auto-brightness yang menyesuaikan terhadap kondisi pencahayaan di lingkungan sekitar ponsel.

.

Viewing angle-nya kurang bagus dibandingkan tipe layar dengan OLED. Namun dari segi tingkat kontras cukup tinggi, warna yang dihasilkan juga cukup vibrant. Secara garis besar layar IPS ponsel ini cukup memuaskan, terlebih ukurannya cukup besar yakni 4,7 inci. Sayangnya resolusi qHD 960x540 piksel terasa agak kurang, di ukuran layar sebesar 4,7 inci ini cocoknya dibekali layar resolusi HD 720p, seperti misalkan Samsung Galaxy Nexus.


.

.

.

Antar Muka
LG Optimus L9 memiliki antar muka yang serupa dengan Optimus 4X dan Vu. Antar mukanya terlihat cukup menarik. Yang paling menarik, seperti kedua ponsel LG sebelumnya, adalah kostumisasi pada antar muka yang cukup banyak. Untuk lock screen kali ini Anda bisa menggunakan Face Unlock, swipe, pattern, PIN dan password. Di lock screen juga Anda bisa menampilkan jam, widget dan shortcut untuk mempercepat Anda dalam membuka aplikasi atau mengerjakan sesuatu. Untuk pengaturan Display, ada screen timeout, tipe (Roboto, HYSerif dan HYTravel) dan ukuran font yang digunakan, tingkat kecerahan, dan opsi untuk menon-aktifkan lampu pada tombol kapasitif di bawah layar serta fitur auto-rotate.



LG Optimus L9 Review Gallery

.

Ada beberapa theme yang bisa dipilih yakni Optimus, Biz, Cozywall dan Marshmallow.Untuk efek transisi saat berpindah-pindah homescreen ada beberapa jenis efek seperti Breeze, Panorama, Carousel dan lain-lain. Untuk homescreen sendiri maksimal jumlah halaman home adalah 7 buah, bisa diisi dengan widget maupun akses pintas. Bar pencarian Google selalu muncul di bagian atas layar. Ikon-ikon yang ada di Homescreen bisa dihilangkan dengan melakukan pinch (cubitan) ke arah luar, untuk menikmati wallpaper pada ponsel ini. Ikon-ikon di bagian layar yang paling bawah bisa diperbanyak sampai 6 buah. Tiap ikon pada homescreen juga bisa diganti dengan ikon lain, bahkan dengan foto yang Anda ambil sendiri. Anda bisa mem-backup dan me-restore pengaturan pada Homescreen.



.

Seperti perangkat ICS lainnya, bar notifikasi tampilannya agak transparan dan memiliki akses pintas langsung ke Setting. Ada toggle bantuan (quick setting) di bar notifikasi, dengan opsi untuk menon-aktif/mengaktifkan Sound, WiFi, Bluetooth, dan paket data. Anda juga bisa langsung mengakses Quick Memo dari toggle pada bar notifikasi ini. Susunan toggle notifikasi bisa diubah-ubah, juga bisa ditambahkan dengan toggle lainnya.


LG Optimus L9 Review Gallery

.

Menu utama terbagi menjadi 3 kategori yakni Apps, Downloads dan Widgets. Secara default aplikasi yang tersusun adalah 4 kolom dan 5 baris, ada opsi untuk menampilkan ikon-ikon yang lebih kecil, sehingga layar ponsel menampilkan ikon lebih banyak menjadi 5 kolom dan 6 baris. Susunan aplikasi bisa diubah sesuka Anda.


LG Optimus L9 Review Gallery

.

.

.

Quick Memo

Salah satu fitur unggulan di Optimus L9 adalah Quick Memo. Berbeda dengan memo/note di Galaxy Note misalnya (screenshot dulu, baru edit) disini Anda bisa langsung mengedit layar hanya dengan membuka bar notifikasi, pilih Quick Memo dan layar siap untuk dicoret-coret, selain mencoret layar ada juga opsi untuk mencoret-coret di aplikasi Memo. Ada beberapa tipe alat coret yakni pen, spidol dan stabilo. Memang fitur maupun kualitas coretan kalah dengan Galaxy Note yang benar-benar mensimulasi tulisan tangan Anda, tapi aplikasi Quick Memo ini cukup praktis.



LG Optimus L9 Review Gallery

.

.

Input Teks dengan My Style Keyboard
Input untuk menulis ada dua metode yakni Google voice typing dan LG Keyboard. Pengaturan-pengaturan yang ada antara lain auto-capitalize, auto-punctuation, sugesti kata-kata dan feedback sentuhan. Selain itu ada pengaturan untuk handwriting style, yang meliputi ukuran pen, warna pen dan waktu delay yang ada sewaktu menulis dengan tangan. Meski menggunakan layar lebar 4.7 inci, ada mode pengetikan dengan 1 tangan untuk Anda yang merasa bodi L9 terlalu lebar. Dengan mode pengetikan 1 tangan ini letak keyboard dimampatkan ke samping. Mengaktifkannya dengan cara menyapu keyboard ke kanan/kiri, namun pada prakteknya mengaktifkannya agak sulit. Jadi lebih mudah mengaktifkan fitur ini dari menu pengaturan metode input. Ada satu fitur lagi yakni keyboard terpisah ketika mengetik dengan mode landscape.




LG Optimus L9 Review Gallery

.

.

Kontak dan Messaging
Di aplikasi kontak ada 3 kategori yakni Groups, daftar kontak dan favorit. Kontak dapat disinkronisasikan dengan akun Gmail Anda maupun akun jejaring sosial seperti Facebook, Twitter dan lain-lain. Dalam melakukan pencarian, mengedit maupun menambah kontak semua mudah untuk dilakukan. Setiap kontak bisa ditambahkan foto dan ringtone khusus.

LG Optimus L9 Review Gallery

Messaging ada 4 macam yakni SMS, MMS, Email dan Instant Messaging. Untuk SMS memiliki format threaded view. Sementara email Anda bisa menggunakan Gmail yang memiliki banyak fitur serupa dengan versi desktop, tentunya Anda juga bisa menggunakan email client lainnya. Sementara untuk Instant Messaging yang tersedia adalah Google Talk, selain itu Anda bisa menambahkan alternatif dari Google PlayStore seperti Line, WhatsApp, YM dan sebagainya.

LG Optimus L9 Review Gallery

.

.

Kamera dan Perekam Video
Optimus L9 menggunakan kamera 5 megapiksel dengan autofokus dan LED flash. Fitur-fiturnya antara lain Scene (normal, portrait, landscape, sunset),pengaturan ISO, white balance dan efek warna, timer, geotagging, shutter sound dan auto review. Juga ada mode Panorama dan Continous shot, namun resolusi diturunkan menjadi VGA saja. Saat mode normal 5MP, continous shot bisa dilakukan dengan menahan tombol kamera, namun tentu saja performanya tidak secepat Optimus 4X. Dalam melakukan fokus Anda bisa memanfaatkan fitur touch to focus, selain continous autofocus yang juga hadir di ponsel ini. Ada fitur menarik yakni Anda bisa menggunakan perintah berbasis suara untuk mengambil foto. Katakan Cheese , Smile , Whisky , Kimchi atau LG maka secara otomatis kamera akan menjepret.

LG Optimus L9 Review Gallery

.

Hasil kamera untuk luar ruangan cukup bagus, warna yang dihasilkan cukup natural. Namun dalam kondisi dalam ruangan, hasilnya banyak noise meskipun tidak mengganggu. Di dalam maupun luar ruangan ada efek cat air yang muncul, lagi-lagi tidak terlalu mengganggu.Silakan lihat foto-foto di bawah, klik untuk memperbesar.

indoor tanpa flash:

CAM00027

indoor dengan flash:

CAM00026

indoor makro:

CAM00008

outdoor:

CAM00002

CAM00011

CAM00015

CAM00013

.

.

Seperti kebanyakan smartphone lainnya yang mampu merekam video 1080p, perekaman video full HD 1080p pada Optimus L9 juga tidak full frame. Untuk Anda yang ingin pandangan luas pada hasil perekaman video bisa menggunakan 720p. Perekam video memiliki fitur-fitur sebagai berikut: Tingkat kecerahan, flash, white balance, efek warna, geo tagging, audio recording dan spesial efek bawaan ICS yakni Silly Face dan Background. Silly face memanfaatkan face detection dan mengubah wajah Anda menjadi bermulut besar, bermata besar dan lain-lain. Saat sedang merekam video Anda masih bisa menjepret foto.

LG Optimus L9 Review Gallery

.

Hasil perekaman video cukup bagus, untuk mode 1080p memiliki bitrate sekitar 17500kbps dengan framerate 27 frame per detik, menghasilkan file sebesar kira-kira 130MB per menit. Hanya saja continous autofocusnya bekerja agak lambat dan sulit fokus ke objek yang berjarak dekat.

.

.

Galeri foto, Pemutar musik dan pemutar video
Galeri penampil foto menggunakan galeri ala Android ICS yang sedikit dipermak oleh LG menjadi berlatar belakang putih. Foto-foto tertampil dalam folder-folder, bisa juga diurutkan berdasarkan lokasi ataupun waktu pengambilan gambar. Foto-foto bisa di-share via bluetooth, email, Picasa dan jejaring sosial lainnya yang sudah terinstal di L9. Lalu foto-foto yang ada bisa dinamakan ulang, diputar ke kiri-kanan, di crop, dijadikan slideshow dan di-edit menggunakan aplikasi Photo Editor sederhana bawaan dari ICS.




LG Optimus L9 Review Gallery

.

Sementara itu seperti biasa LG membekali perangkatnya dengan pemutar video berkualitas. Pemutar video bawaan pada L9 bisa memutar file .mkv, .avi, .mov, .mp4, .wmv dengan lancar sampai resolusi 1080p. Subtitle dengan format .srt juga bisa digunakan, dengan pengaturan ukuran huruf dan jenis huruf. Pengaturan lainnya adalah tingkat kecerahan layar dan aspek rasio video.



LG Optimus L9 Review Gallery

.

Pemutar musik pada LG Optimus L9 adalah Google Play Music, aplikasi bawaan ICS. Pemutar musik ini memiliki fitur Like/Dislike, membagi menjadi beberapa kategori seperti Playlist, album, song dan lain-lain. Ada efek equalizer baik settingan sendiri maupun settingan biasa seperti Pop, Rock, Jazz, Dance dan sebagainya. Keluaran suara dari loudspeaker cukup kencang meski kualitasnya biasa saja. Untuk mendengarkan FM Radio Anda harus menggunakan headset sebagai antena bantuan.



LG Optimus L9 Review Gallery

.

.

Konektivitas

  • Quadband GSM / HSDPA up to 21Mbps, upload 5.76Mbps
  • Wi-Fi 802.11 b/g/n, DLNA, Wi-Fi Direct, kemampuan Wi-Fi hotspot/tethering
  • Bluetooth v3.0dengan A2DP
  • port Micro SD
  • port MicroUSB
  • NFC
  • GPS dengan dukungan A-GPS

.

.

Web Browser
Maksimal tab yang bisa dibuka di LG Optimus L9 adalah 16 buah tab. Cukup banyak untuk ukuran ponsel mid-end. Dengan layar besar, meski tidak beresolusi HD, melakukan browsing lebih nyaman, terlebih jika Anda harus membuka situs versi desktop. Performanya cukup cepat, namun jika Anda membuka tab terlalu banyak performanya akan sedikit menurun, sebuah hal yang wajar. Browser bawaan ini memilik fitur zoom in-zoom out menggunakan gesture. Caranya dengan menekan tombol gesture + di bagian bawah layar, lalu gerakkan ponsel mendekati Anda untuk zoom in halaman, dan gerakan menjauhi Anda akan membuat halaman ter-zoom out. Fitur-fitur lainnya adalah fitur standar seperti bookmark, find, share page, pengaturan tingkat kecerahan serta fitur seperti cache, history, cookies, accessibility dan sebagainya.



LG Optimus L9 Review Gallery

.

.

Quick Translator
Fitur penerjemah berbasis online ini menggunakan kamera untuk melakukan scanning pada kata atau kalimat yang Anda inginkan, lalu menerjemahkannya. Dengan fitur ini Anda dengan mudah bisa mengetahui arti dari kata tersebut. Misalkan Anda lagi di negara dengan huruf yang sulit dimengerti seperti Korea. Lalu Anda menggunakan Quick Translator untuk memotret tulisan pada sebuah plang di jalan, lalu fitur ini menerjemahkannya ke bahasa Indonesia. Quick Translator mampu menerjemahkan 44 bahasa ke 64 bahasa. Dalam prakteknya, jika Anda ingin menerjemahkan per kata hasilnya biasanya benar, namun jika Anda menerjemahkan per kalimat, hasilnya agak sulit dimengerti, seperti Google Translate. Fitur ini cukup mudah digunakan. Silakan lihat video berikut untuk lebih jelasnya.


LG Optimus L9 Review Gallery

.

.

.

Hasil Benchmarking
Quadrant Standart: 3133 poin


AnTuTu: 5453 poin


Nenamark2: 30,8 frame per detik


Multitouch Tester: maksimal 10 sentuhan


Sunspider: 2026,2 ms


.

.

Daya Tahan batere
Dilengkapi batere cukup besar yakni 2150mAh, tak heran Optimus L9 bisa bertahan dengan ketahanan lumayan lama. Untuk penggunaan normal, seperti memutar musik dan video sesekali, memotret, menggunakan WiFi untuk online, bertahan seharian adalah sebuah hal yang wajar.

.

.

Kesimpulan
Dengan harga Rp. 3,4 juta, ada beberapa pesaing untuk menggalaukan Anda yang menginginkan Optimus L9. Yakni Sony Xperia P (Rp. 3,2 juta), Huawei Ascend P1 (Rp. 3,46 juta), HTC Sensation XE (Rp. 3,6 juta), serta yang paling berat mungkin Samsung Galaxy Nexus (Rp. 3,7 juta). Memang cukup relatif, namun Optimus L9 memiliki desain yang cukup stylish dan fitur-fitur unggulan seperti layar lebih besar, daya tahan batere lebih baik dan fitur-fitur bawaan seperti Quick Memo, Quick Translator yang cukup berguna.

Kelebihan

  • Layar 4,7 inci
  • batere 2150mAh
  • Quick Memo
  • Quick Translator
  • Kostumisasi tampilan cukup variatif
  • Pemutar video berkualitas

Kekurangan

  • Resolusi layar 960x540 piksel agak kekecilan untuk layar 4,7 inci
  • Kurang nyaman dalam genggaman
  • Performa keseluruhan standar



1. Ray (Ray)
bang teknoup.. ane bingung nih.. pilih.. LG
optimus L9 atau Sony Xperia L nih.....? harganya
sama nih.. tp bagusan yg mana ya..? atau ada yg
lain lagi yg lebih bagus.. tp harga menengah...
2. totok samsudin (maz_totok)
apa benar LG Optimus L9 ini di lengkapi
konektifitas NFC? Tolong di bahas lbh lengkap!
Saya cari LG Optimus L9 dgn NFC koq tidak ada ya.
Apakah teknoup store masih menyediakan LG Optimus
L9 dgn NFC?
 via TeknoUp Android Application
3. Lizdiawatie (Liz)
untuk kisaran harga 3 juta hp ini sangat bagus, tp
spec jauh ketinggalan kemana mana oleh lenovo k
860 di rentang harga yang beda dikit
 via TeknoUp Android Application
4. Zamboet (Zamboet)
Bagusan mana sama xperia P ane bingung mau beli yg
mana, butuh masukan gan
5. BUTATEKNOLOGI (BUTATEKNOLOGI)
hape mid end,
no.1
 via TeknoUp Android Application
6. BUTATEKNOLOGI (BUTATEKNOLOGI)
keren. 3 juta gua ambil.
7. fais (jamur990)
diglobal katanya dah 2.99
 via TeknoUp mobile
8. shandy wijaya (shandy_21)
Ayo turunin lg harganya...
*ngarep dbawah 3
jeti
 via TeknoUp mobile
9. Georgius (yohanesgeorgius)
ini pasti ada NFC nya ya? koq cari2 di web lain
katanya ga ada NFC?
10. konyollu (konyollu)
kece nih hape.. kenceng! udah pernah
testdrive..

lg p970 gue bisa buat
video call, pake axis.
 via TeknoUp mobile


Beri Komentar:
Silakan login untuk memposting komentar.

Review Terkait

Review Favorit Bulan Ini

"Tipis Bodi Tebal Konektivitas"
18151 view(s)   31 comment(s)
"Untuk Selfie yang Lebih Baik"
13857 view(s)   6 comment(s)
"Pertarungan Berdarah Dua Korea"
9965 view(s)   22 comment(s)
"Tablet Murah All-Around"
9064 view(s)   2 comment(s)
Connection by Hypernet