Sony Xperia miro ST23i
"Budget dan Bergaya"
Ditulis oleh Edwin pada 3 Oct 2012 (665 days ago)
Nilai Editor: 8.4
Komentar Editor:
Ponsel dibawah dua jutaan dengan performa kamera yang dapat diandalkan serta desain LED unik.

Naik sedikit dari Xperia Tipo, Sony merilis ponsel yang ditargetkan untuk pengguna berjiwa muda, yang butuh ponsel dengan spesifikasi high-end namun dengan harga terjangkau. Xperia miro hadir dengan desain khas LED unik dan bentuk yang cukup menarik, tidak ketinggalan Android ICS sudah digunakan. Dibanderol dibawah dua jutaan, dapatkah ponsel ini memenuhi keinginan anda akan sebuah smartphone Android? Silahkan baca review kami dibawah ini.

Spesifikasi Utama

  • GSM 850 / 900 / 1800 / 1900
  • HSDPA 900 / 2100
  • Layar sentuh kapasitif LED-backlit LCD 3.5-inci HVGA (320 x 480 piksel)
  • Memori internal 4GB (766MB aplikasi, 2GB multimedia), RAM 512MB
  • Kamera 5 MP 2592 x 1944 piksel, autofokus, LED flash
  • Kamera sekunder VGA
  • Android ICS 4.0
  • Prosesor single-core Qualcomm MSM7225A 800 MHz Cortex A5, GPU Adreno 200
  • Baterai Lithium Ion 1500 mAh

Paket Penjualan

  • Handset Xperia miro
  • Baterai
  • Kepala charger
  • Kabel data
  • Headset
  • Manual
  • Kartu garansi


Desain dan Bodi
Jika diperhatikan, desain Xperia miro ini mirip dengan desain Xperia go. Peletakan kamera, flash dan lainnya juga mirip. Xperia miro memiliki dimensi 113 x 59.4 x 9.9 mm dengan bobot 110 gram. Terbilang ringan dan tipis, sehingga pas enak digenggam. Dimensi yang tidak terlalu kecil juga memantapkan saat digenggam. Apalagi bahan yang digunakan untuk bagian back cover berupa plastik dengan lapisan seperti karet sehingga tidak licin dan mudah tergores.



Bagian depan ponsel terdapat sensor proximity, LED notifikasi, kamera sekunder, earpiece, layar 3.5-inci, tiga buah tombol fungsi Android berjenis kapasitif, dan LED light. Bagian belakang diisi dengan kamera utama, LED flash, dan speaker dibagian bawah. Bagian atas ponsel terdapat tombol lock/power, port headset 3.5 mm. Bagian bawah terdapat lubang untuk menyangkutkan aksesoris/strap dan kehadiran sebuah mic. Untuk sisi kiri ponsel terdapat tombol volume dan sisi kanan diisi dengan port micro USB.




Tidak seperti ponsel Sony lainnya, tercatat Xperia tipo dan miro tidak memiliki tombol kamera. Xperia miro memiliki dua LED notifikasi, diatas sebelah earpiece dan bagian bawah tombol kapasitif. Untuk bagian bawah ini memiliki 7 warna yang disesuaikan dengan tema yang dipilih. Yang cukup aneh, tiga tombol fungsi Android yang ada tidak memiliki backlight, sehingga mungkin agak sulit menggunakan tombol ini di keadaan gelap.



Layar HVGA (320 x 480 piksel) berukuran 3.5-inci menjadi pilihan Xperia miro. Kualitasnya terlihat sama seperti milik Xperia go. Tampilan memang tidak terlalu halus, tapi komposisi warna dan sudut penglihatan dapat dikatakan baik. Dibandingkan dengan layar milik LG Optimus L5, layar Xperia miro terlihat lebih redup dan tidak seputih serta seterang layar L5. Namun dari segi sudut penglihatan, Xperia miro menang jauh. Dikatakan juga layar ini dilapisi dengan kaca anti-reflektif sehingga tidak membuat silau ketika ada cahaya memantul di layar.




Antar Muka
Android ICS 4.0 sudah ditanamkan di ponsel ini. Antar muka yang digunakan terlihat sama dengan yang digunakan di Xperia acro S dan SL. Pada lockscreen terdapat dua buah slider seperti biasa untuk membuka kunci dan masuk ke menu kamera. Homescreen masih disediakan 5 halaman untuk personalisasi gadget, jika anda mencubit layar maka akan masuk ke mode overview yang menampilkan semua widget yang ditaruh di halaman homescreen.




Jendela notifikasi tampil standar hanya terdapat jalan pintas ke menu setting. Untuk menampilkan recent apps dapat dilakukan dengan menahan tombol home. Seperti Xperia tipo, satu halaman drawer aplikasi Xperia miro memuat 12 ikon yang dapat diatur berdasarkan kategori tertentu atau preferensi pribadi.




Saat kami menjelajahi bagian-bagian menu dengan memutar lagu, kami mendapati performa lagu tersendat-sendat jika membuka sesuatu menu dan puncaknya kami mengalami musik berhenti terputar ketika masuk ke browser dengan membuka banyak tab. Pergerakkannya juga terkadang terasa lag.

Input teks tersedia pilihan keyboard Xperia yang menyajikan berbagai pengaturan yang dapat disesuaikan dengan kenyamanan anda. Pengetikan juga dapat dilakukan dengan baik tidak ada kendala.



Sony Xperia miro ST23i Review Gallery

Contact dan Mesaging
Menu Contact hadir lebih simpel dari yang ada di Xperia acro S dan SL, dengan tiga buah sub menu dibagian bawah seperti contacts, phone, dan groups. Bagian kanan atas terdapat tombol untuk menambahkan contact baru. Tidak terdapat bar abjad disini digantikan oleh slider untuk mempercepat gerakan keatas/bawah. Karena sudah ada kamera sekunder, maka anda dapat melakukan panggilan video di Xperia miro.





Messaging tampil simpel dengan tombol new message tunggal dibagian atas. Seperti biasa percakapan akan ditampilkan dalam bentuk thread. Tombol attachment hadir dengan besar sehingga sangat mudah jika anda ingin mengirim konten multimedia.




Kamera
Selain kamera sekunder VGA, kamera utama Xperia miro beresolusi 5MP (2592 x 1944 piksel) dengan kemampuan autofokus dan kehadiran LED flash. Karena tombol kamera absen disini, maka tidak terdapat mode pengambilan gambar cepat dari layar terkunci. Disediakan cukup banyak pengaturan untuk menu ini seperti pengambilan dengan kamera depan, sweep panorama, berbagai pilihan scene, pemilihan jenis fokus, dan lainnya. Hasil asli dapat diunduh disini.




Hasil kamera dalam ruangan terlihat bagus, dengan tingkat noise rendah dan warna yang ditampilkan tidak pucat. Jika menggunakan flash hasil terlihat lebih baik lagi.



Hasil kamera luar ruangan juga bagus, hasil cerah, hangat, dan tidak pucat. Tingkat kedetilan juga bagus dalam mode macro.



Perekaman Video
Kamera di Xperia miro hanya dapat melakukan perekaman maksimal resolusi VGA saja (640 x 480 piksel). Hasilnya cukup baik, memang kurang tajam tapi pewarnaan cukup baik. Ada beberapa pilihan pengaturan seperti perekaman dengan kamera depan, pilihan scene, penggunaan lampu LED, dan lainnya. Hasil akan disimpan dalam format MP4.




Multimedia
Seperti yang ada di acro S dan SL, Xperia miro memiliki tampilan album, pemutar video, dan musik yang baru. Gallery atau disini disebut dengan album memiliki tampilan yang dikategorikan berdasarkan waktu pengambilannya. Ada juga tab untuk melihat foto berdasarkan lokasi pengambilannya (jika foto tersebut memiliki informasi Geotag), dan juga album online dari akun jejaring sosial yang dihubungkan. Bisa juga mengkategorikan foto berdasarkan lokasi penyimpanan.





Pemutar video, atau disini disebut dengan movies hanya dapat menampilkan video beresolusi maksimal VGA saja. Pilihan format video yang dapat diputar juga sebatas mp4, m4v, dan 3gp saja. Hal ini disebabkan oleh kinerja prosesor yang kurang mumpuni. Tampilan antar muka sama seperti dengan di acro atau SL, hanya terdapat tombol play/pause jika sedang memutar video, dan ada dukungan informasi dari layanan Gracenote.



Nah pemutar musik di Xperia miro diberikan persis sama seperti yang ada di ponsel high-end acro S dan SL, tidak seperti yang ada di Xperia tipo. Tidak hanya tampilan yang baru dan lebih segar, tapi fitur yang diberikan juga lengkap, terdapat pilihan pengaturan keluaran suara seperti equalizer, sound effect, tidak ketinggalan dukungan informasi dari layanan Gracenote. Seperti yang sudah kami jelaskan diatas, jika anda sedang memutar lagu dan membuka aplikasi lain seperti browser (apalagi dengan tab banyak), maka performa pemutar musik akan terganggu dengan skip-skip yang muncul. Untuk kualitas speaker meskipun diembel-embeli dengan xLOUD namun kekuatannya dibawah dari Xperia tipo, terlebih penempatan speaker yang kurang tepat, sehingga jika ponsel ditaruh di atas meja dengan speaker berada dibawah maka keluaran suara akan tertutup dan kekencangannya berkurang hingga 50 persen.






Menu radio hadir dengan tampilan sederhana seperti milik Xperia tipo tidak seperti di acro S dan SL. Cukup menghibur dikala anda bosan dengan koleksi lagu-lagu yang ada.



Browser
Browser stok ICS menjadi browser default di Xperia miro, dalam keadaan out-of-box juga sudah disertakan browser Chrome untuk menjadi alternatif. Anda dapat membuka tab hingga 16 tab sekaligus di browser stok ini, namun performanya akan semakin melambat dan kami sempat mengalami force close saat mengoperasikannya. Konten flash dapat diputar di browser ini dengan menginstall flash player terlebih dahulu.





Saat kami melakukan test HTML5, browser ini mendapatkan skor yang sama seperti Xperia tipo yakni 295 dengan 3 poin bonus. Untuk skor Sunspider, browser ini mendapatkan skor 3766.2 ms (dimana semakin kecil semakin baik) lebih rendah dari Xperia tipo. Browser Mark mencapai skor 51099.




Konektivitas
Xperia miro berjalan di jaringan quadband GSM (850 / 900 / 1800 / 1900) dan dual band HSDPA (900/2100). Ada juga konektivitas WiFi b/g/n, Bluetooth v2.1, A-GPS, microUSB v2.0, dan microSD hingga 32GB.

Benchmarking

  • Quadrant Standard: 1710 poin
  • AnTuTu Benchmark: 2855 poin
  • MultiTouch Tester: maksimal 2 sentuhan
  • NenaMark2: 15.8 fps
  • CamSpeed: 496 shutter time, 1483 image time, 1063 focus time

Sony Xperia miro ST23i Review Gallery

Daya Tahan Baterai
Dengan baterai Lithium Ion berkapasitas 1500 mAh, Xperia miro dapat menemani anda seharian saja +-10 jam dengan penggunaan normal harian, seperti biasa angka ini tidak pasti karena kembali tergantung ke frekuensi penggunaan dan kondisi jaringan operator. Yang pasti baterai di Xperia miro memiliki performa standar layaknya ponsel Android lain.


Kesimpulan
Xperia miro dapat menjadi pilihan bagi anda yang menginginkan ponsel Android ICS dengan harga dibawah dua jutaan dari brand terkenal dan performa kamera yang baik. Terlebih, terdapat LED unik dibagian bawah yang dapat berganti warna. Namun sayang prosesor yang diberikan terasa pas-pasan untuk mengerjakan tugas-tugas di ponsel ini, sehingga kadang terjadi lag.

Ponsel ini bersaing ketat dengan Optimus L5 milik LG yang sempat kami review kemarin. Dua ponsel ini memiliki spesifikasi yang sama. Yang menjadi perbedaan hanya di ukuran dan kualitas layar dimana Xperia miro memiliki layar yang lebih kecil (3.5-inci) dan kualitas lebih baik meskipun tidak seterang dan sebesar Optimus L5 (4.0-inci), dan keberadaan kamera sekunder di miro yang tidak dimiliki oleh L5.

Kelebihan

  • Performa kamera yang baik
  • Desain LED unik
  • Desain bodi yang tipis dan pas digenggaman

Kekurangan

  • Performa prosesor pas-pasan
  • Layar kurang halus



1. INTEL (INTEL)
My phone (y)
2. ars (ars)
nambah lgi gann...
kalo nyeting jaringannya
gmna jgaa....???
3. ars (ars)
gan,,, mw tnya niee,,,
kemaren ru beli miro
niee,,, pas ku pasangin sim cardnya ttp aja g ada
snyal,, malah ada silang (x) warna merah
diatasnya..
mohon diinfokan,, tandanya apa
kalo da sinyal n kalo g ada snyal........./> mkasihhh.........
4. Ten-Ten (Ten-Ten)
pokoknya tetep SONY lha utk kualitas yg g
rasain..apalagi kualitas handsfree/earphone
samsung..bener2 parah..cepet rusak..ga dipake utk
tidur aja pasti rusak dibawah 1th..klo SONY g pake
denger lagu sambil tidur pun tetep awet sampai
sekarang..malah temenan g yg maniak samsung aja
earphonenya pake yg merk SONY atau Brata by
Dr.Dre..kenyataan bos samsung poor kualitas cuma
menang difitur aja tapi gak imbang dgn kualitas..
 via TeknoUp Android Application
5. Ten-Ten (Ten-Ten)
ralat :
dl jg g pake samsung bermasalah jg
 via TeknoUp Android Application
6. Ten-Ten (Ten-Ten)
samsung bagus apanya??? g pake 2 bulan galaxy SIII
malah rusak..layar matot...dulu kg pake samsung
bermasalah trus..mending Xperia Play g udah 1th g
pake masih OK biarpun tiap hari internet g
aktifkan dan game PS, XPLAY GAME g maenin performa
masih OK dan batere masih bagus..kecewa g 2x pake
samsung..jauh kemana2 utk kualitas ma SONY, NOKIA,
SIEMENS, MOTOROLA, APPLE dan ALCATEL..
/> mendingan SONY lha utk kualitas..
 via TeknoUp Android Application
7. ArullyA (ArullyA)
dibanding lww bagus mana nih?
 via TeknoUp Android Application
8. Ikram (iGunta)
kamera sony, memang tidak perlu diragukan.. XD
9. yskn (yskn)
wow
 via TeknoUp mobile
10. Gunarto (Goengoen)
sukses buat xperia miro
 via TeknoUp Android Application


Beri Komentar:
Silakan login untuk memposting komentar.

Review Terkait

Review Favorit Bulan Ini

"High to the Max with Octa-core"
27152 view(s)   23 comment(s)
"Si Mata Besar nan Tampilan Bening"
19945 view(s)   49 comment(s)
"5emakin Mengerti Anda"
17026 view(s)   38 comment(s)
"Tablet Entry Level dengan Stamina Tinggi"
12270 view(s)   6 comment(s)
Connection by Hypernet