Silakan login untuk membuat thread.

Cara Mudah Partisi SDCard dengan MiniTool Partition Wizard

Ditulis oleh DokterDroid pada Rabu, 8 Februari 2012 10:21

Pada artikel kali ini saya akan share mengenai Cara Partisi sdcard pada ponsel Android. Tool yang saya gunakan kali ini adalah MiniTool Partition Wizard Home Edition. Lalu sebenarnya apa fungsinya kita mempartisi sd card kita? Langsung saja kita simak pembahasannya mengenai MiniTool Partition Wizard di bawah ini.

MiniTool Partition Wizard Home Edition adalah sebuah tool yang digunakan untuk mempartisi sebuah memori/harddisk (untuk PC/ Komputer) yang kita masukkan ke dalam sebuah card reader (bagi pengguna ponsel Android). Partisi biasa dilakukan oleh pengguna Android untuk melakukan app2sd (metode install di partisi ext sdcard) bagi hp Android yang sudah diroot. Lalu bagaimana cara mempartisi sd card kita menggunakan MiniTool Partition Wizard ini?

Untuk mempartisi sdcard kita, caranya sebagai berikut :

  1. Lepaskan kartu memori/ sd card dari ponsel Android anda.
  2. Kemudian colokkan ke PC/ Komputer menggunakan card reader atau adaptor bawaan sd card.
  3. Buka MiniTool Partition Wizard. Dalam hal ini anda sudah menginstall terlebih dahulu MiniTool Partition Wizard. Jika anda belum memiliki MiniTool Partition Wizard silahkan download terlebih dahulu di http://adf.ly/3M65v Kemudian install.
  4. Lalu klik kanan pada sd card anda, pilih delete sehingga statusnya menjadi unallocated.
  5. Kemudian Create Partition.
  6. Partisi FAT/ FAT32, Partisi ini gunanya untuk menyimpan file data-data kita seperti foto, mp3, dll. Cara membuatnya, pilih create as menjadi Primary dan File system menjadi FAT32, lalu dibagian location pilih berapa size yang akan digunakan sebagai penyimpanannya. Untuk memori kurang dari 4gb silahkan, misalnya 2gb bawaan Samsung anda buat partisi dengan format Primary, FAT dan jika lebih dari 4gb silahkan anda pilih FAT32.
  7. Kemudian partisi yang kedua adalah Partisi Ext2, Partisi ini gunanya untuk menyimpan data dari aplikasi atau game yang akan diinstall ke Android. Cara membuatnya, pilih create as menjadi Primary dan File system menjadi Ext2, Cluster Size 4kb.
  8. Karena sd card saya hanya 2gb, maka saya membuat partisi pertama dengan FAT (1,6gb) dan sisanya Ext2.
  9. Setelah semua di partisi, klik apply pada kiri atas MiniTool Partition Wizard dan tunggu sampai prosesnya selesai.
  10. Selesai.
Cukup mudah bukan untuk mempartisi sdcard menggunakan MiniTool Partition Wizard? Selamat bereksperimen :)


1. Maximal Android    Sabtu, 5 Mei 2012 14:41
Nice artikel gan .... bagi rekan2 yg mungkin mengalami rollback pada partisi setelah di restart bisa mencoba partisi dengan menggunakan cara dari blog saya http://maxiandroid.blogspot.com/2012/05/membuat-partisi-pada-android.html
2. jwand    Selasa, 8 Mei 2012 20:00
ijin simpan di word ya dok,, sering lupa klo partisi sdcard,, kadang harus liad inet dulu baru partisi

Beri Komentar:
Silakan login untuk memposting komentar.


Connection by Hypernet