Samsung Galaxy Note II N7100
"Sang Suksesor dengan Fitur Tanpa Batas"
Ditulis oleh Indra Rosalia pada 2 Oct 2012 (664 days ago)
Nilai Editor: 9.5
Komentar Editor:
Mahal, tapi memiliki berbagai fitur yang unik dan belum ada kompetitor langsung.

November tahun lalu kami kedatangan Samsung Galaxy Note N7000, dengan ukurannya yang besar dan jauh melebihi ponsel pada umumnya, membuatnya berada di pertengahan antara tablet dan smartphone. Saat itu banyak yang meragukan apakah phablet tersebut akan berhasil? Namun ternyata Galaxy Note cukup berhasil, paling tidak dari sisi penjualan sudah mencapai lebih dari 10 juta unit. Sehingga Samsung membuat versi tabletnya (Note 10.1) dan tentu saja suksesor dari Galaxy Note yakni Note II (GT-N7100). Note II diberikan fitur-fitur dan spesifikasi yang terbilang sangat mumpuni, sebut saja Android 4.1 Jelly Bean, chip Exynos quadcore dengan clock 1,6GHz, GPU Mali400MP, RAM 2GB, layar Super AMOLED 5.5 inci HD (1280x720 piksel), kamera 8 megapiksel, perekam video 1080p, dan tentu saja stylus S-Pen dan aplikasi S Note/S Memo. Semuanya ditenagai oleh baterai berkapasitas besar 3100mAh. Dengan spesifikasi seperti itu apakah Note II ini merupakan pengganti yang benar-benar sempurna untuk Note pertama?

Desain, Bodi dan layar
Dengan berat 180 gram dan ukuran dimensi yang mirip, secara sekilas mungkin Anda tidak bisa membedakan yang mana Note dan Note II. Dari depan nyaris tidak ada bedanya, terlebih kebetulan Note milik penulis berwarna sama dengan Note II yang direview. Perbedaan paling jelas adalah sudut lengkungan Note II yang menyerupai Galaxy S III, serta bagian bezel yang menutupi seluruh bagian samping. Panjang sudah tentu Note II melebihi Note I, sedangkan untuk lebar Note I malah lebih lebar sedikit dari Note II. Jarak antara layar bagian atas/bawah dengan ujung bodi atas/bawah juga semakin pendek, yang artinya layar 5.5 inci Note II lebih efisien penempatannya dibanding Note I.




Untuk bodi belakang yang berpindah hanya logo Samsung saja. Kover belakang mirip Note I, bisa dibuka. Di baliknya ada batere 3100mAh yang bisa diganti-ganti, slot Micro SIM dan slot Micro SD. Impresi memegang Note II sendiri lebih mantap sebab lengkungan kover belakang lebih mengikuti lengkungan genggaman tangan. Jack audio ada di atas, tombol power/lock di samping kanan, tombol volume di samping kiri dan port micro USB di bagian bawah. Di atas layar bagian kanan ada lampu LED notifikasi yang tak terlihat saat tak ada notifikasi.Letak S-Pen juga masih sama yakni di ujung kanan bawah ponsel. Kini ukuran S Pen lebih panjang, lebih pipih dan lebih tebal dibanding S Pen pada Note I.








Untuk masalah besarnya ponsel, seperti Note 1, ponsel ini memang sulit digunakan dengan satu tangan, ketika Anda memegang dengan tangan kanan lalu berusaha menyentuh bagian ujung kiri pada layar maka Anda yang mempunyai jempol panjang sekalipun akan kesulitan karena akan mentok antara pangkal jempol dan layar sebelah kanan. Jika saku kantong celana Anda sempit maka akan terasa sangat mengganjal ketika Anda duduk. Penggunaan phablet memang maksimal dengan 2 tangan, apa boleh buat karena besarnya layar tentu mengorbankan kepraktisan dalam penggunaan.





Hampir semua perangkat Samsung yang menggunakan layar Super AMOLED masih mengandalkan Pentile Matrix yang setiap pixelnya terdiri dari 2 sub-pixel saja. Namun untuk Galaxy Note II diberitakan Samsung telah menggunakan Pentile Matrix versi baru yang memiliki sususan yang berbeda dengan Pentile Matrix lama. Pada versi baru ini dikatakan akan mendekati gaya susunan RGB Matrix. Note II kepadatan layarnya berkurang dibanding Note I karena resolusinya berkurang (1280x800 vs 1280x720), tapi layarnya malah bertambah besar. Tapi menurut saya, layar pada Note II (267ppi) serasa tidak berbeda jauh dengan Note I (285ppi). Kemungkinan karena Pentile Matrix baru membuat keduanya impas. Meski ada perbedaan, boleh dikatakan hanya terlihat jika Anda benar-benar memperhatikan dari dekat saja. Jujur saja, layar keduanya terasa amat tajam, telebih ukurannya yang besar membuat jarak pandang Anda bertambah jauh sehingga perbedaan kecil takkan terlihat. Aspek rasio baru 16:9 membuat penggunaan Note II saat menonton video lebih mantap dibanding Note pertama yang 16:10.

Kalau untuk tingkat kontras dan kepekatan warna hitam tidak perlu ditanyakan lagi, layar jenis OLED memang nomor satu untuk kedua hal tersebut. Untuk kecerahan layar mungkin kalah dengan layar tipe LCD / IPS, namun, layar Note II ini jika dibandingkan dengan Note I dan Galaxy S III (semuanya SAMOLED) adalah yang paling terang dan natural warna putihnya. Tingkat saturasi masih tinggi, warna yang muncul juga masih nonjok, karakteristik layar OLED. Ada beberapa mode pada layar yakni Standart, Dynamic dan Movie.



kiri-kanan: Note II, SGS III, Note I


kiri-kanan: Note II, Note I

Input Teks, Kontak dan Messaging
Untuk metode input teks ada dua jenis yakni Samsung Keypad. Input Anda dapat berpindah ke handwriting recognition dengan menyentuh ikon di bagian kanan. Selain keyboard QWERTY ada mode 3x4 alias keypad ABC. Fitur lain yang tersedia adalah Predictive text, keypad sweeping, auto capitalization dan lain-lain. Untuk handwriting recognition ada beberapa pengaturan seperti recognition type, ketebalan pen, warnanya dan lain-lain. Jika Anda ingin mengetik menggunakan satu tangan bisa dilakukan dengan mode one handed operation, keyboard qwerty virtual akan mengecil dan letaknya ada di ujung samping kiri ataupun kanan, tergantung pilihan Anda.

Samsung Galaxy Note II N7100 Review Gallery


mode One hand pada keyboard Note II

Dalam menu Kontak terdapat grup dan favorit untuk kemudahan pengelompokkan rekan Anda. Seperti perangkat Android lainnya contact dapat anda sinkronisasikan dengan akun GMail, Facebook, Twitter. Untuk kontak baru, beberapa field tambahan yang bisa dipilih adalah ringtone, IM, Email, Postal, Organization, Notes, Nickname, Website dan Internet Call. Ada kemudahan untuk SMS dan menelepon yakni gesture saat memilih sebuah kontak untuk langsung memanggil atau mengirim SMS.

Samsung Galaxy Note II N7100 Review Gallery

SMS tertampil dalam threaded mode layaknya chatting. Pengaturan cukup bervariasi, antara lain ukuran font, warna latar dan latar belakang dengan gambar dari galeri, limit text message, delivery report, pengaturan SMS, dan ringtone serta notifikasi. Email didukung dengan Google Mail tampil dengan sempurna dan akan sangat membantu Anda yang pekerjaannya berkutat dengan email. Instant messenger bawaan adalah gTalk, Google+ Messenger dan Samsung ChatOn.

Samsung Galaxy Note II N7100 Review Gallery

Samsung Galaxy Note II N7100 Review Gallery

Antar Muka
TouchWiz yang hadir di Note II sama persis dengan antarmuka pada Samsung Galaxy S III. Dilengkapi efek-efek suara gemericik riak air saat mengunlock layar, membuka drawer aplikasi dan sebagainya. Ditambah lagi penggunaan versi Android terbaru yakni 4.1 Jelly Bean membuat pengalaman menggunakan Note II bertambah lengkap dibanding perangkat Android lainnya.

Pada halaman lockscreen terdapat 4 jalan pintas aplikasi yang dapat Anda sesuaikan keinginan. Lockscreen memiliki beberapa pengaturan yakni gaya screen lock (swipe, motion, face unlock, face and voice, pattern, PIN dan password). Kami mencoba face and voice namun entah mengapa suara kami tidak bisa digunakan untuk mengunlock ponsel. Untuk opsi lockscreen, selain 4 jalan pintas ke aplikasi, Anda bisa menampilkan ticker berisi informasi, jam, cuaca, mematikan efek gemericik air.


Samsung Galaxy Note II N7100 Review Gallery

Untuk bar notifikasi kini menampilkan lebih banyak toggle untuk menyalakan/menonaktifkan WiFi, GPS, Sound, Screen Rotation, Bluetooth, Mobile Data, Blocking Mode, Power Saving, Sync dan AllShareCast. Selain itu ada slider untuk tingkat kecerahan layar, jam, tanggal serta akses ke menu Setting.


Halaman homescreen terdapat 7 halaman yang merupakan jumlah maksimal halaman homescreen pada Galaxy Note II. Anda dapat mengurangi halaman yang tidak anda inginkan. Keseluruhan halaman ini dapat anda kustomisasi dengan berbagai macam widget, wallpaper, live wallpaper, dan jalan pintas aplikasi. Seperti Samsung Galaxy S III, Note II dilengkapi dengan Recent Apps sekaligus task manager yang bisa diakses dengan menahan tombol home selama beberapa detik saja. Task Manager ini dilengkapi tombol tambahan yaitu Remove all yang akan memudahkan Anda untuk menutup seluruh aplikasi yang masih terbuka atau berjalan di background.


Samsung Galaxy Note II N7100 Review Gallery

Menu utama memiliki tampilan wallpaper yang sama dengan homescreen namun lebih gelap. Terbagi dalam 2 bagian, yaitu Apps dan Widgets. Aplikasi yang ada tersusun berdasarkan Abjad (bisa diatur sendiri susunannya) dan tertampil dengan formasi 4 kolom x 5 baris. Selain itu di pojok kanan atas terdapat jalan pintas untuk mensortir aplikasi pihak ketiga yang diinstall pengguna. Anda bisa membuat folder baru dan menyembunyikan sebuah aplikasi dari menu utama.


Note II memiliki fitur Home Screen mode dan Blocking Mode. Homescreen mode menyediakan dua mode, Basic dan Easy mode. Mode basic adalah mode standar bawaan ponsel, sementara mode Easy adalah mode yang menyediakan kemudahan bagi pengguna smartphone pemula. Sementara Blocking Mode memungkinkan notifikasi untuk fitur-fitur terpilih dinonaktifkan, yakni panggilan masuk, semua notifikasi, alarm, timer dan indikasi LED. Untuk kemunculannnya bisa diatur dalam jangka waktu yang diinginkan. Sementara salah satu fitur andalan Galaxy S III yang muncul di Note II adalah Smart stay, Fitur ini memanfaatkan sensor kamera depan untuk mendeteksi mata pengguna, layar akan menyala terus selama mata pengguna menatap layar. Sensor tersebut aktif bekerja sesuai dengan pengaturan waktu screen time out. Lalu ada fitur yang baru tersedia di Note II yakni Smart Rotation yang menonaktifkan auto rotate dengan mengecek orientasi wajah Anda terhadap Note II.


Samsung Galaxy Note II N7100 Review Gallery

Kamera dan Perekam Video
Kamera pada Note II memiliki resolusi 8 megapiksel, fitur-fiturnya lebih banyak daripada Note I. Antara lain: Best Faces, Best Photo, Face Detection, Panorama, Share Shot, Buddy Photo Share, HDR, Beauty, Smile Shot, Low Light dan beberapa kemudahan seperti Efek, Timer, White Balance, guidelines, AntiShake, GPS dan Contextual File names. Yang cukup menarik mungkin adalah Best Faces, fitur ini sangat berguna untuk mengambil foto grup. Misalkan Anda berfoto berlima dengan kawan-kawan, tentunya mungkin saja saat difoto ada kawan Anda yang entah mengedip, tidak tersenyum atau hal-hal mengganggu lainnya. Dengan Best Faces, kamera ponsel mengambil beberapa foto sekaligus. Foto bisa dibuat dengan memilih wajah terbaik saja dari masing-masing orang. Selain itu kecepatan shutter kamera Note II jauh lebih cepat dari Note I. Anda bisa menahan tombol shutter selama beberapa detik untuk mengambil Burst Shot sampai 20 foto dengan kecepatan luar biasa.


Samsung Galaxy Note II N7100 Review Gallery

Hasil kamera tergolong bagus, hasilnya natural. Untuk dalam ruangan juga masih bagus asalkan tidak terlalu gelap. Untuk lebih jelasnya silakan lihat foto-foto di bawah, klik untuk perbesar.

Outdoor:

20120929_165032

20121001_122001

20121001_121919

20121001_121913

Indoor (dengan flash):

20121001_121757

Indoor:

20121001_121749

20121001_121737

Pada perekam video selain mode 1080p standar, ada mode slow motion dan Fast Motion. Slow Motion memang bisa memperlambat video menjadi 8x, namun resolusinya menurun jadi 720x480 piksel. Mode 1080p di Note II sendiri adalah hasil crop dari sensor, sedangkan mode 720p-nya menggunakan sensor secara penuh. Fokus bisa menggunakan sentuhan pada objek di layar, lalu Anda bisa berpindah ke mode autofokus saat perekaman berlangsung. Hasil rekaman video bagus, mulus dan lancar, tapi boros storage, 1 menitnya kira-kira menghabiskan ruang sebesar 120MB. Bitrate-nya 17000kbps dengan framerate 29 fps.


Samsung Galaxy Note II N7100 Review Gallery

Multimedia
Galeri Note II sudah menggunakan gaya baru, Note I juga memang akan mendapatkannya, tapi galeri baru ini cukup keren. Tampilannya ada 3 jenis, normal (Folder), fade-out (seperti teks prolog pada opening film Star Wars) dan mode spiral. Foto bisa disusun berdasarkan album, time, lokasi, orang (menggunakan face recognition), grup dan favorit. Foto-foto yang ada bisa ditambahkan tag wajah teman Anda, bisa diberi catatan tulisan tangan Anda di balik foto (seperti pada foto betulan), di-rotate dan di-crop.




Samsung Galaxy Note II N7100 Review Gallery


Untuk pemutar video tentunya Anda bisa berharap banyak. Samsung selalu menjejali perangkat high end nya dengan pemutar video bawaan yang berkualitas. Dari sejumlah video 1080p yang kami masukkan ke Note II (.mp4, .mkv, .wmv, .avi, .mov) hanya file .mov yang tidak bisa diputar. Subtitel .srt bisa dibaca dengan sempurna. Layar 16:9 menambah kenikmatan menonton film. Video bisa dilihat berdasarkan thumbnail, list dan folder. Sementara itu fitur-fitur yang ada antara lain chapter preview, trim, tag buddy, video auto off, play speed, sound alive (virtual 7.1 channel dan setingan ekualiser lainnya), color tone dan outdoor. Ada fitur Pop up Play , fitur ini memungkinkan pengguna yang sedang menonton video untuk mengecilkan layar video yang memudahkan Anda untuk melakukan aktivitas lain secara bersamaan. Video akan tetap berjalan di saat Anda sedang melakukan kegiatan lainnya (browsing, chatting, email,dll). Posisi pop up layar video tersebut dapat Anda pindah sesuka hati, lalu bisa diperbesar dengan pinch to zoom.





Lagu-lagu yang ada di Music Player dapat Anda lihat berdasarkan kategori seperti: all, playlist, album, artists, music square, dan folder. Mengenai music square, fitur ini membagi music berdasarkan jenis nadanya, passionate, exciting, calm atau joyful. Sedangkan fitur-fitur lainnya adalah Sound Alive (equalizer pop, rock, virtual 7.1 channel, custom dan sebagainya), menampilkan lirik lagu, mengubah kecepatan pemutar musik dan auto off music player setelah jangka waktu tertentu. Keluaran suara loudspeaker lebih kencang dari Note I, meski masih tergolong biasa saja dibanding ponsel lainnya. Untuk radio memerlukan earphone sebagai antena.



Samsung Galaxy Note II N7100 Review Gallery

Konektivitas

  • GSM 850 / 900 / 1800 / 1900
  • HSDPA 850 / 900 / 1900 / 2100, HSDPA: 21 Mbps; HSUPA: 5.76 Mbps
  • Wi-Fi 802.11 a/b/g/n
  • Bluetooth 4.0
  • NFC dengan kemampuan S Beam
  • USB 2.0 dengan port MicroUSB

Web Browser
Tampilan browser pada Galaxy Note II mampu membuka sampai dengan 16 tab. Pada bagian atas terdapat tombol refresh, kolom alamat website, bookmark, dan tab. Selain itu terdapat juga fitur Incognito browser yang memungkinkan Anda untuk melakukan browsing tanpa meninggalkan jejak seperti history, cookies, password, dan lain sebagainya, pengaturan Brightness, Print dan Save for offline reading. Performa browsernya sangat lancar, tidak terasa lag saat melakukan scrolling dan zooming meskipun membuka website seperti TeknoUp versi desktop.



Pop-up Browser

Samsung Galaxy Note II N7100 Review Gallery

Hasil benchmark

  • Quadrant Standart: 5869 poin


  • AnTuTu Benchmark: 13570 poin


  • NenaMark2: 58 fps


  • Multitouch Tester: maksimal 10 sentuhan


  • BrowserMark: 175580 poin


  • SunSpider: 1015.8 poin


S Pen dan S Note
Sebagai fitur unggulan tentu saja S Pen semakin dibenahi oleh Samsung. Bentuknya kini lebih pipih dan lebih panjang. Pastinya Samsung mengklaim kalau stylus baru ini lebih sensitif daripada yang lama. Memang begitu yang kami rasakan, rasanya lebih ngegrip dan lebih mengikuti gerakan tangan Anda. Selain untuk menulis di S Note, penggunaan S Pen kini lebih beragam. Ketika Anda mencabut S Pen dari tempatnya akan muncul feedback berupa getaran halus, lalu akses untuk S Note terbuka.


Di area antar muka manapun saat menggunakan Note II, jika Anda memencet tombol pada S Pen sambil tap layar 2x, maka akan muncul aplikasi S Note versi pop up, jadi Anda bisa membuat coretan sambil browsing misalnya. Lalu S Pen pada Note II juga memiliki fitur Air View, dimana saat Anda mendekatkan ujung S Pen ke layar di aplikasi tertentu seperti Video, email (bukan Gmail), Galeri dan S Planner. Misalkan saat Anda mendekatkan ujung S Pen ke timeline video sewaktu memutar video, maka akan muncul preview adegan video pada timeline yang Anda sorot itu.

Tombol pada S Pen memang memiliki fungsi untuk menghadirkan fitur-fitur tertentu, diantaranya (semua dilakukan sambil menekan tombol pada S Pen tersebut):

  • tahan S Pen selama beberapa saat untuk membuat screenshot
  • membuat goresan berbentuk ^ pada layar akan membuka menu (sama fungsinya dengan tombol menu)
  • membuat goresan berbentuk < untuk kembali ke menu sebelumnya
  • sambil menyeret teks untuk melakukan Text Selection
  • membuat goresan ke arah atas layar untuk melakukan quick comand, selanjutnya membuat lambang-lambang berikut: ? (melakukan internet search), @ (email), ! (maps), # (melakukan panggilan) dan ~ (membuat pesan SMS), lalu diikuti kata kunci. Misalkan tulis: ! Mall Taman Anggrek, maka Anda akan dibawa ke Maps yang menunjukkan lokasi Mall Taman Anggrek.
  • bisa untuk melakukan image crop langsung pada layar, jadi Anda crop saja layar sesuka Anda, hasil crop tersebut bisa di-share melalui email, diedit menggunakan S Note, atau akan tersimpan di clipboard dan scrapbook.





Untuk S Note Anda dapat menggambar maupun memberi warna dengan 4 jenis input: Pen, Kuas, Pensil dan Stabilo. Selain itu ada pilihan warna yang sangat banyak serta opsi untuk menambahkan gambar baik dari galeri, kamera, clip art, clipboard maupun map. Jika terjadi kesalahan ketika menulis atau menggambar, ada fitur eraser dan undo (serta redo). Background dapat Anda ganti dengan warna putih, memo bergaris-garis, kertas matematik, serta partitur nada. Gambar dapat Anda ekspor ke Gallery maupun di-share via SocialHub, AllShare, Picasa, Facebook dan sebagainya. Fitur barunya antara lain color picker (kayak adobe photoshop), pen switch (dengan menekan tombol pada S Pen untuk mengganti jenis input, namun tentunya harus diatur lebih dulu), idea sketch (dalam mode ini, misalkan Anda menulis Dog, maka akan muncul gambar anjing, namun tentunya idea sketch yang tersedia terbatas). Ada juga fitur Productivity Tools, dengan masing-masing Formula Match (secara otomatis mengenali rumus-rumus matematika yang Anda tulis di layar), Shape Match (mengenali bentuk geometri yang Anda gambar dan merapikannya) dan Handwriting to Text.




Samsung Galaxy Note II N7100 Review Gallery


Daya tahan batere
Dibekali spek hardware mumpuni serta layar raksasa 5.5 inci, tidak salah jika Samsung memberikan batre jumbo 3100 mAh pada Note II. Dengan pemakaian normal harian (sesekali browsing, menggunakan S Note, memotret dan mendengarkan lagu/nonton video), Note II bisa bertahan sehari. (setiap malam di-charge). Namun jika menggunakan Power Saving Mode cukup berpengaruh, meskipun kinerjanya tentu tidak secepat semula, tapi daya tahan batre meningkat.

Kesimpulan
Merupakan jenis baru hibrida smartphone dan tablet, Galaxy Note sebelumnya membuat sebuah pasar tersendiri. Kini Note II bisa dibilang mendapat pesaing kakaknya sendiri, Note I yang harganya sudah lebih terjangkau dibanding dulu (Rp. 5499.000). Dengan beda harga nyaris 2 juta, memang Note II memiliki berbagai fitur baru yang sangat banyak, belum lagi performa dan hardware yang lebih bagus. Hanya saja, Note pertama belum tergolong ketinggalan zaman untuk fitur dan speknya. Jadi untuk Anda yang bukan heavy user, mungkin bisa berhemat dengan membeli Note I saja. Namun sekali lagi, tentu semuanya terserah Anda, banyaknya fitur baru yang ada pada Note II jika digunakan dengan tepat tentu bisa menambah produktivitas Anda.

Kelebihan:

  • performa bagus
  • Android 4.1 Jelly Bean
  • S Pen dan S Note memiliki berbagai fitur baru
  • layar Super AMOLED HD 5.5 inci
  • performa kamera cepat
  • ada LED notifikasi

Kekurangan:

  • harga kurang bersahabat
  • desain dan bodi kurang mewah meskipun tidak murahan
  • tidak ada port HDMI
  • kurang ergonomis



1. Pororo (danggoon88)
Tmbhin min....suport usb OTG juga...
 via TeknoUp mobile
2. cesar (cesar1687)
Apakah flip cover aman untuk SGN 2? Karena bagian
sisi/samping tidak terlindung..
Mohon
pencerahannya.. thanks
3. cesar (cesar1687)
Apakah flip cover aman untuk SGN 2? Karena bagian
sisi/samping tidak terlindung..
Mohon
pencerahannya.. thanks
4. herwinsyah (wikezoe)
hari ini ada updatean firmware terbaru dari kies
 via TeknoUp Android Application
5. Catur Gunawan (gandexz)
SGN II sudah ada update jelly bean 4.1.2 dari tgl
8 januari 2013
 via TeknoUp Android Application
6. iqbal mulyawan ... (iqbalmulyawan)
apakah mungkin GT-N7000 lama akan mendapatkan
fitur Multiscreen pada update JB selanjutnya?/> Semoga
Semoga
#GalaxyLoveNote
 via TeknoUp Android Application
7. Butterbean (Butterbean)
SGN II memang bagus, patut untuk dimiliki bagi yg
belum punya smartphone.
tapi bagi yg udah
punya SGS III atau iPhone 4/5 atau sejenisnya,
sayang banget kalo beli SGN II, karna tidak banyak
nilai tambah.
terutama bagi pria,
perhitungkan bagaimana enaknya naruh gadget
sebesar itu di saku celana.
bagi wanita yg
pengen eksis, ini gadget cocok banget.
8. Yudha (yudha4efah)
mantaaaap...tapi mahaaaal...nabuuung duluuuu
 via TeknoUp mobile
9. poltek03 (poltek03)
@abi betul bi benci tp pake tiap hr anh bin ajaib
dasar fans soniemmm s iyemmmm kekekwkekekek
 via TeknoUp Android Application
10. grey (grey18)
mantap .. smoga harganya cepet turun..
 via TeknoUp Android Application


Beri Komentar:
Silakan login untuk memposting komentar.

Review Terkait

Review Favorit Bulan Ini

"High to the Max with Octa-core"
26065 view(s)   23 comment(s)
"Si Mata Besar nan Tampilan Bening"
19386 view(s)   49 comment(s)
"5emakin Mengerti Anda"
16400 view(s)   38 comment(s)
"Tablet Entry Level dengan Stamina Tinggi"
11609 view(s)   6 comment(s)
Connection by Hypernet